Samsung LPDDR5X (dok. Samsung)

Samsung Kembangkan DRAM Next-Gen untuk Ponsel hingga Metaverse

10 November 2021   |   19:17 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, telah mengumumkan teknologi DRAM generasi berikutnya, yakni LPDDR5X. Teknologi baru dengan basis 14 nanometer (nm) 16 gigabit (Gb) ini dirancang untuk pengaplikasian teknologi termutakhir, seperti metaverse.

Senior Vice President & Head of the DRAM Design Team Samsung Electronics, SangJoon Hwang, mengatakan dalam beberapa tahun terakhir segmen pasar hyperconnected seperti artificial intelligence (AI), augmented reality (AR), dan metaverse berkembang dengan pesat.

"LPDDR5X kami akan memperluas penggunaan memori berperforma tinggi dan berdaya rendah di luar smartphone dan menghadirkan kemampuan baru ke aplikasi edge berbasis AI seperti metaverse hingga mobil," katanya dalam situs resmi.

Dijelaskan oleh perusahaan, LPDDR5X adalah DRAM seluler next generation yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan, kapasitas, dan penghematan daya signifikan untuk aplikasi 5G di masa mendatang.

(Baca juga: Cek Spesifikasi & Harga Infinix Hot 11S NFC, Smartphone Gaming Entry Level)

Sebagai informasi, pada 2018, Samsung menghadirkan DRAM LPDDR5 8Gb pertama di industri semikonduktor, dan kini perusahaan secara agresif bergerak maju dengan menghadirkan DRAM LPDDR5X 16Gb pertamanya.

DRAM anyar itu diklaim akan menawarkan kecepatam pemrosesan data hingga 8,5 gigabit per detik (Gbps) atau sekitar 1,3 kali lebih cepat ketimbang LPDDR 6,4 Gbps yang telah dikembangkan sebelumnya.

Memanfaatkan teknologi proses DRAM 14 nanometer, produk semikonduktor ini juga bakal memakai daya sekitar 20 persen lebih sedikit dari pendahulunya. Selain itu, cip akan memungkinkan hingga 64 gigabyte (GB) per paket memori.

Samsung akan mulai berkolaborasi dengan produsen cip global pada akhir tahun ini, untuk membangun kerangka kerja yang lebih riil untuk dunia realitas digital yang terus berkembang.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Netizen Dibuat Bingung dengan Hijab Unisex Benetton

BERIKUTNYA

Dukung Content Creator, Instagram Jajal Fitur Subscription

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: