Nike akuisisi RTFKT (dok. Nike)

Terjun ke Metaverse, Nike Akuisisi Perusahaan Sepatu Virtual RTFKT

14 December 2021   |   11:14 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Metaverse kian menjadi sorotan banyak pihak. Perpaduan dunia nyata dan digital tersebut diyakini banyak kalangan merupakan sebuah keniscayaan. Banyak perusahaan bahkan tengah mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia metaverse, salah satunya produsen sepatu Nike.

Nike resmi mengumumkan akuisisinya terhadap RTFKT, sebuah perusahaan sepatu virtual yang menghadirkan koleksi karya dengan menggabungkan budaya dan permainan.
 

Sneaker virtual A16Z (dok. RTFKT)

Sneaker virtual A16Z (dok. RTFKT)


President and CEO Nike Inc John Donahoe mengatakan bahwa akuisisi ini merupakan langkah lain yang mempercepat transformasi digital Nike serta memungkinkan perusahaan melayani atlet dan pencipta di persimpangan olahraga, kreativitas, permainan, dan budaya.

"Rencana kami adalah berinvestasi dalam merk RTFKT, melayani dan menumbuhkan komunitas inovatif dan kreatif mereka, serta memperluas jejak dan kemampuan digital Nike," katanya dalam keterangan resmi.

(Baca juga: 5 Implementasi Metaverse Fashion yang Sedang Populer)

Sebagai informasi, RTFKT didirikan pada 2020 oleh Benoit Pagotto, Chris Le, dan Steven Vasilev. Ini merupakan merek perintis yang mengubah batas nilai fisik dan digital untuk melayani komunitas pembuat konten.

Tim khusus perusahaan memanfaatkan mesin gim, non-fungible token (NFT), otentikasi blockchain, dan augmented reality terbaru untuk menciptakan produk dan pengalaman virtual yang unik di dunia maya.

Founder RTFKT, Benoit Pagotto, mengatakan akuisisi ini merupakan kesempatan unik bagi perusahaan untuk memanfaatkan kekuatan dan keahlian dasar Nike guna membantun komunitas yang mereka tengah kembangkan.

"Nike adalah satu-satunya merek di dunia yang memiliki hasrat mendalam yang kita semua miliki untuk inovasi, kreativitas, dan komunitas. Kami sangat bersemangat untuk mengembangkan merek kami yang sepenuhnya terbentuk di metaverse," katanya.

Sebelumnya, RTFKT mengklaim kolaborasi dengan artis Fewocious untuk menjual spatu kets asli dengan sepatu virtual telah berhasil sukses. Perusahaan mencatat penjualan 600 pasang sepatu fisik dan NFT hanya dalam enam menit dan menghasilkan lebih dari US$3,1 juta.

Perusahaan belum lama ini juga meluncurkan kolaborasi Clone X NFT dengan artis asal Jepang Takashi Murakami, yang menawarkan sejumlah item metaverse termasuk avatar digital siap pakai yang ditata dengan berbagai gaya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Sudah Tayang, Simak Sinopsis F4 Thailand: Boys Over Flowers

BERIKUTNYA

4 Alasan Serial F4 Thailand: Boys Over Flowers Perlu Kamu Tonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: