Tempe (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels.com)

4 Makanan Sehat Ini Malah Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

30 August 2022   |   15:14 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Memilah jenis makanan sehat merupakan tanda bahwa kita menyadari pentingnya asupan yang bernutrisi untuk dikonsumsi. Konsumsi makanan sehat secara rutin akan membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh sehingga mampu menjalankan berbagai aktivitas dengan optimal.

Mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi ini pun harus seimbang dan sesuai porsinya. Manusia membutuhkan kandungan protein, lemak, serat, hingga karbohidrat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai nutrisi ini harus tercukupi agar tubuh menciptakan sistem kekebalan tubuh yang baik, di samping membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga: Awas, Kurang Nutrisi Bisa Bikin Kulit Kering

Namun perlu diingat, tidak semua makanan sehat boleh dikonsumsi sebanyak-banyaknya untuk mencukupi nutrisi. Kelebihan nutrisi baik pada tubuh justru akan membuat kesehatan terganggu.

Untuk itu, perlu digarisbawahi akan pentingnya mengatur porsi makanan, meski bernilai gizi tinggi. Hypeabis.id merangkum beberapa makanan sehat yang justru malah menimbulkan risiko bahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Yuk simak langsung simak aja!


1. Bayam

Bayam memiliki serat yang tinggi dan bermanfaat sebagai pencegah stres oksidatif. Kandungan vitamin A, B kompleks, C, dan E diperkaya magnesium dan zat besi dapat membantu pencegahan perkembangan sel kanker hingga diabetes.

Namun ternyata bayam memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan penyakit asam urat. Dalam 100 gram bayam terdapat 57 gram kandungan purin. Untuk itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan batasan konsumsi sayur sebanyak 250 gram per hari.


2. Anggur Merah

Anggur dikenal sebagai buah yang kaya akan flavonoid, zat penangkal radikal bebas yang sangat dibutuhkan tubuh. Tapi, mengonsumsi anggur merah secara berlebihan bisa berdampak pada kesehatan organ hati. Konsumsi anggur merah berlebihan menyebabkan efek samping berbahaya seperti hipertensi dan stroke. Genhype hanya boleh konsumsi anggur sebanyak 30 butir per hari.


3. Sawi

Siapa yang tidak suka sawi? Sayuran ini sering menjadi bahan campuran untuk masakan mie instan. Sawi tergabung dalam jenis sayuran cruciferous yang memiliki kandungan vitamin tinggi. Tak boleh dikonsumsi berlebihan, sawi bisa mengganggu tubuh dalam menyerap zat yodium.

Baca juga: Asupan Nutrisi Penting sebelum Maraton, Begini Kiat-Kiatnya Menurut Ahli Gizi!

Akibatnya, tubuh kesusahan untuk memproduksi hormon tiroid, yang berguna mengontrol kecepatan sistem pencernaan saat mengolah makanan. Senyawa tiosianat pada sawi yang dikonsumsi secara tidak terkontrol akan membuat tubuh kesulitan mencerna makanan.


4. Tahu dan Tempe

Olahan kedelai tahu dan tempe menjadi salah satu hidangan sampingan terfavorit yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kaya akan protein, tahu dan tempe bisa membahayakan kesehatan saat dikonsumsi secara berlebihan.

Studi menyebut konsumsi tahu dan tempe yang terlalu banyak akan membuat zat asam urat menumpuk pada bagian perut. Tentu saja hal ini mengundang penyakit asam urat berkembang di dalam tubuh. Usahakan mengonsumsi tahu dan tempe tidak lebih dari 200 gram per hari.

Baca juga: Penting! 5 Nutrisi Ini Wajib Dipenuhi secara Rutin

Genhype, itulah beberapa jenis makanan sehat yang ternyata bisa berakibat fatal jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terkontrol. Jaga porsi makanmu ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Persiapan Keuangan Sebelum Kalian Resign

BERIKUTNYA

Koleksi Fesyen Anak di Oadkids Didominasi UMKM Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: