Ilustrasi makanan sehat. (Dok. Vitalii Pavlyshynets dari Unsplash)

Penting! 5 Nutrisi Ini Wajib Dipenuhi secara Rutin

26 October 2021   |   18:07 WIB

Masa pandemi Covid-19 memunculkan kesadaran untuk memerhatikan lebih cermat pola makan beserta kecukupan nutrisi untuk tubuh dari semua yang dikonsumsi. Tapi sadar atau tidak, kadang makanan yang dikonsumsi bisa saja tidak memenuhi nutrisi tertentu sehingga perlu melakukan berbagai alternatif demi mencukupi kebutuhan nutrisi secara ideal.

Nah, apa saja nutrisi yang harus dipenuhi dengan baik setiap hari?. Berikut lima nutrisi yang harus dipenuh tubuh beserta dengan cara memenuhinya.

1. Vitamin D

Kekurangan vitamin D merupakan salah satu hal yang umum terjadi sebagai dampak dari keterbatasan pergerakan di luar ruangan dan kurangnya asupan sinar matahari sehingga berdampak pada kualitas tidur, kesehatan pencernaan, hingga sistem daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan meluangkan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk berjemur di luar ruangan, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan berlemak dan telur, serta mengonsumsi suplemen vitamin D yang telah disarankan oleh ahli kesehatan.
 

2. Protein

Sebagai salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh, protein berperan sebagai makronutrien yang bekerja sebagai bahan bakar bagi tubuh dan berperan dalam menjaga sel-sel dalam tubuh. Kekurangan protein bisa berpengaruh terhadap ketersediaan zat besi dan seng dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, makanan seperti daging merah organik, ikan berlemak, telur, dan kaldu dari tulang hewan bisa menjadi beberapa opsi yang bisa dikonsumsi. Selain itu, opsi makanan lainnya adalah daging tanpa lemak, produk susu, tahu, dan kacang-kacangan (legumes).
 

3. Magnesium

Banyak orang yang tidak sadar kalau mereka kekurangan magnesium dalam tubuh, padahal zat ini penting bagi fungsi otot dan syaraf, menjaga tekanan darah agar tetap normal, dan menjaga ritme jantung agar tetap stabil. Bahkan magnesium punya peran dalam regulasi sistem syaraf dan tidur sehingga risiko penurunan kualitas tidur dan kecemasan bisa berkurang.

Untuk memenuhi kebutuhan magnesium, Genhype bisa mengonsumsi beberapa produk seperti sayuran berdaun, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, dan yogurt.
 

4. Prebiotik dan probiotik

Prebiotik dan probiotik merupakan dua elemen zat yang berperan penting dalam saluran pencernaan, sebab keduanya bisa membantu proses regulasi respon sitem imun serta mengurangi masalah kronis pada pencernaan seperti inflamasi, ketidakseimbangan hormon hingga disfungsi kognitif.

Beberapa makanan fermentasi seperti tempe dan kimchi bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan prebiotik dan probiotok di dalam tubuh.
 

5. Seng

Seng berperan penting dalam kebutuhan akan pemenuhan proses penting dalam tubuh, termasuk fungsi terhadap lebih dari 300 enzim di dalam tubuh. Tidak hanya itu, seng juga penting dalam mengurangi gejala pilek.

Kebutuhan seng bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan seperti daging, seafood, kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Antibodi ‘Nakal’ Picu Delusi pada Otak Remaja Terinfeksi Covid-19

BERIKUTNYA

Perjalanan Darat Pun Wajib Tes PCR, Buat Apa Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: