Perawatan untuk menutrisi kulit (sumber gambar: Bisnis Indonesia Weekend)

Awas, Kurang Nutrisi Bisa Bikin Kulit Kering

13 July 2022   |   14:54 WIB

Memiliki kulit kering bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Kulit kering bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kekurangan cairan, kekurangan nutrisi, atau pergantian cuaca dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Selain itu, terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga dapat berpengaruh pada berkurangnya kelembaban pada kulit. Terlalu sering mandi atau berendam dengan air panas juga berisiko menyebabkan kulit kering.

Mengutip Bisnis Indonesia Weekend edisi 26 Juli 2015, dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak Jakarta Stella E. Bella mengatakan bahwa tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang agar tetap sehat dan cantik. Kriteria sehat dan cantik yang menjadi dambaan kaum perempuan biasanya memiliki tubuh langsing, awet muda, energik, serta memiliki kulit dan rambut yang indah.

Baca juga: 6 Tip Menjaga Kulit Wajah Tetap Bersih dan Sehat

Sebenarnya, hal itu bukan tak mungkin diwujudkan oleh setiap perempuan, mengingat ada berbagai faktor lain yang berperan penting selain faktor genetik, yakni faktor nutrisi, aktivitas, obat, hingga stres.

Secara umum, makanan yang memenuhi kriteria gizi seimbang terdiri dari karbohidrat, sayur dan buah, lauk pauk nabati dan hewani, serta air putih. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat membantu menjaga kesehatan kulit.

Ada beberapa zat makanan yang baik untuk kesehatan kulit dan mudah dicerna tubuh yaitu makanan laut, gandum, kacang-kacangan yang mengandung vitamin A, vitamin E,  dan asam lemak Omega-3. Zat-zat ini akan melindungi kulit dengan membentuk membran seperti cairan pada kulit.  

”Kekurangan nutrisi akan membuat kulit jadi kering,” katanya.

Selain melalui makanan, cara lain untuk menjaga agar kulit tak kering yaitu dengan mengoleskan pelembab yang mudah diserap kulit secara rutin setelah mandi. Dengan begitu, elastisitas kulit akan terjaga.

Menurut Stella, untuk mendukung tubuh agar sehat dan cantik harus senantiasa mengkonsumsi air dalam jumlah cukup, memperbanyak buah dan sayur, olah raga, serta istirahat yang cukup. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak agar terhindar dari berbagai penyakit tidak menular seperti hipertensi atau penyakit jantung.

Baca juga: Cowok Harus Tahu, Beda Jenis Kulit Beda Cara Perawatan

Product Manager PT Radiant Sentral Nutrindo Nurhayatini menyarankan untuk menjaga kesehatan kulit, membersihkan kulit secara rutin paling tidak sehari dua kali, menghindari paparan sinar matahari langsung, serta menjaga asupan nutrisi pada kulit.

Menurutnya, produk minyak nabati bisa dipilih untuk mengatasi kulit kering, penuaan dini, dan warna kulit tidak merata.  Minyak yang memadukan bahan-bahan alami seperti calendula, rosemary, chamomile, lavender, serta vitamin A dan E bisa menjaga kelembapan dan memberi rasa nyaman pada kulit.

Selain itu, minyak nabati juga bermanfaat mengurangi tampilan scar dan stretch mark pada kulit. Yuk, jaga kulit agar tetap cantik!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Super Junior Akan Adakan Tur Dunia SUPER SHOW 9: ROAD, Cek Lokasinya!

BERIKUTNYA

Cara Agar Bisnis Keluarga Bertahan Lama  

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: