Beberapa koleksi Oadkids (Sumber gambar: Oadkids Instagram)

Koleksi Fesyen Anak di Oadkids Didominasi UMKM Lokal

30 August 2022   |   21:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Minat belanja kebutuhan fesyen bayi dan anak masih cukup tinggi di masyarakat. Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Sirclo, terdapat kenaikan pada transaksi penjualan dari barang kategori ibu dan anak yang mencapai 13,2 persen pada 2021. 

Meski begitu, pasar produk fesyen bayi dan anak di Indonesia dinilai masih kurang banyak pilihan dan cenderung didominasi oleh pakaian impor yang tergolong mahal. Berangkat dari keresahan tersebut, Michelle Hadiono dan Ellen Ophelia mendirikan Oadkids, platform marketplace yang menawarkan busana bayi dan anak lebih dari 100 merek lokal.

Baca juga: Bunda, Ini Loh Pentingnya Pengembangan Empati Anak Sejak Dini

Didirikan sejak 2019, Oadkids mencoba memberikan wadah bagi masyarakat yang memiliki usaha pakaian dan kebutuhan anak, untuk dapat memasarkan baju mereka dan juga menawarkan pilihan baju dan kebutuhan unik yang terkurasi bagi para orang tua yang mencari pilihan berbeda bagi buah hatinya. 

 

Menurut Co-Founder Oadkids, Michelle Hadiono, dewasa ini, banyak orang tua yang semakin mengandalkan platform e-commerce untuk mencari kebutuhan bagi buah hati mereka. Terbukti, selama 3 tahun berdiri, papar Michelle, Oadkids telah menjual lebih dari 275.000 buah pakaian, dengan lebih dari 68.000 order.

Setelah 3 tahun menjalani bisnisnya, dia pun menilai bahwa masih banyak produk lokal yang memiliki potensi dan kualitas yang baik namun tidak mendapatkan peluang serta eksposur yang tepat di pasaran. 

"Kami memiliki kemampuan untuk berkontribusi dan membantu UMKM lokal di industri fesyen bayi dan anak untuk lebih berkembang, sekaligus menghadirkan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan bagi para ibu modern,"  katanya dalam keterangan resminya, Selasa (30/8/2022).

 


Berawal dari 20 merek, hingga saat ini terdapat lebih dari 100 merek UMKM lokal yang telah bergabung dengan Oadkids. Sebagai marketplace, Oadkids juga memberikan kesempatan para UMKM untuk berkolaborasi eksklusif dalam menghadirkan koleksi khusus yang unik.

Koleksi antara lain Pop Kidswear, kolaborasi eksklusif bersama influencer Cinfung dengan beberapa merek seperti Popluca, Mini-a, Kalale, dan Beezyboard. Beberapa pilihan merek yang tersedia seperti Friends of Sally, Boho Panna, Paulette, dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan kebutuhan anak, koleksi fesyen yang ditawarkan di Oadkids juga telah terkurasi dengan memperhatikan beberapa hal seperti model yang digunakan harus nyaman sesuai kesempatan dan lingkungan, dapat menyerap keringat, ukurannya longgar agar anak dapat bergerak bebas sesuai dengan dunia anak yang ceria dan dinamis serta mudah dikenakan.

Baca juga: Bunda Sibuk Bekerja? Begini Cara Agar Anak Tidak Berulah

Co-Founder Oadkids Ellen Ophelia mengatakan selama tiga tahun, dia mengalami pasang surut dalam menjalani lini  bisnisnya terlebih saat pandemi. Meski begitu, dia tetap antusias untuk menjalankan laju bisnisnya, salah satunya dengan menghadirkan banyak kolaborasi.

Ke depan, Ellen mengatakan Oadkids juga akan berkolaborasi dengan ilustrator Indonesia, Sally & Piper, untuk menghadirkan koleksi menarik, unik, dengan harga yang terjangkau. "Kami optimistis, kedepannya kami dapat tetap mengembangkan Oadkids untuk makin mendukung UMKM ibu dan anak sekaligus memberikan pilihan pakaian dan mainan unik serta kolaborasi eksklusif bagi para orang tua Indonesia," ujarnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Makanan Sehat Ini Malah Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

BERIKUTNYA

Foto Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Unggahan Sri Mulyani Jadi Perhatian Netizen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: