Ilustrasi maraton (Sumber gambar: Martins Zemlickis/Unsplash)

Catat 8 Agenda Maraton yang Siap digelar dari September hingga Oktober 2022

30 August 2022   |   18:03 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like

5. Lisbon Marathon (9 Oktober 2022)

Terletak di ibu kota Eropa tertua kedua, Lisbon Marathon adalah salah satu maraton yang memiliki jalur terindah di antara maraton besar lainnya di dunia.

Pelari memulai berlari Maratona de Lisboa (Lisbon Half Marathon) di Cascais, kota resor populer dengan pantai berpasir, arsitektur yang terpelihara dengan baik, dan ramai akan sambutan penonton. Rute kemudian membawa kalian ke garis pantai (Costa do Estoril) yang memberikan pemandangan laut pirus dan air sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Setelah berlari mengikuti pesisir Samudera Atlantik, bagian kedua dari Lisbon Marathon membawa kalian melalui muara Sungai Tagus untuk akhirnya mencapai finish di Praça do Comércio, pusat sejarah kota Lisbon, bergabung dengan pelari Half Marathon dan Marathon.

Untuk pelari yang ingin mengikuti maraton ini, sediakan biaya tiket sekitar 40 – 80 euro dan kalian bisa mendaftarkan diri di running-portugal.com.

6. Amsterdam Marathon (16 Oktober 2022)

Untuk kalian yang ingin mengikuti maraton kelas dunia tapi menginginkan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, Amsterdam Marathon adalah pilihan terbaik.

Salah satu maraton yang memiliki rute tercepat di dunia, Amsterdam berada di urutan keempat untuk peringkat kota maraton tercepat. Pelari bisa memilih full marathon, half marathon, 8K, Skylanders Kids Run, dan Mini Marathon.

Amsterdam Marathon adalah maraton tahunan sepajang 42,19 kilometer di Amsterdam, Belanda yang sudah ada sejak 1975. Dan lagi jalur balapannya memiliki label Platinum dari World Athletics.

Jalur dimulai dari stadion Olimpiade, pelari melewati Museum Rijks, Museum Museum of the Tropics, dan Hotel Amstel. Di sepanjang jalan, penduduk lokal antusias menyemangati Anda. Taman Vondel yang terkenal juga menjadi salah satu yang dilewati. Taman seluas 48 hektare yang penuh dengan bunga, kolam, jalan setapak, dan area bermain ini merupakan favorit di kalangan Amsterdammers.

Jika kalian memilih full marathon, kalian akan melewati taman umum terbesar di Amsterdam di arah Amstelveenseweg, lalu mengitari kedua kalinya dari arah yang berlawanan dan memasuki taman dari sisi Leidseplein.

Jalur Marathon mengikuti bagian dari rute Olimpiade di sepanjang Sungai Amstel, melewati rumah-rumah megah dan beberapa kincir angin. Rute ini menawarkan pemandangan pedesaan yang indah (termasuk Arena) dan memberikan kesan banyaknya bisnis sehari-hari yang terjadi di Amstel. (tcsamsterdammarathon.eu)
 

7. Hanoi Marathon( 16 Oktober 2022)

Hanoi Marathon adalah maraton utama dan resmi yang diadakan setiap tahun pada Oktober di Hanoi, Vietnam. Hanoi Marathon telah diakreditasi oleh IAAF dan menjadi anggota resmi AIMS (Asosiasi Maraton dan Lari Jarak Jauh Internasional) pada 2019.

Hanoi Marathon dimulai dan diakhiri di Danau Hoan Kiem, landmark yang berada di tengah-tengah kota Hanoi. Dengan biaya tiket 46 - 96 EUR, kalian bisa menikmati lari sambil melewati 11 landmark yang menawan. (hanoi-marathon.com)

Baca jugaAsupan Nutrisi Penting sebelum Maraton, Begini Kiat-kiatnya dari Ahli Gizi!
 

8. Jakarta Marathon (16 Oktober 2022)

 

Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, Jakarta Marathon diharapkan bisa mengobati rindu bagi penggemar olahraga lari, baik dalam maupun luar negeri. Lomba lari ini telah mendapatkan sertifikasi rute World-Athletic – AIMS dengan grade A dan International Association of Athletics Federations (IAAF).

Ajang lomba lari maraton pertama dan terbesar di Indonesia ini selalu diikuti oleh lebih dari 15.000 pelari lebih dari 50 negara termasuk pelari elit dunia dari Kenya, Ethiopia, Inggris, Jepang, Prancis, dan Australia.

Nantinya rute Jakarta Marathon akan melalui berbagai ikon kota Jakarta seperti Gelora Bung Karno Senayan, Jembatan Semanggi, Gambir, Kota Tua, Pasar Baru, Gereja Katedral, dan Masjid Istiqlal.

Selain itu pelari juga melintasi Lapangan Banteng, Gedung Pancasila, Tugu Tani, Gedung Djoeang, Taman Ismail Marzuki, Metropole (Megaria), Kunstkring Cut Mutia, Jalan Soerabaja, Museum Naskah Proklamasi, Gedung PFN Usmar Ismail, serta Museum Satria Mandala. (thejakartamarathon.com)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Huawei Luncurkan Smartwatch dengan Fitur Pengukuran Tekanan Darah, Cek Spesifikasi & Harganya

BERIKUTNYA

Tangan Sering Kesemutan Saat Ngetik? Waspada Tanda Carpal Tunnel Syndrome

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: