Ilustrasi (Sumber gambar: Joshua J. Cotten/Unsplash)

Ini Ajang Balap Lari yang Tak Kalah Seru Selain The Six World Marathon Majors

16 February 2023   |   19:31 WIB
Image
Roni Yunianto Hypeabis.id

Genhype, terutama pencinta lari jarak jauh, selain 6 event besar maraton dunia atau The Six World Marathon Majors—yaitu Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon, Berlin-Marathon, Chicago Marathon dan New York City Marathon—terdapat pula gelaran maraton yang tak kalah seru dan diminati pelari mancanegara.

Setidaknya, Hypeabis.id merangkum tujuh ajang lomba maraton yang juga tak kalah seru tersebut. Di antaranya adalah Gold Coast Marathon, Valencia Marathon, Amsterdam Marathon, Paris Marathon, Athens Marathon, Rome Marathon, hingga Dubai Marathon.

Secara terperinci, tiap-tiap maraton yang berkesan dari sudut pandang pelari mancanegara ini dapat ditilik dari beberapa alasan berikut: 
 

1. Gold Coast Marathon

Maraton yang digelar di kawasan pantai barat atau tepatnya di Queensland, Australia, ini terkenal dengan rutenya yang datar serta jalur lari dengan pemandangan pantainya yang indah. Gelaran yang tahun ini dijadwalkan digelar pada 1—2 Juli 2023, dengan kondisi cuaca sejuk dengan kelembapan rendah.    
 

2. Valencia Marathon

Ajang tahunan Valencia Marathon digelar di Kota Valencia, Spanyol dengan kontur rutenya yang datar. Dijadwalkan 3 Desember 2023, di mana suhu udara diklaim ideal untuk lomba lari ini. Peserta akan melintasi pemandangan pinggiran kota dengan panorama indah di sepanjang pantai beserta live music di sekitarnya.
 

3. Amsterdam Marathon

Event maraton berlabel emas yang dijadwalkan pada 15 Oktober 2023 ini menghadirkan rute kota dengan pemandangan yang indah termasuk taman kota, museum, stadion di Amsterdam. Gelaran maraton yang biasa diikuti ribuan peserta setiap tahun ini menghelat lima acara yang dijadwalkan pada hari perlombaan di antaranya maraton, Mizuno half marathon, lari TCS 8K, Skylanders kids run, dan mini marathon.
 

4. Paris Marathon

Sebagai salah satu balapan kota terbaik di dunia, Paris Marathon dianugerahi IAAF Road Race Label Events Gold. Ajang ini menjadi salah satu acara kompetisi lari dengan rute datar yang ideal meski tak melewatkan tanjakan pada beberapa kilometer terakhir. Tahun ini ajang ini akan digelar pada 2 April 2023.

Lomba maraton dengan finisher terbanyak kedua di dunia setelah New York City Marathon tersebut ideal bagi pelari yang ingin mendapatkan catatan waktu terbaik ataupun yang ingin menikmati lari dengan view panorama Paris yang indah serta landmark-landmark-nya yang terkenal.
 

5. Athens Marathon

Agenda marathon ini memliki keunikan dan memberi kesan tersendiri bagi ribuan pelari yang biasa mengikutinya. Terlebih lagi, sejarah maraton dimulai di negeri ini saat Olimpiade modern pertama digelar di Athena pada 1896. 

Rute lari pada kompetisi yang dijadwalkan digelar pada 12 November 2023 ini, menyusuri jalan-jalan dari kota kecil bernama Marathon hingga ke pusat kota Athena, Yunani. Selain bernuansa klasik, lantaran populer dengan ikon-ikon seperti Stadion Panathenaic. 

 

Rome Marathon (sumber foto Romeing)

Rome Marathon (sumber foto Romeing)

6. Rome Marathon

Maraton yang melintasi ikon La Grande Bellezza ini menghadirkan pemandangan ikon bersejarah di sepanjang rute. Peserta lari pada ajang maraton ini biasanya melintasi lebih dari 30 monumen dan situs-situs budaya bersejarah. Ajang ini juga memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mengejar poin peringkat atau mengikuti jejak para pelari maraton yang berasal dari lebih dari 100 negara yang berbeda.

Balapan populer dan menantang digelar kota bersejarah di jantung Roma, Italia, ini di antaranya mengambil venue di Via dei Fori Imperiali di bawah Coliseum dan melintasi jalur kota dengan landmark terkenalnya seperti Piazza di Spagna, Air Mancur Trevi, Pantheon, Saint Peter dan Piazza Venezia.

Medan lari maraton di Roma sangat datar sehingga pelari dapat meraih catatan waktu terbaiknya, meskipun juga ditemui jalan berbatu yang menantang pelari untuk dapat mencapai garis finis. Tahun ini Rome Marathon dijadwalkan pada 19 Maret 2023.
 

7. Dubai Marathon

Maraton Dubai yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab, yang baru saja digelar pada  12 Februari 2023 ini juga merupakan salah satu event maraton populer. Wajar bila kemudian, ajang ini diikuti oleh lebih dari 30.000 peserta lari dari 145 negara yang tersebar dalam tiga kategori balapan.

Dubai Marathon baru saja dinobatkan untuk menduduki peringkat ketiga dari ajang maraton dunia World Athletics. Lintasan maraton pada ajang balap lari yang biasa dihelat pada bulan Januari ini relatif datar dan memungkinkan pelari baik dari kalangan pelari elit maupun pelari rekreasional untuk mencapai target catatan waktu terbaik mereka. Rute lari di Dubai juga melintasi pemandangan kota yang modern dan indah. 

Nah, Genhype yang cinta lari jarak jauh, siap ikut maraton di mancanegara?


Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Yuk Aktif Bergerak, Waspadai Obesitas Pada Remaja

BERIKUTNYA

CRF250L Meluncur di IIMS 2023, Tunggangan Untuk Para Pencinta Offroad

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: