Pameran Ruang Mimpi (Sumber gambar: Tim Muara Bagdja)

ID 12 Hadirkan Ruang Mimpi, Pameran Imersif 3D Desain Interior di Senayan City

24 August 2022   |   10:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah absen selama 2 tahun, pameran desain interior The Colours of Indonesia (TCOI) kembali digelar. Jelang perhelatannya, para desainer interior yang tergabung dalam kolektif ID 12 pun menghadirkan Ruang Mimpi, sebuah instalasi ruang menggabungkan unsur audio visual untuk menerjemahkan perjalanan kreatif mereka.

Para desainer interior tersebut yakni Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie.

Baca juga: Denny Wirawan Adakan Ajang Ruang Kreatif Desain Pakaian untuk Pelajar

Seperti namanya, Ruang Mimpi terinspirasi dari ruang-ruang pribadi yang sejatinya ada di setiap rumah, tempat di mana orang dapat meraih keindahan, kelembutan perasaan, bahkan menemukan perasaan negatif seperti ketakutan, dan keburukan.

 


Ruang yang dapat memproyeksikan diri sendiri dan merefleksikan pribadi ini terdapat di dalam pikiran dan dinamakan dream scape. ID 12 pun lantas menggagas ide untuk memvisualisasikan dan mentransformasikan ruang pribadi tersebut menjadi sajian visual yang memanfaatkan elemen interior, dengan menggunakan teknologi imersif.

"Tapi bentuknya bukan real interior design, lebih ke video mapping yang inspirasi gambar-gambarnya itu dari bagaimana kami mengenal interior design," kata Desainer Interior sekaligus Anggota ID 12, Ary Juwono, dalam konferensi pers di Senayan City, Jakarta, Selasa (24/8/2022).

Dalam Ruang Mimpi, tersuguh sebuah ruang yang mampu membiaskan batasan antara dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk digital tiga dimensi, dan memaknai atmosfer interior yang artistik sebagai sebuah ruang pribadi mereka sendiri.
 

d

Pameran Ruang Mimpi (Sumber gambar: Tim Muara Bagdja)

Pengunjung akan merasakan sebuah pengalaman virtual berada di dalam ruang yang terdiri dari unsur-unsur interior dengan suasana yang berganti-ganti. "Presentasinya ringan karena ingin mengajak masyarakat, terutama remaja, untuk mulai mengenal dunia interior design," imbuh Ary.

Visualisasi imersif yang ditampilkan dalam Ruang Mimpi akan bersifat irrasional, surealis, absurd, artistik, dan segala sesuatu yang tidak bergantung pada logika manusia. 

Hal ini diharapkan akan me-reset pengalaman pengunjung dalam melihat produk desain interior dari hal yang sangat mendasar. Pemahaman ini akan membawa audiens untuk menemukan ide baru, inspirasi segar dalam berkreativitas dan memaknai sesuatu.

Selain itu, Museum of Toy juga akan memamerkan karya-karya patung baik koleksi lama maupun baru mereka untuk ikut meramaikan presentasi Ruang Mimpi.
 

Pameran Ruang Mimpi (Sumber gambar: Tim Muara Bagdja)

Pameran Ruang Mimpi (Sumber gambar: Tim Muara Bagdja)

Untuk mengunjungi Ruang Mimpi yang terletak di G-10 Ground Floor Senayan City, pengunjung harus terlebih dahulu melakukan reservasi melalui situs www.tcoi.id dan memilih sesi kunjungan.

Baca juga: 4 Tips Desain Ruang Keluarga Berkonsep Terbuka

Dalam sehari, pameran Ruang Mimpi akan membuka hingga 22 sesi dengan durasi maksimal 30 menit, di mana setiap sesinya bisa dinikmati maksimal 10 orang. Setiap harinya, sesi pertama kunjungan Ruang Mimpi dibuka pada pukul 10.00 WIB dan sesi terakhir pada pukul 21.00 WIB. 

Adapun, untuk menikmati pameran Ruang Mimpi, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp30.000. Publik bisa menikmati pameran ini mulai 24 Agustus hingga 30 September 2022.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tayang Besok, Simak Dulu 6 Fakta Menarik Film Mencuri Raden Saleh

BERIKUTNYA

Andreah Bakal Tur Asia Tenggara bareng The Script, Ini Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: