sumber gambar: laman sotheby's

Bulan Depan, Lebih Dari 60 Karya Koleksi Pengusaha David Ross Akan Dilelang

05 August 2021   |   11:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

September 2021, Sotheby's akan menawarkan lebih dari 60 karya dari koleksi pengusaha Inggris, dermawan, dan kolektor seni ternama, David Ross lho Genhype.  Dikumpulkan sejak 2000, koleksi Ross terutama berfokus pada seni pop dan kontemporer Inggris, yang berasal dari 1965, dan seterusnya.

Menurut siaran pers Sotheby's, lelang dengan tema This is Tommorow memiliki banyak penawaran yang diperkirakan memiliki harga entry level.

Pelelangan yang akan diadakan pada bulan depan ini memberikan kesempatan bagi para kolektor yang bercita-cita tinggi untuk memperoleh karya-karya terjangkau, dengan nama-nama seniman terkemuka dari dunia seni Inggris.

Semuanya dipilih sendiri oleh seorang kolektor yang telah mendedikasikan lebih dari dua puluh tahun untuk mencari yang Terbaik dari  Inggris.

Di antara karya-karya yang akan dilelang, terdapat karya Tony Bevan, Sean Scully, Gilbert & George, Damien Hirst, Peter Newman, dan Edmund de Waal. 

Oliver Barker, Sotheby’s European Chairman, mengungkapkan dirinya bertemu dengan David Ross pertama kali pada 2005. Pada saat itu, David Ross mendapatkan lukisan Glenn Brown. 

"Repertoar David benar-benar mencerminkan beberapa pencipta Inggris terbaik dalam lima puluh tahun terakhir, dan fokus tunggal dan studinya pada seniman di masa hidupnya telah  menghasilkan koleksi unik yang melengkapi pengetahuan mendalam para kolektor di baliknya," katanya. 

Memang, tidak ada pameran karya dari genre ini akan lengkap tanpa karya yang dipinjamkan dengan murah hati dari David, yang selalu merasa bertanggung jawab untuk memastikan koleksinya dilihat dan dihargai oleh semua orang.

Sementara itu, Ross mengungkapkan dirinya fokus pada koleksi-koleksi seni Inggris lantaran terinspirasi dari mendiang Deborah, Duchess of Devonshire saat bercakap dan makan siang di  Chatsworth House 

The Duchess, pada saat itu, berbicara dengan cara yang sangat bersemangat tentang bagaimana tanggung jawabnya untuk menjaga koleksi Chatsworth tetap mutakhir untuk generasinya.  

"Saya dikejutkan oleh semangat yang dia dapatkan tidak hanya dari mengoleksi, tetapi juga dari mendapatkan karya-karya seniman yang menjadi teman-temannya.  Inilah yang benar-benar mengarahkan saya untuk membangun koleksi yang sesuai dengan generasi saya, dan juga berfokus pada seniman Inggris," katanya.   
 
Sejak saat itu, Ross telah membina hubungan dengan hampir setiap seniman yang karyanya dia peroleh, dan dilengkapi dengan kisah-kisah pribadi yang berkaitan dengan mereka semua, termasuk Patrick Caulfield, Marc Quinn, Ray Richardson, Tony Bevan, Glenn Brown, Sir Peter Blake, dan Allen Jones.  

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sejarah Vespa di Indonesia dari Masa ke Masa

BERIKUTNYA

Ini Dia Resep Sagu Keju Lembut dan Renyah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: