Peserta cooking class saat demo meracik kopi bersama Barista Kenangan Heritage (sumber gambar: Eusebio Chrysnamurti

Keseruan Peserta Cooking Class Meracik Minuman ala Café Bersama Barista Kenangan Heritage

27 July 2023   |   19:52 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tren ngopi atau minum kopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Rasanya seperti ada yang kurang jika belum menikmati secangkir kopi. Maka enggak heran kalau saat ini makin banyak gerai kopi kekinian yang mulai bermunculan, salah satu yang menjadi pelopor kopi kekinian adalah Kopi Kenangan.

Nah, kali ini Hypeabis.id  menggandeng Kopi Kenangan melalui Kenangan Heritage untuk berbagi cara meracik dan membuat menu kopi maupun nonkopi melalui acara cooking class seri kedua setelah sebelumnya menjalin kerja sama dengan Batiqa Hotels pada Juni 2023.

Baca juga: Kopi Kenangan Siap Ekspansi ke 5 Negara Asean

Terdapat sebanyak 20 peserta yang mendapatkan pengalaman langsung meracik dua minuman yakni Cloud Brew sebagai menu kopi dan Pink Creamy Berry sebagai menu non kopi bersama Barista & Store Manager Kenangan Heritage Zsa Zsa Nur Istiqomah bertempat di Kenangan Heritage Senayan City, Kamis, (27 Juli 2023).
 

"Aku sengaja memilih menu kopi dan nonkopi karena mungkin tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi," ujar wanita kelahiran 1998 ini.

Selain digelar secara luring, acara ini juga ditayangkan secara live melalui Instagram @Hypeabisid, sehingga penonton di rumah bisa menyaksikan langsung proses pembuatan dua minuman tersebut dan bisa mencoba sendiri resepnya di rumah. Apalagi bahan-bahan yang digunakan termasuk cukup mudah ditemukan di supermarket, serta bisa menggunakan brand apapun.

Menu pertama yang dibuat oleh Zsa-Zsa adalah Cloud Brew Coffee yang menggunakan kopi Arabic dari Flores. Istilah Cloud Brew ini sendiri diambil karena bagian atas kopinya yang dibuat menyerupai awan dengan bahan utamanya berupa cold brew.

Cloud Brew sendiri merupakan sajian kopi yang diseduh dingin berbeda dari es kopi seperti Iced Americano, Iced Long Black, maupun Iced Japanese Iced Coffee. Untuk membuat cold brew ini pertama menggunakan bubuk kopi lalu seduh dengan air suhu ruangan atau air dingin, kemudian tutup dan letakkan di chiller atau kulkas selama 16 jam hingga 24 jam. Setelah itu, saring bubuk kopinya dan itu bisa bertahan selama 3 hari hingga sepekan.

“Untuk jenis kopinya beda-beda, tergantung pada tiap-tiap orang, sukanya kopi apa, mau Arabika atau Robusta. Kalau kali ini, saya menggunakan kopi Flores,” jelasnya.
 

Barista & Store Manager Kenangan Heritage Zsa Zsa Nur Istiqomah (sumber gambar : Eusebio Chrysnamurti)

Barista & Store Manager Kenangan Heritage Zsa Zsa Nur Istiqomah (Sumber foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Pada tahap awal Zsa-Zsa menunjukkan langkah-langkah membuat Cloud Brew dengan memasukkan beberapa jenis bahan ke dalam gelas takar untuk kemudian dituangkan ke dalam gelas yang sudah dicampur es. Kemudian di bagian atasnya diberikan wipe cream sehingga memberikan sensasi rasa yang berbeda.

“Kalau saya membuat kopi susu atau latte itu kan sudah biasa karena antara kopi dan susunya sudah langsung tercampur. Kalau menu Cloud Brew kali ini ada sensasi rasa berbeda karena creamy di atasnya dan di bawahnya ada kopi yang lite jadi rasanya lebih seimbang,” tuturnya.

Setelah Zsa-Zsa mempraktikkan cara-cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan, selanjutnya dua peserta diminta untuk maju dan dipersilakan untuk mencoba proses pembuatan menu Cloud Brew tersebut.

Para peserta pun terlihat begitu antusias untuk menyimak dan mencoba langsung proses pembuatannya. “Iya, ini menu yang unik dan berbeda jadi bisa dibuat di rumah untuk suami,” ujar salah satu peserta.

Tak sedikit pula peserta yang mempertanyakan mengenai pembuatan whip cream tersebut. Sebab, beberapa ada yang menyukai creamy, ada yang menyukai rasa manis, dan rasa yang lebih gurih.

“Jika tidak ingin terlalu creamy bisa dicampurkan dengan tambahan susu. Jika tidak ingin terlalu manis, bisa di adjust dengan menambahkan sedikit sea salt sehingga rasanya akan lebih gurih,” tuturnya.

Selanjutnya, Zsa-Zsa mempraktikkan proses pembuatan menu kedua yakni Pink Creamy Berry. Menurutnya, menu ini sengaja dipilih karena memberikan rasa yang lebih segar. Bahannya bisa menggunakan apple juice, maupun cranberry juice.

Untuk kali ini, Zsa-Zsa menggunakan bahan utama cranberry. Untuk memberikan tekstur dan rasa yang lebih segar dan manis ditambakan dengan cola dan air kacang arab. “Agar bahan-bahannya bisa tercampur dengan sempurna maka diaduk menggunakan shaker,” jelasnya.

Setelah menu tersebut jadi, maka para peserta dipersilakan untuk mencicipi dan mempraktikkan langsung proses pembuatannya. Terlihat para peserta begitu antusias memperhatikan proses pembuatan dan mempraktikkannya.

Zsa-Zsa mengatakan bahwa dua menu yang dihadirkan tersebut tidak dapat ditemukan di Kopi Kenangan maupun Kenangan Heritage. Sebab, menu tersebut memang sengaja dibuat untuk para peserta cooking class dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Fiki Maulani Kursidi, salah satu peserta yang juga Founder dari Wajah Bunda menyatakan antusiasmenya saat mengikuti kegiatan cooking class kali ini. Awalnya pun dia merasa sangat penasaran dengan menu yang akan dihadirkan, apalagi kali ini bekerja sama dengan salah satu brand kopi yang sangat ternama.

“Ternyata menunya kali ini menggunakan kopi dan non kopi yang mudah dibuat di rumah. Menu kopi ini menarik sekali sehingga kita mendapatkan wawasan baru mengenai cara membuat kopi bahwa ternyata kopi bisa loh diseduh dengan air dingin atau suhu ruangan,” ucapnya.

Baca juga: Serunya Masak Ayam Woku Bareng Chef Samuel Tumbelaka di Acara Cooking Class Hypeabis.id X BATIQA Hotel

Selain itu, adanya menu non kopi berupa Pink Creamy Berry ini juga bisa dijadikan sebagai menu minuman alternatif bagi anak-anak yang menginginkan minuman segar untuk dinikmati di rumah bersama keluarga.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Spesifikasi, Fitur & Harga Resmi Samsung Galaxy Watch6 Series di Indonesia 

BERIKUTNYA

IVE Bersiap Comeback di Minggu Pertama Oktober 2023, Ada Rencana Konser?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: