Ilustrasi bartender (Sumber gambar: Louis Hansel/Unsplash)

Bartender Terbaik Indonesia Bertarung Menuju Global World Class di Brasil

07 March 2023   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bisnis hospitality yang tumbuh pesat turut mendorong perkembangan profesi bartender. Sebagai peracik minuman, bartender harus mampu menyajikan minuman yang sesuai dengan permintaan dari tamu. Dengan demikian, bartender harus dibekali dengan skill yang mumpuni jika ingin bersaing di bidang hospitality.

Untuk mencari bartender terbaik dari yang terbaik, pertandingan antara bartender di seluruh Indonesia yang diselenggarakan Diageo akhirnya memasuki babak final. Kompetisi yang dinamai World Class 2023 Indonesia ini diikuti oleh lebih dari 70 peserta yang telah melangsungkan rangkaian festival koktaill. Melalui proses seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 8 finalis dari berbagai bar terbaik di Indonesia.

Baca juga: Profesi Konten Kreator Makin Diminati, Ini Harapan Arief Muhammad

Kedelapan finalis terpilih untuk memperebutkan gelar bartender terbaik di Indonesia. Mereka adalah Malvern Nathaniel dari The Langham Jakarta, Benedick Visantus Pramono dari Gozadera Surabaya, I Gusti Putu Giri Asta dari The St. Regis Bar Bali, Brian Jeremy Rusli dari A/A Bar Jakarta, Bayu Adithia dari TOMA Jakarta, Putra Dwi Aprianto dari Circolo Bandung, Putu Agus Sastrawan dari Canna Bali, dan Putra Galant dari Tom's by Tom Aiken Jakarta.

Seluruh finalis ini sudah melewati fase 16 besar sebelum lolos ke 8 besar Diageo World Class 2023 saat berkompetisi di A/A Bar Jakarta pada 26 Januari 2023 lalu. Siapa pun yang menjadi juara di kompetisi ini akan mewakili Indonesia sebagaii finalis di World Class, kompetisi bartender tingkat global yang tahun ini akan berlangsung di Sao Paulo, Brasil.

Adapun baban Final World Class 2023 berlangsung di La Favela Seminyak, Bali pada 7 Maret 2023. Seluruh finalis ditantang untuk menunjukan kreativitas dan keterampilan dalam meramu koktail.

Penjurian dilakukan dengan memperatikan cita rasa dan filosofi di balik satu gelas minuman tersebut. Maka setiap bartender harus memiliki makna di balik setiap minuman yang dibuatnya.

Hal menarik lain yang jadi perhatian juri adalah konsep sustainable dalam proses pembuatan minumannya. Berbekal kreativitas, bartender menggunakan bahan-bahan campuran minuman yang ramah lingkungan.

Sebagai informasi World Class sudah dilaksanakan selama 12 tahun dalam memilih bartender terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu saja, kompetisi ini dibuat juga dengan maksud mendukung dan melatih bartender di sekitar 60 negara termasuk Indonesia. Diperkirakan ada lebih dari 400.000 bartender di seluruh negara yang berpartisipasi ikut mendukung kompetisi ini.

Di Indonesia, pertandinan bartender ini pertama kali diselenggarakan pada 2010. Sejak saat itu, World Class berusaha membentuk dan meningkatkan standar industri.

Deretan pemenang dari kompetisi pertama pun berhasil terdaftar dalam 10 bar terbaik di Asia hingga bar yang diakui sebagai  World’s 50 Best Discovery. Maka setiap bartender bisa menjadikan ajang ini sebagai loncatan untuk mendukung peningkatan karier.

Baca juga: 4 Tips Sederhana Membuat Kopi di Rumah ala Barista Profesional

“Di World Class, setiap bartender memiliki kesempatan yang sama untuk memamerkan keterampilan mereka dan dirayakan atas pencapaian mereka, terlepas dari latar belakang mereka,” kata Maren Herrmann dari Diageo Indonesia dalam pernyataan pers pada 7 Maret 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Koleksi Mainan Edukatif untuk Anak, Bikin Si Buah Hati Cerdas & Percaya Diri

BERIKUTNYA

Aplikasi Digital Asisten Kesehatan Berbasis AI Dirilis, Yuk Cek Fiturnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: