Naik jabatan merupakan hal yang diinginkan banyak pekerja (Sumber gambar: Unsplash Brooke Cagle)

Dear Pekerja, Begini Kiat Membuka Peluang Naik Jabatan 

18 August 2022   |   15:08 WIB

Banyak pegawai level menengah ke bawah yang saling curhat dan mengeluhkan karier mereka yang mentok, seolah tidak ada peluang untuk naik jabatan atau mendapatkan prospek yang lebih cerah dalam waktu dekat.

Akan tetapi, perlu ditelaah lagi apakah karier yang mentok itu memang dipicu oleh perusahaan atau atasan yang tidak ada atensi,  atau jangan-jangan sikap diri sendiri yang selama ini menjadi penghalang meraih kesuksesan.

Baca Juga : Ini Tips Sukses Berkarier di Perusahaan Startup 

Untuk membuka peluang memperoleh promosi karier, kalian harus memastikan seluruh kondisi di lingkungan profesional berjalan dengan baik. Pastikan bahwa kita telah menunaikan semua kewajiban sebelum melangkah pada tahap selanjutnya.

“Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda bermimpi untuk naik jabatan di tempat kerja. Promosi pekerjaan  mungkin adalah yang Anda butuhkan, tetapi hanya jika Anda sudah melakukan hal yang benar untuk mencapainya,” ujar Campus and  Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin, seperti dikutip Bisnis Indonesia Weekend edisi Februari 2017. 
 

Ketahui Perkembangan Bidang Kerja 

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memastikan diri untuk selalu mengikuti perkembangan di bidang karier yang sedang ditekuni. Sebab, teknologi industri semakin berkembang pesat, sehingga sangat penting untuk tetap up to date dengan tren yang ada.

Carilah pengetahuan yang paling mutakhir untuk membekali diri dengan kemampuan baru. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengikuti kursus online. Atau, kalian bisa bertanya ke atasan apakah perusahaan menawarkan dukungan bagi karyawan untuk peningkatan karier melalui seminar atau lokakarya.

“Hal tersebut tidak hanya akan menunjukkan kesediaan Anda untuk menjadi pegawai yang lebih baik, tetapi juga menunjukkan Anda adalah seseorang yang mau berkembang dan meningkatkan kemampuan diri. Ini adalah sifat yang membantu Anda cepat naik jabatan.”
 

Dedikasi Lebih 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pastikan bahwa kalian bekerja lebih pada setiap penyelesaian proyek atau tugas. Sebab, dedikasi saja terkadang tidak cukup untuk merampungkan sebuah tugas.

Agar menonjol, kata Satya, karyawan perlu mengerjakan tugas sesuai dengan apa yang diminta, kemudian mereka harus melebihi ekspektasi dari atasan. Misalnya dengan mengirimkan tugas sebelum tenggat waktu atau menggarap pekerjaan tambahan.

“Anda juga bisa membantu mengerjakan proyek rekan, menemukan cara agar semua proses berjalan dengan cepat, atau berhemat  dalam hal keuangan juga bisa memberikan poin tambahan di mata atasan,” sambungnya.

Akan tetapi, jangan juga terlalu mudah menyanggupi saat diberikan tanggung jawab tambahan. Hanya katakan ‘ya’ jika kalian tahu pasti bisa memberikan apa yang dibutuhkan. Selain itu, jangan malu untuk meminta bantuan jika dibutuhkan. 

Baca Juga : 3 Tips Seimbangkan Karier & Percintaan 


Jalin Hubungan yang Tepat 

Pada saat bersamaan, pekerja juga harus menjalin hubungan dengan orang-orang yang tepat. Saat kalian ingin melaju dalam karier,  dibutuhkan lebih dari sekadar mengerjakan tugas dan memenuhi target. Keterampilan sosial juga akan menjadi perhitungan.

Pergaulan yang tepat akan menentukan apakah Anda layak mendapatkan promosi atau tidak. Berhati-hatilah dengan siapa kalian bergaul di kantor. Untuk menjadi yang terdepan, pekerja harus bergaul dengan orang-orang yang berpengaruh, bisa diandalkan, dan sopan.

Menurut Satya, orang-orang yang mudah bergaul dan memiliki kepribadian baik akan cenderung lebih dilirik untuk naik jabatan.  Oleh karena itu, hindarilah terlalu dekat dengan orang-orang yang beretos kerja atau reputasi yang perlu dipertanyakan.

“Anda harus meninggalkan kesan yang baik pada atasan atau rekan kerja. Jadi, cobalah untuk menjauhkan diri dari orang-orang yang  mungkin bisa membahayakan citra Anda,”  sarannya.
 

Proaktif 

Salah satu karakter yang harus dimiliki untuk menggapai promosi jabatan adalah menjadi pegawai yang proaktif. Biasakan diri untuk  melihat gambaran yang lebih besar dan berpikir panjang.

Jika kalian mempunyai ide untuk meningkatkan efisiensi di tempat  kerja, jangan malu dan kemukakanlah ide tersebut. Namun, pastikanlah ide tersebut memang membantu dan bukan malah  menyebabkan tertundanya hal lain.

“Bersiaplah dengan rencana konkrit dan tunjukkan bagaimana ide Anda dapat membantu kualitas tempat kerja. Para manajer akan memberi penghargaan pada orang-orang yang mampu melampaui  ekspektasi untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.”

Hal terakhir, dan mungkin yang paling penting, untuk dilakukan adalah memastikan setiap pencapaian terlihat dan diakui. Banyak karyawan mungkin punya banyak ide brilian. Namun, hal itu akan sia-sia  jika tidak ada yang tahu.

Bersiaplah untuk berbicara ketika diperlukan; baik saat rapat atau sesi brainstorming. Jadilah orang yang berkontribusi dan menyarankan hal-hal yang membuat hidup lebih mudah. Buatlah atasan terkesan dengan menawarkan diri untuk menjawab tantangan baru.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Membuat Bahan Presentasi Lebih Mudah dengan Microsoft Sway

BERIKUTNYA

'Beast' dan 'Dragon Ball Super' Bersaing di Box Office

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: