Microsoft Sway (sumber gambar Microsoft)

Membuat Bahan Presentasi Lebih Mudah dengan Microsoft Sway

18 August 2022   |   14:31 WIB

Hypeabis mau melakukan presentasi tetapi masih kesulitan untuk membuat bahan melalui Microsoft PowerPoint? Jangan khawatir. Microsoft telah membuat cara membuat presentasi dengan lebih sederhana, lebih ringan dan berbasis web, sehingga pengguna tidak perlu download.

Terdapat alternatif lain PowerPoint yang jadi favorit banyak orang, seperti Keynote dari Apple. Namun Keynote pada dasarnya hanya tersedia untuk pengguna macOS, dan pengguna sistem operasi lain tidak bisa memanfaatkannya.

Aplikasi web seperti Google Slides juga cukup populer, namun tetap bukan favorit saya untuk membuat presentasi. Saya hanya menggunakannya untuk membuka berkas PowerPoint di platform non-Windows, seperti Android atau Linux.

Untungnya, Microsoft saat ini sudah menyediakan alternatif untuk PowerPoint yang lebih mudah digunakan: Microsoft Sway. Karena aplikasi ini tersedia sebagai aplikasi web, kita bisa memakainya hanya dengan peramban standar, tanpa perlu instalasi. Sebagai aplikasi web, Sway bisa digunakan di semua sistem operasi populer.

Sway dapat diakses pada alamat https://sway.office.com (sebelumnya https://sway.com).
 

Akun Microsoft

 

Ilustrasi Microsoft Sway/tangkapan gambar

Ilustrasi Microsoft Sway/ Tangkapan Gambar


Seperti banyak aplikasi web lainnya, Anda harus terlebih dahulu registrasi untuk menggunakan Sway. Namun, di sini Anda bisa menggunakan akun Microsoft yang bisa didapatkan secara gratis. Anda bisa membuat akun Microsoft saat menggunakan Windows atau berlangganan Office 365.

Berbeda dengan aplikasi Microsoft PowerPoint yang cukup kompleks, Sway dirancang sebagai aplikasi yang ringan dan lebih ramah pengguna. Ini bisa dilihat dari desainnya yang mendorong penggunanya untuk menggunakan template dari awal. Tersedia 18 template yang dapat digunakan dan disesuaikan sesuai kebutuhan.

Microsoft juga memamerkan berbagai presentasi (“sway”) yang dianggap bisa menginspirasi pengguna. Presentasi yang jadi contoh ini (“featured sway”) diharapkan dapat memberikan ide desain presentasi kepada pengguna Sway.

Satu fitur lain yang menarik dari Sway adalah penciptaan presentasi otomatis menggunakan kata kunci tertentu. Ini bisa dilakukan lewat menu “Start from a Topic”.

Masukkan kata kunci yang terkait dengan topik yang ingin Anda presentasikan. Sway akan otomatis membuatkan kerangka presentasi dengan memasukkan info yang tersedia dari Wikipedia (bahasa Inggris).

Sebagai contoh, bila Anda memasukkan kata kunci Jakarta, Sway akan memasukkan informasi tentang Jakarta dari Wikipedia di slide pertama. Di slide berikutnya Sway akan menyarankan  tentang informasi apa yang sebaiknya dimasukkan. Anda juga mungkin akan menemukan gambar-gambar yang berasal dari Wikimedia Commons untuk menghias presentasi.

Tentunya ini hanya saran yang tidak perlu diikuti mentah-mentah.  Kita bisa mengganti gambar-gambar yang disediakan dengan foto dan grafik yang lebih cocok. Namun ini cukup memberikan gambaran dan struktur bagi orang-orang yang kesulitan merancang presentasinya.

Aplikasi Sway dirancang agar penggunanya memusatkan perhatian kepada cerita (storyline). Namun Anda juga bisa memodifikasi desain yang diberikan agar sesuai dengan selera Anda. Sebagai contoh, selain mengganti gambar, Anda bisa mengganti font serta arah menggulung layar.

Bila sudah selesai, presentasi yang Anda bikin tidak hanya bisa ditayangkan di hadapan orang-orang secara fisik. Anda juga bisa berbagi dengan orang lain dengan fitur Share. Presentasi (“sway”) orang lain yang pernah Anda lihat juga akan tercatat. Anda bisa meninjaunya kembali, mungkin untuk mendapatkan inspirasi buat presentasi Anda sendiri.

Editor: M R Purboyo
 
SEBELUMNYA

Djakarta Warehouse Project 2022 Umumkan Rincian Lineup & Tiket, Simak Informasinya

BERIKUTNYA

Dear Pekerja, Begini Kiat Membuka Peluang Naik Jabatan 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: