Hari pertama kerja merupakan waktu penting untuk membangun impresi yang kuat dan positif (Sumber gambar: Unsplash/Marten Bjork)

Tips Membangun Impresi Kuat pada Hari Pertama Kerja 

28 July 2022   |   21:00 WIB

Mengawali hal baru sering kali membuat seseorang merasakan deg- degan, antara bersemangat tapi juga khawatir; termasuk memulai hari kerja perdana di tempat baru. Rasa senang, semangat, antusias, bercampur dengan grogi, gugup, dan bahkan tegang.

Padahal, hari pertama kerja adalah momentum yang sangat tepat untuk membuat kesan yang kuat dan membekas. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi jitu untuk membuat impresi positif pada hari pertama kerja; khususnya bagi Anda yang belum memiliki pengalaman profesional.

Jika kalian tengah bersiap menyongsong hari kerja perdana di tempat baru, perhatikan kiat-kiat profesional dari tim JobStreet Indonesia agar sukses memberi kesan pertama yang baik dan kuat. Sebagaimana dikutip Bisnis Indonesia Weekend edisi Januari 2017, berikut ini adalah rincian selengkapnya :

Baca Juga : Bukan Multitasking, Ini 5 Tips Agar Kerja Lebih Produktif & Tidak Stress


Persiapan Malam Sebelumnya
  • Pilih pakaian yang sesuai serta pastikan sudah disetrika dan siap digunakan. 
  • Rencanakan rute perjalanan ke tempat  kerja.
  • Tidur yang cukup.
  • Jangan lupa setel alarm 30 menit lebih awal untuk berjaga-jaga jika kendaraan mogok atau ada gangguan tak terduga lainnya.

Persiapan Pagi Hari 
  • Sarapan yang cukup, karena kalian akan  membutuhkan energi lebih.
  • Sikat dan bersihkan gigi, karena setiap detail adalah penting.
  • Dengarkan musik yang bersemangat saat di perjalanan.
  • Datang 10 menit lebih awal, tetapi jangan terlalu awal.
  • Jika kalian gugup saat akan masuk kantor, tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan pikiran.
  • Fokuslah pada kesempatan ketimbang hal- hal lain yang tidak diketahui.
  • Saat Berada di Kantor
  • Percaya diri, tetapi tetap bersikap natural.
  • Jangan bersikap sok tahu, karena berisiko tidak disukai lebih cepat.
  • Dengarkan, observasi, dan proses. Simpan semua penilaian dengan pikiran terbuka.
  • Ketika ada yang diketahui, bertanyalah;  tetapi hanya setelah kalian mencoba untuk menemukan jawabannya.
  • Ambil inisiatif. 

Saat Bertemu dengan Kolega
  • Ambil bagian dalam percakapan. Meskipun kalian baru, bukan berarti tidak mempunyai hak berpendapat.
  • Sumbangkan ide jika ada kesempatan untuk membuat kesan pertama yang positif.
  • Jangan terlalu berharap, tetapi tetap waspada dan fleksibel.
  • Lakukan tugas dengan sikap antusias dan ceria, sekalipun itu hanya tugas administrasi yang membosankan.
  • Sopan dan ramah, jangan hanya menjadi ‘injak-injakan’. Hanya karena Anda anak baru, jangan biarkan diri Anda diacuhkan setiap saat.
  • Saat diperkenalkan dengan kolega, ucapkan ‘Halo’ dan ulangi lagi nama mereka dengan keras untuk membantu daya ingat.
  • Jika kalian lupa, tertawa dan membuat lelucon, serta ucapkan, ‘Maaf, saya bertemu dengan banyak sekali orang hari ini. Siapa namamu?’
  • Hanya gunakan fitur ‘balas untuk semua’ untuk membalas surel massal atau jika sangat diperlukan.
  • Berpikirlah dua kali sebelum menekan tombol ‘kirim’. 

Baca Juga : 10 Hal yang Harus Ada dalam Lingkungan Kerja Modern 

Perlu diingat bahwa masa percobaan berlaku bagi kedua belah pihak. Bukan hanya perusahaan yang berhak mengevaluasi, tetapi kalian pun memiliki keharusan untuk memberikan evaluasi pada perusahaan. Tumbuhkan pengaruh positif bagi lingkungan kerja. Dengan demikian, kalian akan selalu diingat sebagai rekan kerja yang menyenangkan, bisa diandalkan, dan juga dapat dipercaya. 

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Novel Kisah Spionase Gabriel Allon Masuk Daftar Best Seller

BERIKUTNYA

Layanan Email Thunderbird Siapkan Versi Ponsel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: