Reza Rahadian dengan gaya khas pangeran Jawa. (Sumber gambar : Instagram/Arman Febriyan)

Trending, Reza Rahadian Cosplay Jadi Guru Bangsa H.O.S Tjokroaminoto di Istana Negara

17 August 2022   |   16:55 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Reza Rahadian menjadi perbincangan di dunia maya setelah tampil menggunaan pakaian adat Jawa dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Reza mengenakan beskap lengkap dengan jarik dan blangkon.

Beskap atau jas tutup merupakan kemeja resmi yang berasal dari tradisi Jawa Mataraman. Sementara jarik merupakan kain panjang yang dibebaskan untuk menutup kaki. Biasanya, pakaian ini dikenakan pada acara resmi atau penting. 

“Reza mengenakan busana khas pangeran Jawa karya @kratonworld dengan sentuhan bros @tuloladesign merayakan hari kemerdekaan RI ke-77,” tulis fashion stylist Reza, Hagai Paolo Pakan dalam laman Instagram pribadinya. 

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Film Saat Rayakan HUT RI yang Bikin Kita Lebih Nasionalis

Tampak Reza tampil dengan kemeja putih yang dibalut besar berwarna hitam. Ditambah kain jarik dan blangkon yang didominasi warna cokelat dengan motif serupa.   

Sentuhan bros emas disematkan di beskap menambah penampilan Reza semakin elegan. Tidak ketinggalan selop berwarna hitam yang menambah khas budaya lelaki Jawa. 
 

Reza Rahadian (Sumber gambar : Arman Febryan)

Reza Rahadian (Sumber gambar : Arman Febryan)


Gaya Reza pada HUT ke-77 RI ini serupa dengan gaya Raden Mas Hadji Oemar Said Tjokroaminoto (H.O.S Tjokroaminoto), guru Sang Proklamator Sukarno. Dalam beberapa arsip foto, pahlawan bangsa ini kerap tampil menggunakan jas putih, beskap hitam, dan jarik batik. Lengkap dengan blangkon, terkadang diganti peci berwarna hitam. 

Reza diketahui memerankan tokoh tersebut dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto garapan sutradara Garin Nugroho pada 2015 silam. “Raden Mas di Istan,” tulis Hagai Pakan.

Tampilan Reza ini lantas menjadi trending 1 di Twiter. Banyak netizen yang terpukau dengan kegagahan Reza dalam busana tradisional adat Jawa tersebut. Terlebih mengikuti gaya guru bangsa, Tjokroaminoto.

“Reza Rahadian as guru bangsa Tjokroaminoto is that you?” Tulis akun Twitter @kojengsupremacy.

Keseluruhan tampilan Reza pada HUT ke-77 RI ini memang tidak lepas dari tangan desainer Auguste Soesanto. Dengan brand fashionnya, KRATON, dia kerap merancang busana warisan bangsawan Indonesia, dengan keanggunan yang kaya dan halus, dan kemudian dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 5 Baju Adat yang Pernah Dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara HUT RI

Auguste Soesastro merupakan perancang busana kelahiran Jakarta, namun dibesarkan di Belanda, Amerika Serikat dan Australia. Soesastro awalnya memusatkan studinya pada arsitektur dan seni digital di University of Sydney dan Australian National University.

Mengutip Jakarta Fashion Week, dia kemudian belajar fashion ke Paris pada usia 24 tahun. Soesastro dilatih di sejumlah rumah haute couture utama di Paris. Dia kemudian pindah ke New York dan bekerja di Ralph Rucci. Pada 2008, Soesastro meluncurkan KRATON di New York City.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Apa Itu Femilift? Teknik Meremajakan Organ Intim Wanita

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Paduan Suara & Orkestra Gita Bahana Nusantara, Pengisi Rutin Upacara HUT RI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: