Presiden Jokowi mengenakan baju adat Lampung (Sumber gambar: Sekretariat Negara)

Intip 5 Baju Adat yang Pernah Dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara HUT RI

08 August 2022   |   17:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu hal yang selalu mencuri perhatian saat Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang digelar setiap tahunnya adalah baju adat yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo. Pasalnya, sejak muncul dengan baju adat Kalimantan Selatan pada Upacara Kemerdekaan tahun 2017 lalu, Jokowi konsisten tampil mengenakan pakaian adat.

Baju adat yang dipakai Jokowi setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI juga selalu dinanti-nanti dan membuat penasaran publik. Pasalnya, pakaian adat yang dipakai Jokowi saat HUT RI selalu berbeda-beda setiap tahunnya.

Baca juga: 6 Ide Lomba Kekinian untuk Memeriahkan 17 Agustusan

Jika tidak ada aral melintang, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih akan digelar pada 17 Agustus 2022 . Melansir dari laman Sekretariat Negara RI, berbeda dengan dua tahun sebelumnya, pada tahun ini upacara tersebut akan dihadiri tamu undangan secara fisik (luring) dalam jumlah terbatas dan secara virtual (daring).

Upacara Kemerdekaan tahun ini juga akan digelar lebih semarak dengan tetap menerapkan protokol secara ketat dengan tamu undangan yang terbatas. Sambil menantikan gelarannya, yuk simak beberapa baju adat yang pernah dikenakan Jokowi saat peringatan HUT RI.
 

1. Baju Adat Kalimantan Selatan (2017)

(Sumber gambar: Sekretariat Negara)

(Sumber gambar: Sekretariat Negara)


Upacara HUT RI ke-72 yang digelar pada 17 Agustus 2017 menjadi momentum pertama Presiden Jokowi mengenakan baju adat. Sebelumnya, Jokowi masih mengenakan pakaian formal berupa jas dalam pelaksanaan upacara HUT RI.

Saat memimpin upacara, Jokowi tampak mengenakan baju adat Kalimantan Selatan. Baju yang dikenakan menyerupai jas berwarna hitam, ditambah kain songket dan penutup kepala.


2. Baju Adat Aceh (2018)

g

(Sumber gambar: Sekretariat Negara)

 

Pada Upacara Kemerdekaan RI 2018, Jokowi mengenakan baju adat Aceh dikenal dengan nama Linto Baro. Orang nomor satu di Indonesia itu mengenakan atasan berlengan panjang berwarna hitam yang disebut bajee, dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengannya.

Pada bagian baju kanannya, terdapat boh ru bungkon, hiasan berupa bungkusan dengan bohru di bagian ujungnya. Jokowi juga mengenakan penutup kepala kupiah meukeutop, yang terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.
 

3. Baju Adat Bali (2019)

Sumber gambar: Sekretariat Negara

(Sumber gambar: Sekretariat Negara)

Dari busana adat Aceh, Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Klungkung, Bali, saat memimpin Upacara HUT RI yang ke-74. Baju bernuansa hitam yang dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan serta tutup kepala itu dikenal dengan nama Payas Agung.

Baju adat ini biasanya hanya digunakan masyarakat Bali pada acara-acara penting seperti pernikahan, munggah deha (upacara kedewasaan), pitra yadnya (ngaben), mesagih (upacara potong gigi), dan upacara adat lainnya. Payas Agung yang dikenakan pria biasanya mengombinasikan lilitan kain songket mewah dengan jas beludru bermotif prada Bali dan aksesori lain berupa keris.

1
2


SEBELUMNYA

Merasakan Kembali Semangat Kemerdekaan di Tempat-Tempat Bersejarah

BERIKUTNYA

Kenalan dengan 4 Perlengkapan Seragam Wajib Anggota Pramuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: