Farel Prayoga. (Sumber gambar: Instagram/@farel.prayoga.official)

Profil Lengkap Farel Prayoga, Musisi yang Bikin Para Menteri Bergoyang & Presiden Semringah di Istana Merdeka

17 August 2022   |   13:54 WIB

Selain momen berkesan seperti penampilan tarian Reog Ponorogo dan Lumense Garbarata serta kembalinya prosesi Kirab Budaya dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka, perayaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022) juga disambut dengan penampilan meriah.

Salah satu penampilan ikonik yang berkesan dalam acara HUT Ke-77 Republik Indonesia adalah kehadiran seorang penyanyi cilik bernama Farel Prayoga. Siang setelah upacara usai, penyanyi cilik dari Banyuwangi, Jawa Timur itu berhasil membuat jajaran menteri bergoyang dan Presiden Joko Widodo tersenyum lebar. Berkat lagu campursari berjudul Ojo Dibandingke. 

Baca juga: Cocok Diputar untuk 17 Agustusan, Ini 8 Lagu yang Bikin Semangat

Tembang Ojo Dibandingke (Jangan Dibandingkan dalam bahasa Jawa) yang dibawakan oleh siswa kelas enam SDN 2 Kepundungan itu juga membuat tamu undangan secara luring dan daring terkesan hingga memicu sorakan dan tepuk tangan. Lantas, siapakah Farel Prayoga?
 

Penyanyi kelahiran tahun 2010 itu mulai dikenal lantaran dirinya sempat menyanyikan ulang lagu Ojo Dibandingke milik penyanyi Denny Caknan feat. Abah Lala. Kemudian, kepopulerannya dipicu oleh kolaborasinya dengan penyanyi Filla Thalia dalam konser One Nada yang sudah ditonton lebih dari lima juta kali.

Perjalanan kariernya itu berawal dari bakat yang terasah saat masih menjadi pengamen jalanan. Kemudian, dirinya ditarik ke dalam manajemen Wandra yang merupakan penyanyi sekaligus komposer lokal. Kala itu, sang komposer melihat potensi yang dimiliki Farel dari suara miliknya hingga akhirnya resmi bergabung dengan label musik Aneka Safari Record kendati sempat menyanyikan ulang lagu artis lain.

Kepopuleran Farel bukan tanpa alasan semata-mata karena viral di media sosial, tapi ada faktor pendukung dalam dirinya yang menarik perhatian orang lain. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menguasai panggung dengan kepercayaan diri serta perkembangannya yang semakin diperhatikan publik.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)


Hingga saat ini, Farel telah menyanyikan beberapa lagu dangdut populer seperti Lewung, Luka Sekerat Rasa dengan Lutfiana Dewi, Pecah Seribu, Sakit Gigi, Kesucian Ati, Aku Ingin Bahagia, Joko Tingkir, Tiara, Ngelabur Langit, dan lain-lain. Beberapa lagu ini merupakan lagu cover dari penyanyi lain.

Tak banyak informasi yang dibagikan mengenai dirinya, tapi kemunculannya di Istana Negara usai Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dianggap berkesan. Hal ini disebabkan karena dia mengganti salah satu bagian dari lirik asli dengan ujaran "hanya ada Pak Jokowi."

Lantunan lagu dari penyanyi cilik itu membuat beberapa menteri seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut berdansa. Tak hanya itu, beberapa tamu undangan seperti artis Indra Bekti dan aktor Reza Rahadian juga turut memeriahkan penampilan hiburan tersebut.

Dengan potensi yang dimilikinya, Presiden Joko Widodo berharap bahwa karier menyanyinya tetap diimbangi dengan edukasi yang tinggi tanpa putus sekolah. Dalam video singkat yang dibagikan di akun Instagram resmi Presiden Joko Widodo, Farel mengatakan dirinya memiliki mimpi untuk menjadi penyanyi sukses.

Baca juga: Yuk Berkenalan dengan Suku Buton yang Baju Adatnya Dikenakan Presiden Joko Widodo

"Nyanyi boleh, tapi jangan lupa belajar. Jangan lupa juga sekolah terus sampai setinggi-tingginya!" Jelas Jokowi kepada Farel saat geladi resik pada Selasa (16/8/2022).

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Yuk Simak Lagi Sejarah Penggunaan Duplikat Bendera Sang Saka Merah Putih

BERIKUTNYA

Sukarno Atau Soekarno? Ini Kata Sang Proklamator

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: