Ilustrasi pasangan kekasih. (Sumber gambar : Freepik/Prostoleh)

Hari Kemerdekaan, Rayakan 5 Kebebasan Ini dalam Hubungan Percintaan

14 August 2022   |   15:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Agustus identik dengan bulan kemerdekaan. Setiap tanggal 17 di bulan ini, rakyat Indonesia memperingati lepasnya Ibu Pertiwi dari tangan penjajah dan menjadi negara yang mandiri serta merdeka. Namun seharusnya, bukan negara saja yang bisa menggapai kebebasan itu, kamu juga harus meraihnya. 

Ya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memaknai semangat kebebasan yang diasosiasikan dengan Hari Kemerdekaan, salah satunya adalah kebebasan dalam menemukan cinta. 

Di zaman sekarang ini, ada banyak kebebasan yang bisa kamu raih dalam sebuah hubungan. Berikut ini 5 tipe kebebasan yang kamu butuhkan versi Tinder untuk membantu perjalanan cinta kamu lebih mulus.

Baca jugaBiar Hubungan Lancar Jaya, Intip Inspirasi First Date Ala K-Drama


1. Bebas dari masa lalu

Tidak ada hubungan yang sempurna. Pada satu titik, kamu mungkin memutuskan untuk berpisah dengan pasangan. Namun yang menjadi masalah, kenangan-kenangan yang ada mungkin akan membuat kita sedih, terluka, marah atau menyesal, dan justru menghambat kita untuk memulai hubungan yang baru. 

Akan tetapi perlu diingat, kunci untuk memulai sesuatu yang baru adalah dengan bertemu dengan orang baru. Oleh karena itu, perlahan coba buka hatimu untuk memberi ruang bagi mereka yang memang ingin serius menjalani hubungan dengan dirimu. Kubur semua kenangan mantan itu.

Baca jugaAwas, 5 Hal Ini Tidak Boleh Ditoleransi dalam Hubungan


2. Bebas tentukan pilihan

Kamu pernah dengar istilah bibit, bebet dan bobot? Mungkin ini yang sering dikatakan orang tua untuk menilai apakah pasangan kita tepat atau tidak. Bahkan karena standar ini, tidak sedikit orang tua yang menjodohkan anaknya agar mendapat pasangan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Walaupun terkadang tidak ada salahnya mengikuti standar orang tua, tetapi kamu berhak menentukan pilihan yang akan mendampingi kamu hingga akhir hayat nanti. Sebab, yang menjalani hidup dan menciptakan kebahagiaab kamu, ya kamu sendiri. Dan kamu pasti bisa menilai apakah doi orang yang tepat atau tidak. Masalah keuangan, toh bisa dibangun bersama saat menjalani rumah tangga nanti. 

Baca juga: Filosofi Bibit Bobot Bebet Kini Tak Lagi Jadi Prioritas, Kok Bisa?


3. Bebas untuk bilang tidak

Dalam menjalani hubungan, pendapat pasangan saat mengambil keputusan sangat diperlukan. Kamu berhak berkata tidak atau kurang sependapat dengan pasangan. Jangan karena merasa tidak enak hati, kamu nurut saja, dan ujung-ujungnya menyesal. 

Dengan bilang ‘tidak’, kamu juga bisa membangun rasa percaya diri, bikin merasa lebih powerful, dan punya kontrol sama kehidupan kamu.
          

4. Bebas untuk menunjukan dan mengekspresikan diri

Setiap orang memiliki keunikan dan orisinalitasnya tersendiri. Oleh karena itu, setiap orang punya kebebasan untuk mengekspresikan dirinya selama tidak merugikan orang lain. 

Hal ini juga yang kamu butuhkan lho untuk membuat perjalan cinta kamu lebih lancar. Karena pada akhirnya, orang yang benar-benar sayang sama kita pasti akan menerima kita apa adanya.


5. Bebas dari social pressure

Ada banyak sekali pressure dari lingkungan sekitar tentang suatu hubungan. Misalnya menikah sebelum usia 30 tahun. 

Terlalu mendengar omongan orang, akhirnya membuat kita terpaksa berada dalam hubungan yang kurang sehat. Padahal, kita harus tahu bahwa kita punya kebebasan untuk menentukan hubungan kita.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Klamby Buka Gerai Modest Fashion Terbesar di Indonesia

BERIKUTNYA

Hasil Kunjungan Luhut ke China, Kemenkes Rilis BGSi yang Bisa Deteksi Potensi Virus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: