Ada beberapa hal yang tidak boleh ditoleransi dalam hubungan (Sumber gambar: Vera Arsic/Pexels)

Awas, 5 Hal Ini Tidak Boleh Ditoleransi dalam Hubungan

20 June 2022   |   20:32 WIB

Saat menjalin hubungan, terkadang kita kerap menoleransi berbagai perlakuan yang dilakukan pasangan. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang sepatutnya tidak ditoleransi dalam sebuah hubungan. Dengan berbagai alasan, seseorang yang tidak menghargai pasangannya akan bersikap semaunya.

Meski sudah menjadi pasangan, pada dasarnya manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Sayangnya, terkadang cinta mengaburkan tanda-tanda bahwa kalian berada dalam hubungan yang buruk. Padahal, kalian berhak untuk mendapatkan perlakuan yang baik dari pasangan.

Agar kalian tidak terjebak dalam hubungan yang toxic atau beracun, berikut adalah 5 hal yang tidak boleh ditoleransi dalam hubungan seperti dilansir dari Pinkvilla, Senin (20/6/2022).

Baca jugaYuk Jaga Hubungan Suami Istri dengan Rumus Matematika Cinta


1. Mendominasi

Sikap mengontrol terhadap seseorang bisa merusak kepercayaan diri sekaligus menjatuhkan, baik secara pribadi maupun di depan umum. Biasanya, pasangan yang mendominasi akan mencoba menyoroti kekurangan dan membuat kalian merasa bersalah karena keberadaan diri kalian.

Mereka akan berusaha mengendalikan sesuai dengan selera dan keinginan mereka, termasuk selalu ingin mengetahui keberadaan kalian.
 

2. Suka menyalahkan

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah ketika pasangan mulai meragukan hal-hal yang telah kalian katakan atau lakukan dengan mengklaim bahwa hal itu tidak terjadi. Mereka biasanya akan berusaha untuk mendapatkan kekuasaan dan pengaruh atas diri kalian dengan memutar balikkan fakta, dan memaksa kalian untuk balik mempertanyakan penilaian dan pandangan kalian.

Baca juga4 Cara Meningkatkan Hubungan Pasangan ala Wedding Agreement The Series
 

Ilustrasi pasangan yang tidak harmonis (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

Ilustrasi pasangan yang tidak harmonis (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)


3. Melecehkan secara emosional dan verbal

Kalian juga tidak boleh menoleransi jika pasangan sudah menakut-nakuti, mengontrol atau mengisolasi kalian sebab hal itu termasuk dalam pelecehan emosional. Mereka biasanya akan menggunakan berbagai cara termasuk berkata-kata untuk memanipulasi, mengancam dan mempertahankan kendali atas diri kalian.


4. Tidak menghargai

Pasangan yang baik sudah sepatutnya saling menghormati, keinginan, kebutuhan dan batasan yang kalian buat. Jika pasangan terus-menerus melewati batas dan tidak mau membahas batasan tersebut, besar kemungkinan bahwa kehadiran kalian tidak diinginkan dan bisa berubah menjadi kasar jika kalian terus melakukan hal yang tidak disukainya.


5. Membatasi

Sikap menyudutkan juga tidak boleh ditoleransi dari pasangan dan biasanya ditandai dengan sikap over protective dengan siapa kalian menghabiskan waktu. Kalian akan merasa terisolasi karena tidak bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Jika kalian bertahan dalam hubungan beracun seperti ini, lama kelamaan hal itu akan membuat kalian merasa rendah diri dan berdampak pada kesehatan mental. 


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Geram dengan Tuduhan Bullying, Agensi Nam Joo-hyuk Ambil Jalur Hukum

BERIKUTNYA

Yuk Intip Desain Bus yang Disulap Jadi Rumah Mewah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: