Hari Kucing Internasional diperingati setiap 8 Agustus (Sumber gambar: Inge Wallumrod/Pexels)

Diperingati Setiap 8 Agustus, Begini Sejarah & Cara Merayakan Hari Kucing Internasional

08 August 2022   |   13:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika kalian punya kucing di rumah, peluk dan manjakan mereka lebih lagi untuk hari ini. Pasalnya, International Cat Day atau Hari Kucing Internasional diperingati pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya menghormati dan menghargai kucing.

Hari Kucing Internasional pertama kali diperingati pada 2002 yang digagas oleh organisasi International Fund for Animal Welfare (IFAW) atau Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan. Melansir dari Firstpost, Senin (8/8/2022), peringatan ini dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran kolektif pentingnya menghormati dan menghargai kucing.

Selain itu, peringatan ini juga dibuat untuk menyoroti metode tentang melindungi kucing dari pelecehan. Pada 2020, pelaksanaan peringatan Hari Kucing Internasional mulai dikelola oleh International Cat Care atau Perawatan Kucing Internasional, sebuah organisasi  nirlaba asal Inggris yang telah bekerja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing domestik di seluruh dunia sejak tahun 1958.

Baca Juga : Dari Mengeong hingga Menggeram, Kenali 7 Jenis Suara Kucing & Artinya

 


Tahun ini, Hari Kucing Internasional mengangkat tema "Cat Friendly Resources" atau yang berarti sumber daya ramah kucing. Melansir dari laman icatcare.org, tema ini diusung untuk mengajak masyarakat dunia memastikan bahwa mereka menyediakan kucing dengan sumber daya penting yang mereka butuhkan untuk tetap sehat secara fisik dan mental dengan cara yang ramah kucing. Beberapa hal yang dimaksud dengan sumber daya ramah kucing diantaranya tempat yang aman, bepergian, komunikasi lewat aroma, toilet, makanan dan bermain.

Hari Kucing Internasional sendiri memiliki makna yang cukup penting, khususnya bagi pecinta kucing. Pasalnya, tidak semua kucing cukup beruntung untuk diadopsi dan tinggal di rumah yang nyaman, tidur di bantal empuk, dan mendapatkan makanan enak. Ada banyak kucing liar yang tidak diperlakukan dengan baik dan bahkan mengalami pelecehan. 

Baca Juga : Mitos & Fakta tentang Kucing yang Banyak Orang Salah Paham 

Oleh karena itu, peringatan semacam ini menjadi penting bukan hanya bagi pecinta kucing, tetapi semua pecinta hewan sejati. Hari Kucing Internasional adalah kesempatan besar bagi mereka yang ingin melindungi dan memberikan kenyamanan bagi makhluk yang juga disebut anabul ini.

Buat kalian yang menyukai kucing atau memiliki kucing di rumah, berikut adalah beberapa cara seru merayakan Hari Kucing Internasional.
 

1. Mengadopsi Kucing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Hari Kucing Internasional dibuat untuk menjaga dan melindungi kucing dari perbuatan pelecehan. Oleh karena itu, pada peringatannya kali ini, tak ada salahnya kalian mengadopsi kucing-kucing liar di jalanan atau dari manapun sebagai peliharaan di rumah, agar mereka bisa hidup dengan lebih layak.
 

2. Menjadi Relawan Kucing

Jika kalian tidak dapat mengadopsi kucing saat ini, menjadi sukarelawan di penampungan hewan juga bisa menjadi pilihan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti bermain dengan anabul, memberi mereka makanan, membersihkan kandang dan kotak pasir, hingga memanjakan kucing yang membuat mereka nyaman dengan kehadiran kalian.
 

3. Perawatan Kucing

Hari spesial kucing ini juga bisa dirayakan dengan cara melakukan perawatan ekstra pada anabul, agar kebersihan dan kesehatan mereka tetap terjaga. Jika perlu, bawa kucing ke salon hewan untuk memanjakan mereka dengan perawatan terbaik.
 

4. Berikan Makanan & Mainan Favorit

Satu hal yang tentunya menarik untuk dilakukan di Hari Kucing Internasional ini juga adalah memberikan makanan dan mainan favorit untuk anabul. Pastikan hari ini mereka dimanjakan dengan panganan yang enak, juga mainan yang menyenangkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Manjakan Diri, Berlibur sambil Menikmati Karya Seni Digital di Hong Kong

BERIKUTNYA

Wawancara Lixil Water Technology: Air, Teknologi, dan Isu Keberlanjutan 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: