Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Paul Hanaoka dari Unsplash)

Ikuti 6 Langkah ini Agar Kucing Kalian Betah di Rumah

13 July 2021   |   14:40 WIB

Saat memutuskan untuk merawat seekor kucing sebagai peliharaan, Genhype tentu harus mempersiapkan berbagai hal mulai dari makanan kucing, mainan untuk kucing, hingga kelengkapan lainnya yang diperlukan untuk membuat anabul nyaman dan betah di dalam hunian.

Tapi, jangan lupa juga selain menyiapkan peralatan yang menunjang, keamanan di rumah juga harus semakin ditingkatkan. Alasannya adalah untuk keselamatan kucing dan menjaga barang-barang di rumah agar tetap aman. Yuk coba 6 tips ini agar Genhype bisa memiliki rumah yang aman dan nyaman bersama kucing kesayangan!

1. Pastikan jendela, pintu, atau jalur keluar aman dan rapat
 

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. cmophoto.net dari Unsplash)

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. cmophoto.net dari Unsplash)

Untuk mencegah kucing milik Genhype mengalami cedera akibat melompat dari satu tempat tertentu, pastikan jendela, balkon, dan pintu tertutup dengan rapat. Ini perlu dilakukan mengingat kucing adalah hewan yang punya rasa ingin tahu yang tinggi dan alami.

2. Siapkan ruang khusus
 

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Bärbel Kobus dari Unsplash)

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Bärbel Kobus dari Unsplash)

Ketika seekor kucing sedang dalam masa pembiasaan diri dengan lingkungan baru, sangat penting bagi Genhype untuk menyiapkan ruang khusus, supaya mereka terbiasa dan bisa menyendiri. Ruang ini bisa sesimpel kardus yang diberi handuk.

Sekali pun kucing Genhype sudah terbiasa dengan lingkungan ini, ruang khusus ini tetap harus disiapkan jika kucing merasa adanya kehadiran tamu yang tidak dikenal atau adanya gangguan yang keras.

3. Buat tempat untuk memanjat
 

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Erda Estremera dari Unsplash)

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Erda Estremera dari Unsplash)

Karena karakteristik kucing yang suka memanjat, coba buat beberapa kabinet kecil atau rak yang bisa dijadikan sebagai tempat kucing untuk mengeksplorasi rumah, berolahraga, dan membantu memisahkan ruang teritori jika memiliki lebih dari satu kucing.

4. Berikan sesuatu yang bisa dicakar
 

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Daniel Zopf dari Unsplash)

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Daniel Zopf dari Unsplash)

Mencakar barang merupakan salah satu cara kucing untuk melepaskan stres, di mana mereka akan mencakar tempat mana pun yang bisa dicakar termasuk furnitur dan pintu. 

Karena itu, siapkan beberapa papan bergelombang, tiang khusus mencakar, atau karpet penggaruk yang membuat mereka lebih tertarik mencakar di sana ketimbang harus mencakar di perabotan rumah.

5. Hindari tanaman yang beracun bagi kucing
 

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Josh Couch dari Unsplash)

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Josh Couch dari Unsplash)

Tahu enggak kalau beberapa tanaman di rumah sebenarnya beracun bagi kucing? Sebut saja monstrea, lidah buaya, hingga tanaman peace lily merupakan sebagian tanaman yang masuk ke dalam kategori ini. 

Jika Genhype ingin memasang tanaman di rumah, pastikan dulu bahwa tanamannya aman bagi anabul ya!

6. Rapikan kabel yang longgar dan objek lain yang mengganggu
 

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Yuliya kota dari Pexels)

Ilustrasi kucing di rumah. (Dok. Yuliya kota dari Pexels)

Dalam beberapa situasi, ada beberapa kebiasaan kucing yang buruk ketika berada di rumah seperti mengunyah atau merusak kabel. Inilah mengapa penting untuk Genhype agar bisa melindungi kabel-kabel di rumah dengan lapisan pelindung khusus dan merapikannya agar tidak mengganggu kucing.

Sementara itu, hindari juga meletakkan beberapa barang pecah belah seperti kaca dan keramik di tempat yang sulit dijangkau karena akan rentan mengenai kucing atau tersenggol dari ketinggian tertentu.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Wow, Sketsa Mungil Leonardo da Vinci Terjual Senilai US$12,2 Juta

BERIKUTNYA

Wow, Make A Wish (Birthday Song) NCT U Cetak Rekor 200 Juta Tontonan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: