Ilustrasi kucing peliharaan (dok: Unsplash/Yerlin Matu)

3 Penyebab Kucing Kalian Selalu Mengeong

05 August 2021   |   13:24 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang memelihara kucing, mungkin pernah menemukan kondisi saat kucing kalian tak berhenti mengeong seperti sedang memanggil sesuatu atau mencari perhatian.  Tidak hanya di pagi atau siang hari, kondisi seperti itu bisa saja terjadi di malam hari yang tentu saja bakal mengganggu waktu istirahat kalian. 

Tentu saja, ada sesuatu yang ingin disampaikan oleh kucing kalian kepada kalian, atau mungkin kucing-kucing lainnya yang ada di sekitar kandangnya. Kucing yang mengeong terus menerus menandakan banyak hal, tak melulu kucing tersebut dalam bahaya atau sedang dalam kondisi ketakutan.

Namun intinya, mengeong terus menerus adalah salah satu cara yang dilakukan oleh kucing untuk mendapatkan perhatian. Bisa saja dia sedang merasa kesakitan atau tidak nyaman. Tentunya perlu kalian pastikan dengan cara mengamati kondisi sekitar dan kapan kucing tersebut mengeong terus-menerus.

1. Lapar

Jika dia mengeong ketika makan, mungkin giginya sakit atau sulit menelan makanan. Ketika dia mengeong di toilet, bisa jadi dia sembelit, atau susah buang air kecil. Apabila kalian khawatir dengan kondisi kucing kalian bawalah dia ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Kucing mengeong terus menerus bisa saja  karena dia lapar. Agar kalian tak bingung, cobalah ikuti petunjuk cara memberi makan kucing pada kemasan makanannya untuk menentukan waktu makan yang tepat atau tinggalkan makanan kering sebagai cemilannya sepanjang hari. 

Berilah makan kucing kalian pada waktu yang sama setiap hari. Dia akan terbiasa dengan jadwalnya, sehingga dia tidak perlu lagi mengingatkan kalian dengan mengeong tanpa henti.

2. Stres atau Bosan

Kucing yang sedang stres atau biasanya akan mengeong tanpa henti. Jika kondisi tubuhnya terlihat baik-baik saja dan tidak ada hal yang membuatnya ketakutan di sekitar tetapi dia tak berhenti mengeong, bisa dipastikan kucing kalian sedang stres atau bosan. 

Ajaklah dia bermain dan berikan perhatian lebih kepada kucing kalian agar dia tak stres dan bosan.Terlalu sering mengeong juga jadi pertanda bahwa dia ingin sekali untuk diperhatikan, jadi segera mengelusnya untuk memberikan perhatian.

Biarkan dia duduk dipangkuan ketika kalian sedang bersantai, dan selalu luangkan waktu untuk bermain bersama. Kalian juga bisa memberikannya mainan yang bisa dimainkan ketika kalian sibuk dan tak sempat mengajaknya bermain.

3. Ingin Keluar

Kucing kalian mengeong terus menerus bisa juga karena ingin keluar dari ruangan. Solusinya  pasanglah pintu khusus kucing di pintu rumahmu.

Latih kucingmu untuk menggunakannya dan pastikan juga pintu khusus itu aman digunakan oleh kucingmu. Pastikan juga tidak ada celah di pagar rumah kalian yang bisa digunakan kucing untuk keluar atau kabur.

Terakhir, ketika kucing telah mendapatkan apa yang diinginginkan tapi dia terus membuat keributan, cara terbaik adalah hiraukan dia. Jika kalian menyerah, kalian hanya akan memanjakan dan dia akan semakin mengeong.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Moda Transportasi ini Jadi Andalan Pemerintah untuk Distribusikan Oksigen

BERIKUTNYA

Percepat Vaksinasi, Perusahaan Ini Sediakan Lebih Dari 76.000 Dosis Vaksin Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: