Film Pengabdi Setan 2: Communion (Sumber gambar: Rapi Films)

Tembus 700.000 Penonton Hari Pertama Rilis, Pengabdi Setan 2: Communion Masuk 10 Besar Film Terlaris 2022

05 August 2022   |   16:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Pengabdi Setan 2 : Communion telah mendapatkan penonton sebanyak lebih dari 700.000 pada hari pertama penayangannya di bioskop. Pencapaian ini berkali-kali lipat lebih tinggi dari pencapaian film pertamanya, Pengabdi Setan yang rilis pada 2017 lalu. 

Sutradara film Joko Anwar, melalui akun media sosial Twitter @jokoanwar, menuliskan bahwa Pengabdi Setan 2017 dahulu hanya memiliki 97.000 penonton pada hari pertama penayangan di seluruh bioskop di dalam negeri.
 

“Sekarang [Pengabdi Setan 2: Communion] 700.000 lebih,” katanya.


Baca Juga : Review Pengabdi Setan 2 : Communion, Horor Mencekam dengan Sinematik Ciamik 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar)



Joko Anwar mengunggah jumlah penonton film Pengabdi Setan 2: Communion yang dirilis pada 4 Agustus 2022 di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mencapai angka 701.891 orang. Dia pun berterima kasih kepada para teman untuk doa dan dukungannya.

Dia juga menyebut bahwa jalan film sekuel Pengabdi Setan itu masih memiliki jalan panjang di belantika layar lebar Tanah Air. Dia berharap karya sinematik tersebut dapat diputar dalam waktu yang lama di bioskop-bioskop di dalam negeri.

Dilansir dari laman filmindonesia.or.id, pencapaian film Pengabdi Setan 2: Communion yang berhasil mencatatkan jumlah penonton sebanyak 701.891 orang membuatnya masuk dalam daftar 10 besar film terlaris Indonesia pada hari pertamanya.

Film Pengabdi Setan 2: Communion ini berhasil mengungguli sejumlah film lain rilisan tahun ini, seperti Gara-gara Warisan yang mencatatkan jumlah penonton sebanyak 574.830 orang; Menjelang Maghrib sebanyak 556.193 penonton; Teluh sebanyak 500.039 penonton; dan Iblis dalam Kandungan yang mencatatkan penonton sebanyak 494.896 orang.

Dengan asumsi tarif tiket nonton bioskop sebesar Rp50.000 – Rp 150.000, maka perkiraan pendapatan kotor film Pengabdi Setan 2: Communion mencapai Rp35,1 miliar – Rp105,3 miliar pada hari pertama penayangannya.

Baca Juga : Uji Nyali di Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion, Rumah Susun yang Terbengkalai 15 Tahun 

Terkait dengan ulasan dari para penggemar dan kritikus dalam laman IMDb, film Pengabdi Setan 2: Communion mendapatkan rating 7,8 dari 10 dengan 159 pengulas. Dari total pengulas, sebanyak 46 pengulas atau 28,9 persen memberikan rating 10.

Sementara 37 pengulas atau 23,3 persen memberikan rating 9. Adapun pemberi rating 8,7, dan 6 masing-masing sebanyak 18,9 persen dengan 30 pengulas, 15,7 persen dengan 25 pengulas, dan 7,5  persen dengan 12 pengulas.

Akun andrewchristianjr, dalam IMDb.com, menuliskan bahwa kualitas cinematography dan scoring film Pengabdi Setan 2: Communion tidak perlu dipertanyakan lagi. Menurutnya, film tersebut Luar biasa.

“Penonton tidak hanya akan menjerit ketakutan, tapi juga sesekali tertawa oleh karakter didalamnya,” katanya.

Dia menuturkan yang lumayan mengganggu dari film tersebut adalah dari dari segi cerita. Menurutnya, cerita film Pengabdi Setan 2: terlalu bertele-tele, penggunaan jump scares yang berlebihan lantaran terlalu repetitif, dan berasa di wahanya jumpscare rusun berhantu.

Baca Juga : Teror Ibu Dimulai, Cek 7 Fakta Menarik Film Pengabdi Setan 2: Communion 

Dia menilai teka-teki yang ada di film Pengabdi Setan yang rilis pada 2017 silam belum terjawab di film Pengabdi Setan 2 : Communion walaupun akar masalahnya sudah tersampaikan dengan baik. Teka-teki itu, tulisnya, bahkan bertambah. “Mungkin sengaja untuk penggarapan PS 3[Pengabdi Setan 3],” katanya.

Sementara akun pasaribuharisfadli menuliskan film ini pada dasarnya adalah pengulangan pendahulunya dengan pengaturan yang berbeda. Suasana dan penumpukan antisipasi mengagumkan. Namun, alur aksi cenderung menyeret dan berulang. Seperti kebanyakan film Joko Anwar, lanjutnya, babak ini agak setengah matang dan antiklimaks.

Akun bayuvevo menuliskan sangat suka dengan film Pengabdi Setan 2: Communion. Menurutnya, sang sutradara berhasil melakukannya lagi, dan bahkan lebih baik. Namun, film yang kedua ini tidak akan pernah menjadi ikon seperti yang pertama.

“Jelas bukan 10/10 tetapi harus menonton, itu lebih besar, lebih menakutkan dan lebih baik,” tulisnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Rayakan 77 Tahun Indonesia, Tonton 11 Film Bertema Pahlawan & Perjuangan Kemerdekaan

BERIKUTNYA

NIKI Merilis Single High School in Jakarta, Cerita Drama Khas Anak SMA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: