Top Gun Maverick (Sumber gambar reproduksi IMDB)

Inilah 5 Film Terlaris Dunia Sepanjang 2022

04 August 2022   |   18:45 WIB

Film aksi pilot pesawat tempur Top Gun: Maverick yang dibintangi oleh Tom Cruise mampu menjadi film paling laku di dunia yang diedarkan pada tahun ini hingga awal Agustus 2022 dengan pendapatan secara global sebesar US$1,32 miliar dan menduduki peringkat 16 film terlaris sepanjang masa, berdasar Box Office Mojo.

Film yang sudah 10 pekan tayang di bioskop Amerika ini juga masih menduduki peringkat kelima di tangga box office dengan perolehan tambahan sebesar US$$8,2 juta pekan ini.
 

Saat ini, film tersebut telah menempati posisi 9 film laris sepanjang masa di AS, dengan pendapatan total US$653 juta dan diyakini mampu mencapai peringkat tujuh dengan menggeser Jurassic World yang berpenghasilan kotor US$653,4 juta dan Titanic US$659 juta, pada akhir pekan depan.

Top Gun: Maverick yang merupakan sekuel dari film Top Gun tahun 1986, disutradarai oleh Joseph Kosinski dan ditulis oleh Ehren Kruger, Eric Warren Singer, dan Christopher McQuarrie, dari cerita oleh Peter Craig dan Justin Marks.
 
Selain dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Kapten Pete "Maverick" Mitchell, sejumlah artis juga meramaikan film tersebut, seperti Miles Teller, Jennifer Connelly, Jon Hamm, Glen Powell, Lewis Pullman, Ed Harris, Monica Barbaro, dan Val Kilmer.

Film ini berkisar soal penerbang top Angkatan Laut, Pete "Maverick" Mitchell (Tom Cruise) yang setelah lebih dari 30 tahun menjadi instruktur detasemen, kini berkesempatan untuk menyiapkan misi khusus yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
 
Maverick bertemu LT. Bradley "Rooster" Bradshaw (Miles Teller), putra mendiang teman Maverick,  LT. Nick "Goose" Bradshaw yang meninggal saat berlatih bersama Maverick pada film Top Gun sebelumnya. Goose merupakan sahabat Maverick dan meninggalnya Goose sempat membuatnya tertekan.
 
Saat tahu anak didiknya adalah Rooster, membuat Maverick menghadapi kekhawatiran dan terjebak dalam konfrontasi dengan ketakutan terdalamnya sendiri, yang berpuncak pada misi yang menuntut pengorbanan terakhir dari mereka yang akan dipilih untuk misi penerbangan  pesawat.

Film terlaris kedua tahun ini ditempati kisah jagoan Marvel Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang telah meraup US$954,8 juta secara global dan sebesar US$411,31 juta untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada dan menduduki peringkat 34 film terlaris sepnjang masa di pasar tersebut.
 

Disutradarai oleh Sam Raimi dari naskah yang ditulis oleh Michael Waldron, film Doctor Strange in the Multiverse Madness mengikuti kisah Doctor Strange dan sekutunya melakukan perjalanan ke multiverse untuk menghadapi musuh baru.

Film ini akan menampilkan kisah Doctor Strange yang mencari bantuan dari para sekutunya yakni Master Wong, Sorcerer Supreme dan akhirnya berseteru dengan karibnya di Avengers, Wanda Maximoff.

Dalam kondisi tersebut, ada ancaman mengerikan yang membayangi umat manusia dan seluruh alam semesta yang tidak lagi dapat dilakukan hanya dengan kekuatan mereka sendiri, termasuk ancaman terbesar di alam semesta yang ditampilkan pada film Doctor Strange sebelumnya.

Baca juga: Inilah 5 Film Remake Terlaris

Selain dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai karakter utama Doctor Strange, film ini juga dibintangi oleh Elizabeth Olsen, Chiwetel Ejiofor, Benedict Wong, Xochitl Gomez, Michael Stuhlbarg, Rachel McAdams, Patrick Stewart dan Mark Anthony Brighton.

Film laris berikutnya adalah Jurassic World Dominion yang meraup US$954,8 juta di pasar global dan US$$$370,1 juta di pasar Amerika Utara dan menempati posisi ke-51 film terlaris sepanjang masa di pasar tersebut. Hasil ini masih di bawah perolehan pendahulunya, yaitu Jurassic World yang saat ini menduduki peringkat 8 sebesar US$653,4 juta dan Jurassic World: Fallen Kingdom yang di posisi 31 dengan perolehan US$417,7 juta.
 

Jurassic World Dominion disutradarai oleh Colin Trevorrow dan dibintangi oleh Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Laura Dern, Jeff Goldblum, Sam Neill, DeWanda Wise, Mamoudou Athie, BD Wong, dan Omar Sy., Film ini merupakan film ketiga dan terakhir dalam trilogi Jurassic World, atau film keenam dalam franchise Jurassic Park.

Film ini mengisahkan peristiwa empat tahun setelah Fallen Kingdom, dan dinosaurus sekarang hidup berdampingan dengan manusia di seluruh dunia dan terjadinya konspirasi oleh perusahaan genomik Biosyn dengan menciptakan belalang purba untuk menguasai bisnis benih pangan dunia.

Film terlaris keempat ditempati jagoan DC Comic, The Batman yang meraup US$770,8 juta di pasar global dan US$369,3 juta di pasar Amerika Utara.
 

Film karya sutradara Matt Reeves, yang juga menulis skenario dengan Peter Craig ini dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne/Batman, bersama Zoë Kravitz, Paul Dano, Jeffrey Wright, John Turturro, Peter Sarsgaard, Andy Serkis, dan Colin Farrell.

Baca juga: Inilah 5 Film Komedi Terlaris Sepanjang Masa

Film ini berkisah tentang Batman yang berupaya mengungkap korupsi di Kota Gotham saat mengejar The Riddler (Paul Dano), seorang pembunuh berantai yang menargetkan orang elit di Gotham.

Adapun posisi kelima ditempati si mahluk kuning mungil penggemar pisang, Minions: The Rise of Gru yang meraup US$718,9 juta di pasar global dan US$324,4 juta di pasar Amerika Utara.

Sekuel Minions ini merupakan film komedi animasi komputer yang diproduksi oleh Illumination dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Disutradarai oleh Kyle Balda, menampilkan pengisi suara Steve Carell sebagai Gru dan Pierre Coffin sebagai Minions, serta didukung oleh Taraji P. Henson, Michelle Yeoh, RZA, Jean-Claude Van Damme , Lucy Lawless, Dolph Lundgren, Danny Trejo, Russell Brand, Julie Andrews, dan Alan Arkin.

Film ini mengisahkan masa kecil Gru pada saat awal mengenal dunia kejahatan dan ingin eksistensinya sebagai tokoh villain diakui dunia.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Morbiditas Tinggi, Perki Hadapi Sejumlah Tantangan Tanggulangi Penyakit Kardiovaskular

BERIKUTNYA

Begini Strategi Fesyen Olahraga Muslim Noore Sport Berjuang Kala Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: