(Sumber gambar: Les Intouchables/dw)

Inilah 5 Film Komedi Terlaris Sepanjang Masa

21 April 2022   |   11:33 WIB

Film komedi menjadi salah satu film yang digemari oleh sebagian masyarakat. Film yang mengundang gelak tawa ini dirasakan sebagai obat yang pas untuk mengusir kesedihan, kepenatan dan kegundahan lainnya. Melalui kelucuan yang ditampilkan, penonton akan terhibur dan melupakan masalah walau sesaat.

Film komedi kebanyakan beranggaran lebih rendah bila dibandingkan dengan film aksi. Namun demikian, banyak film jenis ini yang mampu menembus boxoffice dan meraup pundi-pundi besar saat penayangannya di bioskop.

Berikut ini adalah lima film komedi terlaris sepanjang masa di dunia, berdasarkan laporan The Numbers.

The Hangover Part II
 
The Hangover Part II/IMDB
The Hangover Part II merupakan film komedi yang masuk kategori R-rated dan tayang pada 2011. Diproduksi oleh Legendary Pictures dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures, film ini sekuel  dari The Hangover yang tayang pada 2009.

Film kedua dari trilogi ini disutradarai oleh Todd Phillips, yang menulis naskah bersama Craig Mazin dan Scot Armstrong, film ini dibintangi oleh Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis, Ken Jeong, Jeffrey Tambor, Justin Bartha, dan Paul Giamatti.

Film ini mengisahkan Phil, Stu, Alan, dan Doug saat mereka melakukan perjalanan ke Thailand untuk pernikahan Stu. Setelah pesta bujangan di Las Vegas, mereka tidak secara sengaja mabuk dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Film ini berhasil memenuhi harapan penonton dan menghasilkan pendapatan dari penjualan tiket sebesar US$$586,76 juta secara global.


Ted
 
Ted/IMDB

Ted merupakan film komedi yang tayang pada 2012 dan disutradarai oleh Seth MacFarlane dalam debut penyutradaraannya dan ditulis oleh MacFarlane, Alec Sulkin, dan Wellesley Wild.

Film ini dirilis di bioskop-bioskop di Amerika Serikat pada 29 Juni 2012, dan menjadi hit box office, meraup US$218,66 juta dari pasar AS, kendati anggaran pembuatannya ditaksir ‘hanya’ US$50 juta-65 juta. Secara global film ini menjadi film komedi terlaris kedua sepanjang masa (belum dikonversi) dengan penghasilan US$556,01 juita. 

Film dengan kategori R-rated tersebut dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Mila Kunis, dengan Joel McHale dan Giovanni Ribisi sebagai peran pendukung, dan MacFarlane yang mengisi suara dan melakukan gerakan yang di-capture untuk karakter boneka Ted.

Film ini bercerita tentang John Bennett, seorang lajang warga Boston yang memiliki keinginan sewaktu kecil untuk menghidupkan kembali teman boneka beruangnya, Ted. Keinginan itu terwujud saat John Bennet dewasa tetapi Ted malah mencegah John dan pacarnya Lori Collins melanjutkan hidup mereka.

Film ini masuk nominee di Academy Award untuk Lagu Asli Terbaik dan sempat dibuat sekuelnya yang tayang pada 2015. Sayangnya, film lanjutan ini tidak sesukses film pertamanya.

Meet the Fockers
 
Meet The Fockers/Amazon

Meet the Fockers merupakan film komedi yang tayang pada 2004 dan disutradarai oleh Jay Roach dan merupakan sekuel dari film tahun 2000 Meet the Parents.

Film ini dibintangi oleh Robert De Niro (yang juga merupakan salah satu produser film), Ben Stiller, Dustin Hoffman, Barbra Streisand, Blythe Danner dan Teri Polo.

Film drama komedi ini masih bercerita tentang Greg Focker (Ben Stiller) dan keluarga calon mertuanya. Setelah berhasil mendapatkan restu dari mertuanya, Jack Byrnes (Robert De Niro) untuk menikahi Pam Byrnes (Teri Polo), Greg berencana mempertemukan orangtuanya dengan orangtua Pam.

Orangtua Greg, yakni Bernie (Dustin Hoffman) dan Rozalin Focker (Barbra Streisand), akhirnya datang ke rumah keluarga Byrnes untuk menghabiskan waktu sebelum pernikahan anaknya. Sayangnya pertemuan tersebut tidak sesuai dengan rencana Greg dan malah membuat segalanya berantakan.

Secara finansial, film ini mampu menjadi film sukses secara global ketiga dengan perolehan US$516,56 juta dan akhirnya dilanjutkan lagi dengan film ketiga yang berjudul  Little Fockers yang tayang pada 2010.

Les Intouchables
Les Intouchables atau The Intouchables merupakan film drama komedi Prancis yang ditulis dan disutradarai oleh Olivier Nakache & ric Toledano. Film ini dibintangi oleh François Cluzet dan Omar Sy.

Film ini menjadi film terlaris di Prancis setelah tayang sembilan minggu dan hanya kalah oleh film Welcome to the Sticks yang tayang pada 2008. Film ini juga menjadi film Prancis yang terbanyak ditonton di dunia dengan penjualan tiket sebanyak 51,5 juta, hingga akhirnya tergesar oleh film Lucy yang rilis pada 2014. Secara global Intouchables meraup $484,63 juta dari penjualan tiket.

Di negaranya, film tersebut memenangi Penghargaan César untuk Aktor Terbaik bagi Sy dan meraih tujuh nominasi lebih lanjut untuk Penghargaan César, termasuk Penghargaan César untuk Aktor Terbaik.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata Philippe Pozzo di Borgo dan pengasuhnya Abdel Sellou yang ditemukan oleh sutradara film ini dalam sebuah film dokumenter berjudul A La Vie, A La Mort.

Bruce Almighty
 
BVruce Almighty/IMDB
Bruce Almighty merupakan film komedi fantasi yang dirilis pada 2003 dan disutradarai oleh Tom Shadyac dan ditulis oleh Steve Koren, Mark O'Keefe dan Steve Oedekerk.

Film ini dibintangi oleh komedian Jim Carrey yang berperan sebagai Bruce Nolan, reporter televisi yang selalu merasa kurang beruntung dan terus mengeluh kepada Tuhan (diperankan oleh Morgan Freeman). Akhirnya dia ditawari kesempatan untuk mencoba menjadi Tuhan selama satu minggu. .

Film kolaborasi ketiga Shadyac dan Carrey setelah dii Ace Ventura: Pet Detective pada 1994 dan Liar Liar pada 1997 ini juga dibintangi oleh Jennifer Aniston, Philip Baker Hall dan Steve Carell.
Film ini saat tayang perdana di Amerika Serikat mendapat sambutan luar biasa dengan meraup US$242,70 juta hanya dari pasar AS. Secara global Bruce Almighty berhasil meraup US$484,46 juta.

Keberhasilan ini mendorong dibuatkannya film sekuel spin-off, berjudul Evan Almighty yang rilis pada 2007. Film ini tidak lagi dibintangi Carrey yang posisinya diganti oleh Steve Carell, dengan Shadyac dan Oedekerk kembali menyutradarai dan menulis skenarionya, serta Freeman juga mengulangi perannya.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Jangan Lupa Bawa Toolkit Ini Saat Mudik Bersepeda Motor

BERIKUTNYA

Sega Umumkan Koleksi Game Sonic Origins, Rilis Juni 2022 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: