The Lion King (Sumber gambar: Disney Picture)

Inilah 5 Film Remake Terlaris

12 May 2022   |   19:00 WIB

Banyak film yang dibuat pada masa lalu memiliki  cerita sangat bagus dan sukses secara finansial saat penayangannya. Film tempo doeloe yang memiliki penggemar cukup banyak pada masanya itu telah menarik perhatian sineas untuk dibuat ulang atau dibuatkan versi remake.

Dengan teknologi terkini yang belum ada saat film originalnya dibuat, terkadang film remake berhasil mendapatkan sambutan yang lebih meriah sehingga mendatangkan pundi pundi yang lumayan besar bagi produsennya.

Berikut adalah film remake terlaris sepanjang masa di pasar domestik Amerika Serikat dan Kanada, berdasar pemeringkat film Boxofficemojo.
 

The Lion King


The Lion King merupakan film drama musikal animasi komputer Amerika yang dirilis pada 2019 yang disutradarai dan diproduksi oleh Jon Favreau, ditulis oleh Jeff Nathanson, dan diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Fairview Entertainment.
 
Film ini adalah remake fotorealistik dari film animasi tradisional Disney yang dirilis pada 1994 dengan judul yang sama. Pengisi suara film ini di antaranya Donald Glover, Seth Rogen, Chiwetel Ejiofor, Alfre Woodard, Billy Eichner, John Kani, John Oliver, Florence Kasumba, dan Beyoncé Knowles-Carter, serta James Earl Jones yang mengulangi perannya dari film originalnya.
 
Lion King berkisah mengenai Simba, seekor singa muda yang harus berjuang merebut kembali mahkota kerajaan di suatu Rimba dari pamannya (Scar) setelah ayahnya (Mufasa) mati terbunuh.

Film animasi komputer ini mampu meraup pendapatan dari tiket domestik AS dan Kanada sebesar US$543,63 juta dan menjadi film remake terlaris. Adapun secara global, film ini mampu meraih US$1,66 miliar.
 

Beauty and the Beast


Film Beauty and the Beast buatan 2017 merupakan film remake dari animasi klasik Disney pada 1991. Film ini mengisahkan seorang Pangeran muda, yang dikutuk penyihir dan terpenjara di istananya sendiri dan dirinya pun berubah menjadi mahluk buruk rupa (Dan Stevens), dan hanya bisa dipulihkan apabila bisa menemukan cinta sejatinya. Dan peluang itu muncul dengan kehadiran Belle (Emma Watson), satu-satunya gadis yang pernah mengunjungi kastil sejak dikutuk penyihir.

Film fantasi musikal ini disutradarai oleh Bill Condon dari skenario yang ditulis oleh Stephen Chbosky dan Evan Spiliotopoulos, serta diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Mandeville Films.
 
Adapun film animasinya merupakan adaptasi dongeng karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont. Film ini juga dibintangi oleh Luke Evans, Kevin Kline, Josh Gad, Ewan McGregor, Stanley Tucci, Gugu Mbatha-Raw, Audra McDonald, Ian McKellen dan Emma Thompson.

Film ini menerima tanggapan positif dari kritikus maupun penonton dan telah meraih pendapatan sebesar US$$504 juta di pasar domestik AS dan Kanada dan menempatkannya sebagai film remake terlaris kedua.

Beauty and The Beast juga meraup US$1,273 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film dengan pendapatan kotor tertinggi pada 2017.
 

The Jungle Book


Film drama petualangan Amerika yang rilis pada 2016 dan disutradarai dan diproduksi oleh Jon Favreau, ditulis oleh Justin Marks serta diproduksi oleh Walt Disney Pictures ini merupakan film remake live-action/CGI dari film animasi Walt Disney yang rilis pada 1967 dengan judul yang sama.
 
Dalam film berdasarkan novel karya Rudyard Kipling ini, Neel Sethi memerankan Mowgli, seorang anak manusia yatim piatu yang, bersama dengan sejumlah binatang yang menjadi sahabatnya, memulai perjalanan penemuan diri sambil menghindari harimau kejam, Shere Khan yang mengancam mereka.

Sejumlah artis top terlibat sebagai pengisi suara dan gerakan animasinya, di antaranya Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong'o, Scarlett Johansson, Giancarlo Esposito, dan Christopher Walken.

Favreau, Marks, dan produser Brigham Taylor mengembangkan cerita film sebagai keseimbangan antara adaptasi animasi Disney dan karya asli Kipling, dengan menggabungkan elemen dari keduanya ke dalam film.

Film ini sukses secara finansial dengan meraup US$364 juta sehingga mendapat peringkat ketiga film remake tersukses. Adapun untuk pasar global The Jungle Book meraup US$966,5 juta.
 

I Am Legend


I Am Legend merupakan sebuah film thriller aksi pasca-kehancuran bumi yang dirilis  2007 berdasarkan novel 1954 karya Richard Matheson dengan judul yang sama. Warner Bros. membuat ulang I Am Legend yang originalnya rilis pada  1994.
 
Disutradarai oleh Francis Lawrence dari skenario oleh Akiva Goldsman dan Mark Protosevich, film ini mengisahkan Robert Neville, seorang ahli virus Angkatan Darat AS yang diperankan oleh Will Smith.

Saat itu dunia diambang kehancuran akibat obat yang sejatinya untuk penyembuhan kanker berubah menjadi virus yang membuat orang menjadi semacam zombie dan telah memusnahkan sebagian besar umat manusia.

Neville sebagai manusia terakhir di New York, selain mutan nokturnal, kebal terhadap virus, dan dia bekerja untuk mengembangkan obat sambil membela diri melawan mutan atau zombie yang mengancamnya.

Film ini adalah adaptasi film fitur ketiga dari novel Matheson setelah The Last Man on Earth tahun 1964 dan The Omega Man pada 1971.

I Am Legend dirilis pada 14 Desember 2007, di Amerika Serikat dan Kanada dan mampu meraup US$256 juta, sementara secara global mampu mendapatkan US$585 juta.

Pada tahun ini, terungkap pembuatan sekuel film tersebut, dengan Smith ditetapkan untuk mengulangi perannya sebagai Neville dan ikut memproduseri film tersebut dengan Michael B. Jordan, yang juga akan memiliki peran utama.
 

War of the Worlds


War of the Worlds merupakan film aksi fiksi ilmiah yang rilis pada 2005 dan disutradarai oleh Steven Spielberg dan ditulis oleh Josh Friedman dan David Koepp, berdasarkan novel  1898 karya H. G. Wells dan diproduksi bersama oleh Amblin Entertainment dan Cruise/Wagner Productions.
 
Film ini merupakan remake dari film 1953 dari Paramount Pictures dengan judul yang sama yang saat itu diproduksi oleh George Pal, disutradarai oleh Byron Haskin, dan dibintangi oleh Gene Barry dan Ann Robinson.

Film remake yang dirilis oleh Paramount dan DreamWorks ini dibintangi Tom Cruise sebagai pemeran utama dengan Dakota Fanning, Justin Chatwin, Miranda Otto, dan Tim Robbins, serta narasi oleh Morgan Freeman.

Film ini bercerita mengenai seorang pekerja dermaga Amerika yang bersama anak-anaknya berjuang saat makhluk luar angkasa menyerang Bumi dan menghancurkan kota-kota dengan mesin perang raksasa mereka.

Saat pemutaran di AS dan Kanada film ini mampu meraup US$234,2 juta dan secara global mendapat US$603,8 juta. Selain sukses secara finansial, film ini juga meraih tiga nominasi Academy Awards untuk Efek Visual Terbaik, Pencampuran Suara Terbaik, dan Penyuntingan Suara Terbaik.


Editor: Indyah Sutriningrum


 

SEBELUMNYA

Kenali Penyakit Infeksi Saluran Kemih, Mulai dari Gejala hingga Pencegahan

BERIKUTNYA

Masuk Nominasi MTV Movie & TV Awards, Jung Ho-yeon Akan Bersaing Dengan Peraih Oscar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: