Ilustrasi (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Tips Bikin Konten Promosi Kreatif ala TikTok

21 June 2021   |   19:37 WIB

Genhype, pada zaman ini masihkah ada bisnis yang tidak memanfaatkan platform digital? Setidaknya, bisnis yang baru dirintis kurang dari 5 tahun terakhir pasti punya akun media sosial sebagai saluran promosi digital.
Digitalisasi terus berkembang dan menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional.

Keberadaan platform digital bagi usaha kecil menengah (UKM), khususnya, sangat penting karena para pelaku usaha bisa menjangkau konsumen secara luas dengan mudah dan cepat.

TikTok, platform destinasi video, mengangkat topik pemanfaatan platform digital ini untuk memberdayakan UKM melalui program #MajuBarengTikTok. 

Program ini terdiri dari rangkaian kelas online gratis yang melibatkan para ahli di bidang pemasaran dan kreasi konten untuk memberikan materi yang relevan, agar bisa dimanfaatkan para UKM dalam mengembangkan bisnis.

Sebagai langkah awal memulai pemasaran digital, penting bagi untuk UKM merancang konten yang kreatif, agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima oleh target konsumen dengan kesan menarik. 

Kreativitas brand dan UKM yang sudah bergabung dalam komunitas mendorong TikTok ingin agar semakin banyak pelaku bisnis memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan usaha. 

"Satu hal yang selalu kami sampaikan kepada para pelaku UKM adalah berani mencoba untuk membuat konten pemasaran di TikTok. Authenticity menjadi keunikan platform ini, dan hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas yang ada di TikTok," ujar Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Tips-tips dari para ahli yang menjadi pemateri di program #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membantu para pelaku UKM untuk semakin meningkatkan bisnisnya melalui platform TikTok," 

Berikut adalah tiga tipsnya yang disadur dari Kelas Kreatif #MajuBarengTikTok:

1. Jadikan produk sebagai jawaban untuk masalah yang dihadapi konsumen

 
Jadikan produk sebagai jawaban untuk masalah yang dihadapi konsumen. (Dok. TikTok Indonesia)
Setiap orang pasti berusaha menemukan jawaban atas masalah yang ditemui di kesehariannya. 

Mulai dari jerawat yang membandel, hingga kerak di kamar mandi yang sulit dihilangkan. Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan permasalahan yang biasa dihadapi konsumen tersebut, dengan menjadikan keunggulan atau manfaat produk sebagai jawabannya. 

Hal ini dinamakan sweet spot, yaitu pertemuan antara keunggulan produk dengan pemahaman akan konsumen. 

Untuk dapat menggali lebih banyak insights, pelaku bisnis bisa memosisikan diri sebagai konsumen, dengan memperhatikan perilaku konsumen, seperti kapan mereka menggunakan produk, dimana mereka biasa mendapatkannya, hingga nilai yang mereka cari dari produk tersebut.

Sebagai contoh, produk spons pembersih ini menjawab permasalahan panci kotor yang sering dialami ibu rumah tangga dengan memberikan penjelasan dan tutorial langsung, sekaligus arahan untuk mendapatkan produk tersebut di e-commerce.

 
SEBELUMNYA

World Music Day, Ini Deretan 7 Konser Musik Terbesar di Dunia.. Cek yuk!

BERIKUTNYA

Arah Kopi Buka Outlet Baru Berkonsep Ruang Ekspresi Komunitas Tangerang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: