Spycraft (kiri), Vincenzo, The Sleepover. (Sumber gambar: Netflix)

Mata-mata hingga Agen Rahasia, Intip 5 Rekomendasi Film & Serial Bertema Spionase

02 August 2022   |   09:38 WIB

Like
Salah satu konsep dalam film aksi yang menarik perhatian adalah film-film dan serial bertema spionase, di mana hal ini identik dengan karakter yang hampir selalu memiliki rahasia dan misi yang cenderung berbahaya. Cara kerjanya yang menarik ditambah dengan aksi yang menegangkan membuat film ini menarik perhatian penonton.

Sejumlah film dan serial yang banyak menghadirkan tema ini di antaranya adalah Black Widow (2021), Tenet (2020), Red Sparrow (2018), drama Athena (2010), hingga franchise film Kingsman (2014-sedang berjalan).

Bervariasi dari kisah agen mata-mata yang jadi incaran seorang sosiopat hingga dokumenter tentang kehidupan mata-mata yang sebenarnya, yuk simak lima rekomendasi tayangan bertema spionase.

Baca juga 10 Rekomendasi Film & Serial Netflix Agustus 2022
 

1. Red Notice (2021)


Film aksi bertema agen FBI ini menghadirkan kombinasi aksi yang menegangkan dengan selipan humor dan interaksi yang menghibur. Kisahnya melihat seorang agen FBI bernama John Hartley yang harus bekerja sama dengan penipu ulung bernama Nolan Booth demi menangkap seorang buronan kelas kakap bernama The Bishop. Pengejaran keduanya terhadap buronan tersebut membuat mereka menjelajah berbagai lokasi di dunia yang asyik dan seru.

Baca jugaFilm Red Notice Hadirkan Pertemuan Profiler & Kriminal Penuh Aksi

Disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber, film ini menghadirkan Dwayne Johnson, Ryan Reynolds, dan Gal Gadot sebagai aktor utama. Meski cukup sukses secara komersial dengan lebih dari 288 juta menit tontonan, ulasan film ini bervariasi dari pendapat baik tentang penampilan Johnson dan Reynolds hingga kritik terhadap orisinalitasnya. Rencananya, film ini akan hadir dengan dua sekuel yang akan datang.
 

2. The Gray Man (2022)


Film aksi terbaru yang rilis pada akhir Juli ini diangkat dari novel milik Mark Greaney pada 2009 dengan judul yang sama. Dengan cerita mata-mata ulung dari CIA bernama Court Gentry dengan alias Sierra Six dan The Gray Man, kisahnya akan melihat sang tokoh utama mendadak dikejar mantan rekannya yang sosiopat bernama Lloyd Hansen.

Baca juga5 Alasan Film Aksi The Gray Man Enggak Boleh Terlewat

Kisahnya akan melihat pengejaran membabi buta setelah Gentry tidak sengaja melihat ada rahasia dalam CIA, kemudian kabur dengan bantuan agen Dani Miranda ke berbagai petualangan panjang, mendebarkan, dan penuh risiko. Di saat yang sama, sutradara Joe dan Anthony Russo hadir dengan memberikan keseimbangan pada film ini dengan sajian komedi.

Film ini memiliki jumlah tontonan dengan estimasi lebih dari 88,5 juta jam dalam tiga hari pertama. Sementara itu, aspek kritik film ini menunjukkan respons yang bervariasi dengan ulasan positif pada deretan aktor yang hadir, tapi naskah yang klise dan intensitas yang kurang baik. Film ini akan menghadirkan satu sekuel dan spin-off dalam jagat kisah The Gray Man.
 

3. Vincenzo (2021)


Serial Korea ini menyajikan kisah mafia dengan fokus pada Vincenzo Cassano yang bekerja sebagai pengacara di sebuah kelompok mafia asal Italia. Ketika kembali ke Korea Selatan, dia melakukan berbagai strategi kejam untuk mengalahkan kejahatan serta banyak berpapasan dengan sejumlah mata-mata. Seiring dengan berjalannya waktu, Vincenzo mulai menunjukkan sisi lain yang lebih baik sambil berperang melawan Babel Group yang jahat.

Baca juga6 Tips Rambut Kece ala Karakter Drakor Vincenzo dari Penata Profesional

Serial ini merupakan salah satu yang cukup tinggi dengan 7,7 persen pada episode pertama dan 14,6 persen pada episode terakhir serta populer di kalangan internasional. Beberapa capaian yang didapat adalah Asia Artist Awards keenam, Seoul International Drama Awards 2021, dan lainnya.
 

4. The Sleepover (2021)


Mengusung konsep pencurian, film ini akan melihat dua orang bersaudara bernama Clancy dan Kevin bersama teman-temannya yang bergabung dalam kegiatan menginap di rumah dan terkejut dengan fakta bahwa ibu kedua saudara itu merupakan mantan pencuri kelas kakap.

Suatu malam, sang ibu bernama Margot tiba-tiba diculik oleh Leo, mantan komplotannya saat menjadi pencuri, dan dipaksa untuk melakukan perampokan terakhir, sehingga keempat anak tersebut akhirnya melakukan misi penyelamatan berbekal sejumlah alat canggih.

Film ini dirilis pada Agustus 2020 di Netflix dengan ulasan bahwa film ini mendapatkan respons positif dan negatif dengan skor rata-rata sebesar 6,4/10 sampai 7/10. Ulasan yang beredar menyebut film ini kurang memiliki identitas karena kombinasi aliran serta cenderung membosankan.
 

5. Spycraft (2021)

 

Cuplikan Spycraft. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan Spycraft. (Sumber gambar: Netflix)

Serial dokumenter dari Maria Berry, Jan Spindler, dan Marek Bures ini akan menghadirkan beberapa rincian dari spionase yang digunakan di beberapa negara dari era Perang Dunia I sampai sekarang. Hadir dengan delapan episode, Spycraft menyajikan kisah mendalam tentang mata-mata dari aspek sejarah, sistem kerja, hingga perekrutan dan alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi.

Baca jugaBikin Semangat & Haru, Ini 10 Dokumenter Inspiratif yang Tayang di Netflix

Pengolahan dokumenter ini hadir dengan berbagai wawancara dengan sejumlah mantan agen CIA, terutama dalam bercerita tentang perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap perubahan cara kerja mereka, ditambah dengan berbagai arsip masa lalu.



Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Makanan & Minuman Olahan Buah-Buahan untuk Anak ala Nirina Zubir

BERIKUTNYA

Jangan Takut Vaksin! Efek Samping Covid Arm Tidak Berbahaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: