Coming Soon Komik Weeks 2022 (Sumber gambar:IG/komikweeks)

Yogyakarta Komik Weeks 2022 Akan Digelar

30 July 2022   |   15:28 WIB

Tahun ini, pameran untuk kreator komik kembali digelar di Yogyakarta. Pamaren yang telah sukses digelar dan menyita perhatian para pecinta komik khususnya di Yogyakarta 3 tahun belakangan ini akan kembali hadir pada 2022. Setelah sukses menyelenggarakan acara di tengah pandemi kemarin, nyatanya Yogyakarta Komik Week bisa menarik antusias para komikus, pada saat kebanyakan event lain saat pandemi Covid-19 banyak yang terpaksa tertunda.

Pameran ini akan menghadirkan karya-karya dari komikus undangan dan para pelajar SMA/SMK/SLB sederajat dari berbagai sekolah yang ada di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta Komik Week 2022 dengan nama “Kukuruyug#8” yang akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY, Mulyakarya dan Dana Keistimewaan dalam situs media sosialnya akan digelar pada 2- 4 Agustus di Omah Petroek Kaliurang.

Acara ini akan sangat menarik untuk dikunjungi nanti, karena akan ada banyak hal-hal seru dan kesempatan baru tentunya. Seluruh kalangan pelajar, khususnya se-DIY bisa mengikuti workshop dan lomba komik Kukuruyug#8 ini.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Sri Asih, Karakter Komik Pahlawan Super Wanita Karya RA Kosasih

Tahun ini tema yang ditentukan oleh pihak penyelenggara lebih membebaskan kepada para pelajar akan menggambarkan apa nantinya dengan ketentuan  tidak mengandung unsur sara dalam karyanya. Hal ini menjadi kabar baik bagi seluruh komikus atau pecinta komik untuk turut andil dan tentunya bebas untuk mengekspresikan diri melalui wadah yang telah disediakan ini, yaitu Yogyakarta Komik Weeks 2022 Kukuruyug#8.

Dalam 2 tahun terkahir telah sukses digelar walaupun ditengah-tengah Pandemi Covid-19, harapannya pada tahun ini ini bisa lebih banyak menyita perhatian dan antusias seluruh kalangan masyarakat terutama seperti para seniman, komikus, dan pelajar-pelajar  se-Yogyakarta.

Sebab dengan peraturan yang saat ini sudah benar-benar dilonggarkan untuk bisa menyelenggarakan event atau acara secara langsung, Workshop dan Lomba Komik Kukuruyug#8 menjadi salah satu event yang wajib untuk dikunjungi.

Dengan adanya event seperti ini harus terus di lakukan untuk memperkenalkan dan  upaya dalam mengangkat industri komik di Indonesia. Sebab saat ini perkembangan komik lokal terbilang masih tertinggal jika dibandingkan dengan komik dari negara-negara tentangga seperti Malaysia misalnya.

Keberadaan komik yang masih dipandang dan  dinilai memberikan pengaruh tidak baik, bisa saja kurangnya literasi, narasi, dan informasi terhadap masyarakat luas tentang arti dan tujuan yang terkandung dalam  sebuah karya komik.

Oleh sebab itu wawasan dengan media/wadah seperti Komikweeks menjadi salah satu terobosan strategi untuk lebih mengenalkan komik terhdap masyarakat luas terutama para generasi muda, serta menjadi tempat untuk para seniman komik di Indonesia dalam memperkenalkan karyanya.

Komik sendiri pada dasarnya adalah sumber dari inspirasi seorang komikus dalam menyampaikan sebuah cerita atau berita aktual yang sedang terjadi. Tetapi komik juga bisa dijadikan sebagai wadah atau media pembelajaran bagi generasi muda yang pengemasannya sangat menarik minat untuk membacanya. Komik juga bisa dijadikan sebagai media penyampaian isi yang dituangkan kedalam gambar sederhana, tetapi tetap memiliki makna yang sangat luas dan menggabungkannya dalam pola pikir intelektual dan artistik seni.

Gambar dan beerita yang ada dalam komik menjadi sebuah media pesan yang beragam. Komik yang baik tentunya harus memiliki fungsi yang baik pula, selain memiliki fungsi menghibur sebuah komik juga harus mempunyai sisi yang mengedukasi bagi para pembacanya. Dengan selalu menyelipkan pesan moral yang ingin disampaikan, Nick Soedarso.

Di Indonesia komik sendiri sudah menjadi salah satu media komunikasi yang terbilang mudah dinikmati di seluruh kalangan masyarakat luas, baik tua maupun muda. Kepopuleran komik dikalangan masyarakat luas karena penyampaian dari sebuah cerita yang ingin disampaikan didalamnya bukan hanya teks tetapi terdapat gambar juga didalamnya.

Gambar sendiri menjadi sebuah bahasa yang tergolong universal, sebab mudah untuk dimengerti dan dipahami. Komik juga menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan sebuah pesan yang tentunya beragam, baik dari penyampaian pesan kehidupan sehari-hari bahkan ada yang menjadikan komik sebagai sarana untuk menyampaikan kritik politik yang sedang terjadi d tengah masyarakat seperti yang biasa dijumpai di surat kabar, Nick Soedarso.

Melihat perkembangan komik di Indonesia yang terbilang cukup populer, tetapi sangat jarang wadah ataupun media untuk para seniman komik terutama, seniman komik daerah dan anak muda daerah yang masih bingung untuk unjuk gigi menampilkan karyanya di suatu wadah seperti event-event khusus komikus. Walaupun media sekarang sudah sangat maju tetapi wadah serta kompetisi seperti event juga dibutuhkan oleh komikus, sebab mempunyai rasa tersendiri bagi para komikus.

Baca juga: Mengenal RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia dan Pencipta Karakter Sri Asih

Maka dengan adanya event semacama  komikweeks di Yogyakarta ini menjadi sebuah gerakan event yang harus di apreasi, sebab masih sangat jarang event-event bagi komikus daerah, hal ini patut dicontoh oleh daerah-daerah  lain. Apalagi komikweeks Yogyakarta sendiri juga didukung oleh instansi Pemerintah seperti Dinas Kebudayaan yang mendukung penuh event ini untuk terus berjalan rutin dan konsisten dilaksanakan setiap tahun kedepannya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan karya penulis secara pribadi yang tidak mewakili redaksi Hypeabis.id.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rilis Hari Ini, Cek Spesifikasi 3 Headphone Gaming Sony Seri INZONE

BERIKUTNYA

Film Seoul Vibe Kenalkan Tim Sanggyedong Supreme dalam Teaser Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: