Ilustrasi produk fesyen (Sumber gambar : Freestocks/Unsplash)

Ini Pertimbangan Kaum Muda dalam Membeli Produk Fesyen

29 July 2022   |   16:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Selama masa pandemi, tren belanja produk fesyen mengalami pergeseran. Selain mengikuti trend fesyen dunia dan harga yang kompetitif, saat ini kenyamanan berpakaian menjadi salah pertimbangan kelompok milenial dalam membeli sebuah produk fesyen.

Di samping nyaman, fesyen tersebut juga harus tetap modis sehingga bisa mudah dikombinasikan dan juga dipakai untuk berbagai aktifitas mulai dari bekerja maupun kegiatan kasual. Namun, seiring dengan meredanya kasus Covid-19, masyarakat kembali mencari busana yang dapat digunakan untuk beraktivitas di luar rumah.

Adinda Paramita Pandjaitan, Head of Women and Men Category, Hypefast menyebutkan berdasarkan data dari brand-brand lokal yang berada di bawah naungan Hypefast, ada masa-masa tertentu produk-produk fesyen mengalami peningkatan tetapi ada pula masa saat mengalami penurunan yang cukup signifikan. “Namun, adanya kondisi pandemi membuat masyarakat lebih cost conscious dalam pengeluaran mereka," jelasnya.

Baca jugaSuka Bingung Saat Belanja Online? Kuy Simak Kiat Shopping Hemat & Anti Galau di E-commerce

Karena itulah, selain kualitas dan desain yang sifatnya sustainability, dalam berbelanja produk fesyen, kaum milenial juga masih mempertimbangkan dari sisi harga. Adapun kisaran harga berdasarkan kisaran harga brand-brand yang ada di bawah naungan Hypefast, yakni sekitar Rp150.000 hingga Rp400.000.

Sementara itu, untuk proses transaksi pembelian, kaum milenial yang identik dengan digital savvy ini lebih banyak melakukannya secara online. Namun offline tetap menjadi pilihan karena beberapa dari mereka masih perlu melihat barang fisik sebelum membeli online.

Berangkat dari kondisi tersebut maka Hypefast pun menghadirkan experience store, Etalashe untuk menjawab kebutuhan para kaum milenial tersebut.
Adi Rahardja, Head of Fashion and Lifestyle Shopee Indonesia mengatakan bahwa Shopee masih menjadi  salah satu platform e-commerce pilihan masyarakat Indonesia saat berbelanja karena lebih efektif dan efisien.

Dengan segala kemudahan akses serta adanya eksposur terhadap berbagai gaya fashion yang sedang hangat dan diminati masyarakat Indonesia, perputaran tren fashion pun menjadi semakin cepat.

Menurutnya, kampanye yang sering dilaksanakan oleh Shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya beli kaum milenial. Dia mencontohkan adanya kampanye Shopee 11.11 Big Sale silam, kategori pakaian wanita mendapat antusiasme yang cukup tinggi.

"Kemeja dan Kulot menjadi produk paling favorit," sebutnya. Selain itu, pada kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale 2021, Muslim Fashion menjadi kategori UMKM terfavorit pengguna.

Baca jugaTernyata Ini Jenis Sepatu yang Disukai Generasi Milenial dan Gen Z

Tak hanya kampanye di tanggal-tanggal cantik, Adi mengatakan bahwa kampanye seperti Shopee Fashion Week (SFW) 2021 juga mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari seluruh pengguna di Indonesia. "Hal ini membuktikan bahwa e-commerce masih dan diperkirakan akan terus menjadi salah satu kanal destinasi favorit masyarakat indonesia untuk berbelanja produk kebutuhan fesyen mereka," ujarnya.

Di samping itu, dia juga melihat bahwa para kelompok milenial saat ini cukup antusias untuk membeli berbagai produk fesyen yang dihadirkan oleh brand-brand lokal. Untuk itulah, Shopee juga aktif melakukan kolaborasi dengan menggandeng brand lokal seperti Shopee x Erigo New York Fashion Week dan juga Shopee Java in Paris.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ajak Anak Eksplorasi Kreativitasnya di Ganara Art Studio Yuk Moms, Segini Biayanya

BERIKUTNYA

Konser Boy Group Mirror Dibatalkan Pasca 2 Penari Terluka dalam Kecelakaan Layar Monitor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: