Ilustrasi belanja online (sumber gambar: unsplash)

Suka Bingung Saat Belanja Online? Kuy Simak Kiat Shopping Hemat & Anti Galau di E-commerce

26 June 2022   |   19:42 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Berbelanja secara online saat ini tentu sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi sejak masa pandemi Covid-19, ketika adanya pembatasan sosial hampir semua kebutuhan dipenuhi melalui platform belanja online mulai dari kebutuhan harian rumah tangga (groceries) hingga penunjang gaya hidup kekinian.

Apalagi enggak sedikit platform e-commerce dan marketplace yang menawarkan beragam promo dan kemudahan berbelanja bagi para pelanggannya seperti gratis ongkos kirim, cashback, hingga undian berhadiah yang tentunya makin menarik konsumen untuk berbelanja online.

Namun, saat berbelanja secara online kadang kala kita sering merasa galau, apalagi dengan banyaknya pilihan produk yang disediakan oleh ecommerce atau marketplace tersebut dengan harga terjangkau dan promo menarik lainnya.

Baca juga: Ini 4 Keuntungan Belanja Dapur secara Daring

Nah, biar Genhype ngga galau dan no drama drama saat akan berbelanja online, ada beberapa tips nih yang bisa kalian lakukan.
 

1. Bikin daftar belanja

Daftar belanja membantu kalian menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, dengan budget yang dimiliki sekaligus menghindari kamu membeli barang yang tidak dibutuhkan. Daftar belanja juga membuat kalian bisa fokus mendapatkan penawaran terbaik dari produk-produk yang diincar.

Selain itu, manfaatkan pula fitur langganan, khususnya untuk membeli produk kebutuhan rumah tangga (groceries) yang rutin diperlukan agar mendapatkan harga dan diskon tetap. Dengan demikian, kalian tidak perlu galau untuk memilih barang belanjaan, karena semuanya sudah direncanakan. 
 

2. Cermat pilih opsi pembayaran dan pengiriman

Pilih-pilih jenis pembayaran dan pengiriman saat checkout kadang menguras energi demi menghitung harga terbaik. Kalian bisa memilih pembayaran dengan menggunakan internet banking, e-money, kartu kredit/kartu debit, paylater, hingga opsi pembayaran bank digital.

Tak sedikit e-commerce yang bekerja sama dengan mitra pembayaran sehingga kalian bisa mendapatkan ekstra diskon dan cashback.
 

3. Rajin simak promo seperti brand deals dan flash sale

Salah satu daya tarik belanja di e-commerce rutin menggelar seperti brand deals atau flash sale seperti di Big Pay Day (BPD) yang dapat membuka kesempatan kamu beli barang branded dengan harga kompetitif. Apalagi sejumlah e-commerce juga memberikan jaminan produk 100% orisinal, dengan melakukan kurasi untuk memastikan produk berasal dari original brand principal, distributor, dan reseller.
 

Belanja cerdas

Shopping memang tidaklah semudah kelihatannya. Kegiatan ini juga perlu kecakapan, sehingga seseorang bisa lebih hemat sekaligus mendapatkan produk-produk berkualitas. Nah, untuk itu ada beberapa cara cerdas yang bisa diikuti oleh Genhype supaya kegiatan belanja jadi lebih hemat dan efektif.

Menurut hasil survei ShopBack, tips dan trik para netizen berikut ini dapat membuat Genhype lebih untung.  Apa saja? 
 

1. Coba-coba di periode promo

Beberapa netizen mengatakan, jika ingin mencoba makanan atau merk yang belum pernah mereka coba sebelumnya, atau ingin sekadar belanja iseng-iseng dan self-reward (bukan belanja kebutuhan pokok/penting), mereka akan memanfaatkan promo.

Dengan demikian, barang-barang atau makanan tersebut bisa dicoba di harga termurah. Jika barang atau rasa makanan tak sesuai harapan, paling tidak biaya yang keluar tidak terlalu besar.
 

2. Ketahui harga offline dan harga normal di toko online

Salah satu tips menarik dari para netizen adalah sering-sering memperhatikan harga produk di toko offline dan toko online. Bandingkan harga normal dan harga ketika masa promo.

Semakin mengerti besar tidaknya perbedaan harga, semakin kita paham di mana tempat berbelanja paling tepat. Apakah offline atau online? Jika dibeli online, toko mana yang menawarkan harga paling baik?
 

3. Manfaatkan gratis ongkir

Seorang netizen mengatakan, kalau Anda membeli tiga atau lebih barang dari satu toko yang beratnya melebihi jatah gratis ongkir, coba beli terpisah supaya tetap mendapatkan promo gratis ongkirnya. 
SEBELUMNYA

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Pasokan Setrum pun Tersedia

BERIKUTNYA

4 Macam Kegunaan Kamera Keamanan CCTV, Salah Satunya Ungkap Kejahatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: