Ilustrasi kota di Korea Selatan. (Sumber gambar: Unsplash/Zequn Gui)

5 Destinasi Wisata di Korea Selatan yang Pernah Jadi Lokasi Syuting

24 July 2022   |   12:46 WIB

Destinasi Korea umumnya hadir dengan beragam jenis, mulai dari destinasi alam sampai destinasi hiburan. Beberapa di antaranya ada yang umum dikenal sebagai lokasi syuting untuk beberapa konten, baik konten drama, film, video klip, sampai konten promosi pariwisata.

Beberapa contoh lokasi yang sudah terkenal adalah Pulau Nami yang dikenal sebagai lokasi syuting drama Winter Sonata pada 2002, Pulau Jeju yang dikenal karena menjadi lokasi syuting drama Warm & Cozy serta Our Blues, dan Desa Hanok Bukchon yang dikenal sebagai lokasi syuting drama populer seperti The Heirs, Goblin, dan Hotel del Luna.

Baca juga3 Taman Pelepas Penat saat Liburan ke Korea Selatan

Selain tiga destinasi populer ini, yuk cek beberapa lokasi wisata yang pernah jadi lokasi syuting yang enggak kalah menarik.
 

1. Pasar Gukje


Pasar tradisional yang menjadi lokasi syuting untuk film Ode to My Father ini terletak di kawasan Sinchang-ro, distrik Jung-gu dan awalnya terbentuk setelah Perang Semenanjung Korea sebagai tempat untuk berjualan produk ilegal atau impor. Pasar ini merupakan salah satu yang terbersar di Korea dan dikenal sebagai tempat berjualan produk mesin, dapur, sampai pakaian.

Tidak hanya itu, beberapa makanan yang terkenal di pasar ini adalah dangmyeon atau soun pedas, yubu jeongol atau hot pot tofu goreng, dan ssiat hotteok atau kue isi sirup manis, potongan kacang, taburan gandum, kismis, dan biji-bijian. Ketiga makanan ini merupakan makanan khas kota Busan.
 

2. Desa Bukjeong


Destinasi desa yang menjadi lokasi syuting untuk serial The Sound of Magic dan program televisi Roommate ini merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah di Seongbuk-dong, Seoul. Tempat ini dikenal sebagai salah satu desa daldongnae atau desa yang terletak di kawasan perbukitan terakhir yang sudah ada sejak masa Dinasti Joseon.

Kini, desa tersebut memiliki rumah jadul yang dibangun pada era 1960an sampai 1970an. Pada akhir 2010an, atau sejak 2016, kawasan ini mulai padat dengan berbagai tempat kerja seperti studio desain dan kafe setelah sejumlah seniman muda, desainer, arsitek, sampai aktor teater pindah ke sana.
 

3. Museum Peralatan Pernis Korea

Museum barang-barang pernis atau lacquerware di Itaewon, Seoul ini dikenal sebagai lokasi syuting drama Encounter dan identik dengan lebih dari 300 barang koleksi pribadi berupa najeonchilgi (kerajinan tangan yang terbuat dari cangkang hewan laut) milik direktur museum pertama, Son Hye-won.

Museum ini dianggap menyimpan cagar budaya yang dianggap sebagai barang ikonik dari Dinasti Joseon, di mana najeonchilgi dianggap mulai hilang dari eksistensi. Bahkan, kerajinan yang mengombinasikan kayu itu tercatat sebagai Cagar Budaya Tak Berwujud ke-10 untuk Korea Selatan.
 

4. MakeShop Art Space

Ruang publik untuk seni dan budaya di Munbal-dong, Paju ini mulai dikenal sebagai lokasi syuting untuk drama Business Proposal dan My Roommate is a Gumiho. Lokasinya sendiri masih masuk ke dalam salah satu destinasi Kota Buku Paju dan memiliki beberapa destinasi pendamping seperti galeri seni MakeUp Shop, toko barang seni, kafe Likelike Coffee, dan rumah penerbit Snowfox Books.

Sebagai bagian dari kawasan Kota Buku Paju, beberapa lokasi yang dekat dengan kawasan ini meliputi Penerbit Hangilsa, kafe buku Plumbline (sebelumnya adalah kantor pusat Perusahaan Penerbit Open Books), perpustakaan Hutan Kebijaksanaan, kafe dan toko roti Hesse Boulangerie 152, serta Kafe i-Style.

Baca juga5 Film & Serial Korea Bertema Penyelidikan Hukum
 

5. Taman Danau Seokchon


Taman yang masuk ke dalam kawasan Jamsil-dong dan Sincheon-dong, Seoul ini dikenal dengan nama Taman Songpa Naru dan Danau Jamsil. Masuk ke dalam Rute Bunga Sakura, taman ini dikenal dengan dua danau buatan bernama Songho di timur dan Dongho di Barat dengan pulau buatan Magic Island milik taman bermain Lotte World di tengahnya.

Taman dan danau ini telah mengalami beberapa kali revitalisasi dan desain ulang dengan menghadirkan beberapa destinasi tambahan seperti Kafe Papillion dan Restoran The Dining Lake seiring dengan kepopuleran Lotte World. Menariknya, destinasi ini kadang suka digunakan sebagai lokasi pameran seni terbuka seperti yang pernah dilakukan oleh KAWS pada 2018 dan organisasi FriendsWithYou pada 2016.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Destinasi Staycation di Sentul, Kawasan Wisata Alternatif Bogor

BERIKUTNYA

Marvel Cinematic Universe Fase 6 Kenalkan 3 Film Baru, Ada Film Avengers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: