Marvel Studios memperkenalkan tiga film baru dalam fase enam MCU. (Sumber gambar: Unsplash/Waldemar Brandt)

Marvel Cinematic Universe Fase 6 Kenalkan 3 Film Baru, Ada Film Avengers

24 July 2022   |   17:25 WIB

Marvel Studios akhirnya mengumumkan rincian terbaru mengenai fase keenam dari jagat sinema Marvel Cinematic Universe (MCU) melalui acara San Diego Comic Con (SDCC) 2022 yang kemudian diteruskan ke media sosial resminya, Minggu (24/7/2022). Setidaknya ada tiga film yang dijabarkan sedikit dalam kronologi MCU Fase 6.

Berdasarkan laporan The Verge dan IGN, Marvel merincikan sebagian rencana dari Fase 6 MCU yang dimulai dari film Fantastic Four dan diakhiri dengan dua film Avengers, yaitu Avengers: The Kang Dynasty dan Avengers: Secret Wars. Dengan ini, Fase 6 akan mengakhiri seluruh saga kedua dari MCU yang resmi diberi nama The Multiverse Saga.

Baca juga: Kisah Jennifer Walters dalam Trailer Terbaru Serial She-Hulk: Attorney at Law

Film Fantastic Four akan mulai rilis pada 28 November 2024, lalu dilanjutkan dengan Avengers: The Kang Dynasty pada 2 Mei 2025 dan ditutup dengan Avengers: Secret Wards pada 7 November 2025. Namun, informasi ini belum meliputi beberapa konten lain yang ada dalam Fase 6.
 

Logo Fantastic Four dari Fase 6 Marvel Cinematic Universe (MCU). (Sumber gambar: Marvel Studios)

Logo Fantastic Four dari Fase 6 Marvel Cinematic Universe (MCU). (Sumber gambar: Marvel Studios)

Logo Avengers: The Kang Dynasty dari Fase 6 Marvel Cinematic Universe (MCU). (Sumber gambar: Marvel Studios)

Logo Avengers: The Kang Dynasty dari Fase 6 Marvel Cinematic Universe (MCU). (Sumber gambar: Marvel Studios)

Logo Avengers: Secret Wars dari Fase 6 Marvel Cinematic Universe (MCU). (Sumber gambar: Marvel Studios)

Logo Avengers: Secret Wars dari Fase 6 Marvel Cinematic Universe (MCU). (Sumber gambar: Marvel Studios)


Mengenai Fantastic Four, film ini diketahui sempat mengumumkan ceritanya pada 2020 dan telah dikonfirmasi oleh Marvel. Semula, film ini akan digarap oleh Jon Watts (trilogi Spider-Man dari MCU) tapi akhirnya belum memiliki kejelasan karena dia mengundurkan diri dari proyek pada April 2022 karena pengambilan jeda dari semua film pahlawan super.

Tidak hanya itu, karakter Mr. Fantastic dari Fantastic Four sendiri sempat hadir sebagai cameo untuk film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sayangnya, karakter yang diperankan oleh John Krasinski itu tidak dipertimbangkan sebagai peran jangka panjang oleh rumah studio di bawah induk perusahaan Walt Disney Studios tersebut.

Untuk dua film Avengers lainnya, karakter Kang the Conqueror kini semakin gencar dihadirkan sebagai tokoh antagonis. Hingga saat ini, karakter yang diperankan oleh aktor Jonathan Mayors ini sempat dikenalkan sebagai Dia Yang Bertahan dalam serial Loki musim pertama dan akan debut dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania.
 

Fase-Fase dalam Marvel Cinematic Universe

Marvel Cinematic Universe merupakan franchise konten media yang menghadirkan para pahlawan super dari komik Marvel. MCU kini resmi memiliki dua Saga, yaitu The Infinity Saga untuk fase 1-3 dan The Multiverse Saga untuk fase 4-6.

The Infinity Saga dibuka dengan Iron Man untuk Fase 1 pada 2008 dan diakhiri dengan The Avengers pada 2012. Fase 2 dimulai dengan Iron Man 3 pada 2013 dan ditutup dengan Ant-Man pada 2015, lalu Fase 3 dibuka dengan Captain America: Civil War (2016) dan diakhiri dengan Spider-Man: No Way Home pada 2019.

The Multiverse Saga mulai dibuka dengan Fase 4 dari Black Widow (2021) dan rencananya akan diakhiri pada tahun ini. Sejauh ini, proyek Fase 4 yang akan segera tayang adalah serial web She-Hulk: Attorney at Law pada 17 Agustus 2022 dan film Black Panther: Wakanda Forever yang akan tayang perdana pada 11 November 2022.
 
Fase 5 sendiri telah mengumumkan periode yang berlangsung pada November 2022 sampai November 2024. Berdasarkan rangkuman resmi dalam situs resmi Marvel Studios, fase ini akan dibuka dengan Ant-Man and the Wasp: Quantumania pada 17 Februari 2023, Secret Invasion pada musim semi 2023, What If...? Season 2 pada awal 2023, dan Guardians of the Galaxy Volume 3 pada 5 Mei 2022.

Pada paruh kedua 2023, fase ini masih diisi dengan Echo serta Loki Season 2 pada musim panas 2023, The Marvels pada 28 Juli 2023, Blade pada 3 November 2023, Ironheart dan X-Men '97 pada musim gugur 2023, Agatha: Coven of Chaos pada musim dingin 2023/2024, Daredevil: Born Again pada musim semi 2024, Spider-Man: Freshman Year pada 2024, Captain America: New World Order pada 3 Mei 2024, dan ditutup dengan Thunderbolts pada 26 Juli 2024.
 
Jika melihat pembagiannya, konten pada fase 5 akan tersebar secara daring melalui Disney+ untuk konten serial dan luring melalui bioskop untuk konten film. Beberapa konten yang masuk dalam serial adalah What If...? Season 2, Secret Invasion, Echo, Loki Season 2, Ironheart, Agatha: Coven of Chaos, dan Daredevil: Born Again. Selebihnya, beberapa konten yang tak disebutkan sebelumnya akan dirilis sebagai film.

Dengan adanya beberapa konten dari Fase 5 dan 6, penggemar menantikan bagaimana beberapa proyek tersebut akan membentuk benang merah dalam The Multiverse Saga dan rincian rangkaian film yang hadir dalam Fase 6 selain tiga film yang diumumkan saat ini.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Destinasi Wisata di Korea Selatan yang Pernah Jadi Lokasi Syuting

BERIKUTNYA

Intip 7 Film & Serial MCU yang Dibocorkan dalam San Diego Comic Con 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: