Zombie Detective (kiri atas), Inspector Koo, Extraordinary Attorney Woo, Extreme Job. (Sumber gambar: Netflix, CJ Entertainment)

5 Film & Serial Korea Bertema Penyelidikan Hukum

24 July 2022   |   08:04 WIB

Tema penyelidikan hukum merupakan salah satu aliran tayangan Korea, baik film maupun serial televisi, yang banyak ditayangkan. Tema ini umumnya mengeksplorasi berbagai latar pekerjaan hukum maupun upaya memecahkan kasus dengan berbagai cara dan pendekatan dari setiap tokoh di dalam tayangan tersebut.

Bagi Genhype yang suka dengan ketegangan, teka teki, sampai dengan perjalanan mengungkap kebenaran, yuk simak lima rekomendasi tayangan Korea yang mengangkat cerita tentang penyelidikan hukum.

Baca juga4 Tips Kencan Pertama ala Drama & Reality Show Korea
 

1. Extraordinary Attorney Woo (2022)


Serial berlatar hukum dengan pendekatan menarik ini akan berfokus pada kisah pengacara muda bernama Woo Young-woo (Park Eun-bin) yang memiliki sindrom spektrum autisme dan upayanya menghadapi dunia profesional dengan keterbatasan yang dimilikinya. Meski penyakit yang dialaminya membuat muncul berbagai prasangka dan irasionalitas terhadap dirinya, kecintaannya terhadap hukum dan perspektif uniknya membuat dia bertumbuh sebagai seorang pengacara.

Pertumbuhan ini terjadi dengan adanya kemampuan memecahkan berbagai kasus dengan rincian yang jelas, menangkap detail masalah dengan baik, serta menemukan celah peraturan yang lolos dari perhatian sesama pengacara maupun orang lain.

Hadir dengan pendekatan yang lebih menyentuh hati ditambah dengan visual animasi yang menggemaskan, termasuk ikan paus sebagai hewan favorit Young-woo, serial ini masih akan menghadirkan beberapa episode setiap Rabu dan Kamis.
 

2. Cafe Minamdang (2022)


Serial penyelidikan dengan unsur perdukunan ini menyajikan kisah mantan profiler kriminal bernama Nam Ha-jun (Seo In-guk) yang memutuskan untuk banting setir ke dunia perdukunan palsu. Kemampuannya dalam pekerjaan tersebut membuat praktik perdukunannya dicari oleh sejumlah klien yang ingin menyelesaikan kasus hukumnya.

Meski diklaim sebagai praktik dukun, pekerjaannya ternyata dibantu oleh timnya yang terdiri dari peretas Gong Su-cheol (Kwak Si-yang) dan adiknya Nam Hye-jun (Kang Mi-na). Keduanya bertugas dalam menyediakan data yang sesuai dan valid untuk kasus-kasus yang ditanganinya.

Namun, praktik dukun miliknya mulai dicurigai seorang detektif bernama Han Jae-hee (Oh Yeon-seo). Serial ini akan hadir dengan beberapa episode setiap Senin dan Selasa.
 

3. Extreme Job (2019)


Film aksi komedi ini bercerita tentang unit narkotika kepolisian Korea yang terancam dibubarkan karena misinya yang kerap kali gagal. Terdiri dari lima orang detektif senior hingga anak baru, kelimanya kemudian membuktikan diri dengan misi terbaru untuk memata-matai geng kriminal berbahaya dengan membuka penyamaran restoran ayam goreng dan menjadi pemilik usaha itu.

Meski awalnya penyamaran ini tidak disengaja, usaha ayam goreng yang sebenarnya merupakan kedok dari penyamaran tersebut kemudian sukses karena resepnya yang dinilai menarik bagi konsumen. Berbeda dengan film-film penyelidikan yang cenderung serius, film ini memiliki unsur komedi ditambah dengan adegan aksi yang menegangkan.
 

4. Inspector Koo (2021)


Serial bertema penyelidikan ini menyajikan pendekatan unik dalam visualisasi pengungkapan kasus, di mana ceritanya melihat Koo Kyung-yi (Lee Young-ae) yang merupakan mantan detektif kepolisian yang menjadi hikikomori atau penyendiri pasca kematian suaminya. Sempat larut dalam alkohol dan gim daring, dia kemudian bekerja menjadi penyidik asuransi untuk berbagai kasus.

Namun, hal ini berubah saat dirinya menginvestigasi kasus pembunuhan yang melibatkan seorang mahasiswi yang ternyata merupakan pembunuh berantai. Siswi tersebut ternyata memiliki rencana pembunuhan dengan metode kecelakaan untuk mengambil klaim uang asuransi miliknya. Hadir dengan pembawaan karakter yang konyol dan kental dengan aksi komedi, tapi dengan intuisi cemerlang membuat serial ini menjadi salah satu yang bisa ditonton.

Baca juga: Girl Group NewJeans Beri Kejutan Jelang Debut dengan Video Klip Attention
 

5. Zombie Detective (2020)


Serial televisi dengan tema zombie ini berfokus pada cerita Kim Moo-young (Choi Jin-hyuk) yang mendadak sadar bahwa dirinya menjadi zombie dan akhirnya harus beradaptasi dengan manusia. Karena berbagai alasan, dia akhirnya membuka kantor detektif privat sambil memulihkan ingatan masa lalunya yang hilang.

Di sisi lain, Kong Sun-ji (Park Joo-hyun) yang merupakan mantan penulis naskah program televisi bergabung ke dalam kantornya sebagai pekerja paruh waktu. Sebelumnya, dia mengundurkan diri karena sempat mengetahui adanya korban penyerangan orang tak dikenal saat memegang kasus yang tengah dikerjakan saat itu. Keduanya kemudian berusaha mengungkap misteri di balik transformasinya menjadi zombie.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Film The Gray Man, Mantan Agen CIA yang Jadi Buronan Nomor 1

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Destinasi Staycation di Sentul, Kawasan Wisata Alternatif Bogor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: