Drama dan reality show Korea bisa jadi referensi bagi Genhype yang ingin merencanakan kencan luring pertama. (Sumber gambar: TVING)

4 Tips Kencan Pertama ala Drama & Reality Show Korea

22 July 2022   |   14:23 WIB

Pandemi yang berjalan selama dua tahun ini membuat semua aktivitas kini banyak beralih ke ranah daring. Namun, kondisi yang semakin terkontrol membuat situasi saat ini mulai pulih. Hal ini membuat banyak aktivitas yang sebelumnya dilakukan memanfaatkan teknologi digital, kembali ke format langsung atau luring (offline). 

Salah satu hal yang terpengaruh kejadian ini adalah kencan daring yang teryata memiliki posisi penting dalam keseharian anak muda. Namun, mereka tidak bisa mengandalkan format itu sepenuhnya,  perlu untuk tetap memulai hubungan baru secara langsung.  Untuk itu, yuk simak beberapa kiat yang bisa ditiru dari berbagai tayangan program drama dan reality show Korea Selatan.

Baca Juga : 5 Tips Berkencan dari Reality Show Netflix, Single's Inferno 

 

1. Utamakan Sikap dan Perilaku

 

Cuplikan Single’s Inferno. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan reality show Single’s Inferno. (Sumber gambar: Netflix)

Meski hal ini penting saat dilakukan secara daring, menjaga sikap dan perilaku saat kencan luring pertama juga enggak kalah penting, lho! Hal ini disebabkan karena kencan pertama atau first date merupakan sarana untuk membangun kesan awal dan saling berkenalan lebih lanjut, sehingga banyak persiapan yang harus dimaksimalkan.

Selain persiapan membuat jadwal dan perencanaan kencan luring, jangan lupa bahwa menunjukkan sisi empati dan positif kepada pasangan kencan tetap harus diutamakan. Tak hanya itu, perhatian dan sikap pada tahapan ini bisa berpengaruh pada masa yang akan datang sebagaimana ditunjukkan dalam reality show Single's Inferno.

Beberapa peserta dalam acara ini kerap kali akan memastikan pelayanan terbaik kepada pasangannya, misalnya dengan gestur kecil untuk membantu membawa tas, memastikan kondisi pasangan, hingga membuat suasana yang nyaman bagi pasangan saat kencan pertama.
 

2. Beri Kesempatan Mengenal Lebih Jauh

 

Cuplikan drama Business Proposal. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan drama Business Proposal. (Sumber gambar: Netflix)

Kencan pertama merupakan kesempatan untuk berkenalan lebih dalam, meski sebagian dari Genhype mungkin ada yang sudah pernah berkenalan melalui platform kencan daring atau media sosial. Dalam kesempatan ini, Genhype bisa fokus pada pasangan dan memberikan mereka kesempatan untuk mencari tahu lebih banyak tentang kalian, begitu pula dengan sebaliknya.

Sebagai contohnya adalah drama Business Proposal saat adegan Kang Tae-moo (Ahn Hyo-seop) yang mengajak Shin Ha-ri (Kim Se-jeong) dalam sebuah kencan makan malam dan memberikan kesempatan bagi perempuan tersebut untuk saling berkenalan satu sama lain.

Baca Juga : Sebulan Tayang, Drama Korea Business Proposal Dominasi Daftar Serial TV Netflix 
 

3. Berikan Pujian kepada Pasangan

 

Cuplikan drama My Liberation Notes. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan drama My Liberation Notes. (Sumber gambar: Netflix)

Proses perkenalan tidak hanya sekadar berbagi aktivitas bersama seperti makan di restoran yang menarik, berolahraga bersama, atau melakukan kencan di beberapa lokasi interaktif. Akan tetapi juga diperlukan komunikasi empat mata yang enggak kalah penting, untuk meninggalkan kesan mendalam satu sama lain.

Biasanya, sesi ngobrol dan berdialog membuka lebih banyak ruang untuk bercerita tentang perspektif baru dan kehidupan personal. Kesempatan ini dicontohkan dalam drama My Liberation Notes yang memperlihatkan pasangan Mr. Gu dan Yeom Mi-jeong yang saling memberikan pujian dalam berbagai cara dan obrolan yang mendalam. Hal ini menjadi bentuk kasih sayang yang jujur dan ekspresif bagi pasangan.
 

4. Pertengkaran sebagai Cara Memperkuat Hubungan

 

Cuplikan drama Our Blues. (Sumber gambar: tvN)

Cuplikan drama Our Blues. (Sumber gambar: tvN)

Setiap hubungan atau kencan, tentu sebagian pasangan akan mengalami perselisihan pendapat atau konflik. Namun, kejadian ini sebenarnya adalah cara untuk membantu agar saling tahu perasaan satu sama lain, dan bisa jadi cara awal dalam menyelesaikan masalah.

Konfrontasi sering kali dihindari oleh pasangan sebagai hal yang berpotensi merusak sebuah hubungan, tapi ada hal lain yang bisa didapat dari konflik: penemuan jati diri yang sebenarnya dan mengenal penghargaan diri sehingga bisa menjadi cara untuk membangun hubungan yang sehat dengan mengenal diri sendiri dan orang lain dengan lebih dalam. Konflik juga bisa jadi cara untuk merefleksikan diri dari masalah yang dihadapi. 

Editor : Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Siap-siap, One Piece Film: Red Bakal Tayang di Indonesia September 2022

BERIKUTNYA

Film Oppenheimer Karya Christopher Nolan Rilis Teaser 1 Tahun Jelang Premiere

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: