Gim video Stray mengambil sudut pandang seekor kucing yang mengeksplorasi perkotaan yang penuh dengan robot. (Sumber gambar: BlueTwelve Studio, Annapurna Interactive)

5 Fakta Menarik Stray, Video Game Eksplorasi dari Sudut Pandang Kucing

22 July 2022   |   13:32 WIB

Like
Pernah membayangkan bagaimana rasanya menjadi kucing yang berjalan-jalan di sebuah dunia yang tidak umum? Premis inilah yang ingin dibawakan dalam  Stray yang rilis belum lama ini. Permainan video gim yang dirilis oleh Annapurna Interactive ini menyajikan petualangan di sebuah kota cyberpunk yang menarik dan menegangkan.

Tidak lama setelah perilisannya, gim ini menarik perhatian warganet dan penggemar gim karena kucing yang tampak menggemaskan dan terkesan nyata. Mulai dari inspirasi karakter sampai serba-serbi tentang kepopulerannya saat ini, yuk cari tahu tentang gim Stray yang sedang viral. 

Baca Juga : Wajib Coba, Ini 5 Permainan Video Game Lokal yang Mendunia 

 

1. Terinspirasi dari Kucing Nyata

a

Cuplikan gameplay gim video Stray. (Sumber gambar: Annapurna Interactives)

a

Cuplikan gameplay gim video Stray. (Sumber gambar: Annapurna Interactives)


Kucing berwarna jingga yang menjadi protagonis dari gim ini hadir dari inspirasi nyata Murtaugh dan Riggs, kucing milik para co-founder dari pengembang gim BlueTwelve Studio yaitu Viv dan Koola. Kucing oren yang satu ini sebenarnya merupakan kucing liar yang ditemukan di jalanan kawasan Montpellier, Prancis, dan kini sudah akrab dikenal sebagai "Bos" dari studio tersebut.

Kucing lain yang juga menjadi rujukan gim Stray adalah Oscar dan Jun yang merupakan kucing di dalam studio pengembang. Oscar merupakan kucing ras Sphynx yang menjadi rujukan visual dan gameplay dari gim ini, di mana animator karakter Miko mengambil Oscar pada aspek aktivitas melompat dan berlari. Jun sendiri merupakan kucing berwarna hitam yang bertugas dalam 'memantau' tim pengembang gim.
 

2. Memakai Latar Kota Cyberpunk


Berdasarkan situs resmi gimnya, Stray dikisahkan sebagai gim yang mengikuti perjalanan seekor kucing yang harus kembali ke keluarganya setelah terjebak dalam sebuah kota siber yang penuh dengan robot, mesin, dan bakteri karnivor. Di saat yang sama, kucing tanpa nama itu juga harus mengungkap misteri lama agar bisa keluar dari kota tersebut.

Latar yang digunakan pada gim ini merujuk pada kawasan-kawasan cybercity, sebuah lingkungan yang cenderung kurang terawat karena sudah lama ditinggalkan manusia. Identik dengan lampu yang terang dan kesan kota yang sudah melibatkan teknologi dalam berbagai aspek, Viv menjelaskan latar kota Walled City 99 terinspirasi dari Kota Bertembok Kowloon di Hong Kong Britania sebelum dihancurkan pada 1993-1994.

"Kota Bertembok Kowloon kerap kalu muncul dalam diskusi kami (dengan co-founder Koola). Tempat yang unik, organik, dan menarik. Kami berpikir bahwa ini dasar yang baik untuk membuat sebuah semesta, tapi ini kemudian menjadi pas saat kami sadar bahwa apa yang lebih baik dari Kowloon untuk seekor kucing," tulisnya dalam blog resmi PlayStation. 

Tak hanya tata kota, Stray juga memaksimalkan konsep cyberpunk dengan unsur teknologi seperti penduduknya yang kini terdiri dari robot, mesin, dan bakteri karnivor. Salah satu robot yang akan banyak terlihat dalam gim ini adalah B-12, pesawat nirawak (drone) yang menjadi teman bagi kucing dalam gim tersebut.

Baca Juga : Cyberpunk 2077 Bakal Hadir dalam Bentuk Board Game, Begini Cara Mainnya 
 

3. Misi untuk Keluar dari Kota Terbengkalai

Cuplikan gameplay gim video Stray. (Sumber gambar: Annapurna Interactives)

Cuplikan gameplay gim video Stray. (Sumber gambar: Annapurna Interactives)

Cuplikan gameplay gim video Stray. (Sumber gambar: Annapurna Interactives)

Cuplikan gameplay gim video Stray. (Sumber gambar: Annapurna Interactives)


Stray memiliki premis tujuan akhir untuk membantu kucing dalam gim agar bisa kembali ke keluarganya yang merupakan sekelompok kucing. Namun, dalam perjalanan bersama drone B-12, kucing ini akan bertemu dengan beberapa tokoh yang bisa jadi berbahaya atau tidak.

Tokoh baik yang akan membantu kucing tersebut merupakan Companion, robot yang membantu manusia sebelum akhirnya hilang dari kota Walled City 99. Companion adalah robot yang masih bertahan di kota tersebut dan membangun kelompok masyarakat sendiri. Lalu, tokoh jahat yang akan mengganggu kucing tersebut disebut sebagai Zurks, entitas mutan yang bisa memakan habis kehidupan makhluk hidup dan robot.
 

4. Populer Saat Perilisan Perdana

 
Stray telah dikembangkan sejak 2015 dengan nama proyek HK_Project. Awalnya, proyek ini merupakan garapan independen setelah bekerja dengan Ubisoft, hingga penerbit gim Annapurna Interactive menghubungi BlueTwelve Studio pada 2016. Pengumuman resminya dilakukan pada Juni 2020 saat acara Future of Gaming milik PlayStation.

Minat masyarakat semakin meningkat kala gim ini awalnya dijadwalkan hadir pada awal 2022 untuk PlayStation 5, PlayStation 4, dan PC melalui Steam. Namun, peluncurannya ditunda menjadi musim panas 2022. Tidak lama setelah dirilis, gim ini mendapatkan jumlah pemain aktif tertinggi. 

Pantauan analis pasar Benji-Sales melihat video gim Stray memiliki lebih dari 55.555 pemain aktif. Rekor ini melewati sejumlah gim yang rilis lebih dahulu seperti Twelve Minutes dengan 8.021 pemain, Outer Wilds dengan 7.936 pemain, Neon White dengan 3.277 pemain, dan Journey dengan 1.757 pemain.
 

5. Menarik Perhatian Hewan

 
Tak hanya menarik perhatian para pemain, Stray juga ternyata mengundang atensi hewan terutama kucing dan anjing. Bagi kalangan pemain dan kritikus gim, Stray mendapatkan ulasan yang positif dengan beberapa pihak menyebut bahwa suasana kota siber, penggambaran kucing yang otentik, karakter non-pemain (NPC) yang cukup relevan, hingga permainan yang simpel dan menarik.

Berdasarkan pantauan Hypeabis.id, Stray juga dianggap menarik bagi kucing dan anjing yang menyaksikan pemiliknya bermain gim ini. Para anabul itu tampak memperhatikan kucing dalam gim tersebut dengan lekat, bahkan ada yang merespons dengan garukan atau lolongan. Fenomena ini sejalan dengan ulasan penggambaran kucing yang realistis, sehingga mereka mengira bahwa kucing yang ada dalam Stray adalah kucing nyata.

Editor : Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Serial Bridgerton Musim 3 Mulai Tahap Produksi, Cek 4 Fakta Menariknya

BERIKUTNYA

Siap-siap, One Piece Film: Red Bakal Tayang di Indonesia September 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: