Cyberpunk 2077 bakal diadaptasi menjadi permainan papan (Sumber gambar: Cyberpunk/CD Rekt Projekt)

Cyberpunk 2077 Bakal Hadir dalam Bentuk Board Game, Begini Cara Mainnya!

25 June 2022   |   21:30 WIB

Judul gim populer Cyberpunk 2077 akan kembali menyapa para penggemarnya. Kali ini, bukan melalui format video gim seperti yang sudah ada, melainkan dalam konsep permainan papan (board game). Ya, gim ini mendapatkan adaptasi untuk permainan fisik. 

Gim aksi peran (role playing game/RPG) yang dikembangkan oleh CD Projekt Red itu bakal dialihmediakan ke format permainan papan oleh penerbit CMON. Proyek ini diumumkan melalui platform urun dana Kickstarter. 

Permainan papan itu berjudul lengkap Cyberpunk 2077: Gangs of Night City - The Board Game. Dalam kampanye penggalangan dananya, proyek itu telah berhasil mencapai target US$100.000 dalam beberapa hari saja. Hingga artikel ini dibuat, angkanya sudah mencapai sekitar US$350.000. 

Baca Juga : Overwatch 2 Bakal Gantikan Game Sebelumnya, Cek Penjelasannya 

Disebutkan bahwa board game Cyberpunk 2077 ini merupakan permainan kompetitif yang melibatkan 1 hingga 4 pemain. Mereka akan berperan sebagai pemimpin geng, yang berlomba menguasai wilayah bawah tanah di Night City. 

“Kendalikan geng-geng kejam yang berlomba untuk mendominasi dunia kriminal di neraka yang berkilau, tidak lain adalah Night City,” tulis deskripsi kampanye di Kickstarter. 

Konsep permainan 

Permainan papan ini mengambil tema dan latar belakang dari judul original Cyberpunk, pada masa awal kemunculannya pada 1988. Akan tetapi, cerita yang dipakai mengambil latar dari gim terbaru yang sesuai judulnya yakni Cyberpunk 2077

Pemain akan dibekali dengan papan utama yang berisikan wilayah-wilayah untuk dikuasai. Ada juga miniatur plastik (action figure) berbagai karakter, serta kartu pendukung dan skenario tidak terduga yang nantinya harus dijalankan dalam permainan. 

Cara bermain 

Cara bermainnya, pemain akan berperan sebagai pemimpin sebuah kelompok. Tujuan utamanya adalah menguasai berbagai wilayah yang ada di Night City. Nantinya, setiap tindakan yang dilakukan pemain akan menentukan perkembangan cerita, sehingga mereka perlu menyesuaikan strategi terus-menerus. 

Setiap geng juga memiliki spesialisasi dalam kelompok keterampilan tertentu. Ada tiga spesialisasi dalam permainan yakni Solos, Techies, dan Netrunners. Sebagai pemimpin, pemain perlu menyebar anggota mereka dan bersiasat. 

Pemain juga nantinya akan bisa merekrut tentara bayaran tangguh untuk bergabung ke dalam pasukan. Mereka adalah kelompok khusus yang punya kemampuan tersendiri. Selain itu, pemain juga bisa mengumpulkan Street Cred untuk menunjang permainan. 

Harga & ketersediaan 

Kendati kampanye urun dana proyek tersebut telah mencapai target yang ditentukan, tetapi gim ini masih belum akan rilis dalam waktu dekat. Setidaknya pengembang akan mulai mengirimkan permainan papan Cyberpunk 2077 itu pada 2023. 

Untuk harga resmi komersialnya juga belum ditentukan. Akan tetapi, peminat gim ini bisa ikut serta dalam proyek Kickstarter seharga US$110 dan akan mendapatkan akses ke permainan papan. Lengkap beserta seluruh komponen dan miniatur yang diperlukan. 

Memesan permainan melalui proyek tersebut juga akan memberikan pengguna beberapa item eksklusif, berupa miniatur khusus yang tidak akan ditemukan saat penjualan umum mulai dilakukan. Miniatur itu mencakup beberapa karakter Cyberpunk seperti V, Evelyn Parker, Sandra Dorsett, dan yang lainnya. 

Editor : Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Kenapa Museum Kurang Memiliki Daya Tarik untuk Wisata Edukatif?

BERIKUTNYA

Keren, Ada Gelar Karya Seniman Anak-Anak Autis di Stasiun MRT Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: