Insidious: The Last Key (2018) merupakan instalasi terakhir sebelum Insidious 5. (Sumber gambar: Sony Pictures Releasing International)

Insidious 5 Siap Teror Penonton pada 2023, Patrick Wilson Jadi Sutradara

21 July 2022   |   18:00 WIB

Empat tahun setelah rilisnya instalasi keempat dalam franchise Insidious yaitu Insidious: The Last Key pada 2018, kini Insidious 5 resmi mengumumkan kabar terbaru. Film yang telah diumumkan sekitar dua tahun lalu itu akan rilis pada 7 Juli 2023, dengan sutradara Patrick Wilson.

Berbeda dengan beberapa instalasi sebelumnya, Insidious 5 akan membawa Patrick Wilson sebagai sutradara setelah sempat menjadi aktor dalam Insidious (2010) dan Insidious: Chapter 2 (2013). Film ini akan menjadi film debut bagi aktor pemeran Josh Lambert tersebut selain kembali menjadi aktor dalam film ketiga secara kronologi franchise Insidious.

Baca juga: 5 Film Terbaik Aamir Khan, dari 3 Idiots sampai Dangal

Blumhouse Productions akan menjadi rumah produksi yang terlibat dalam franchise terbaru sejak instalasi keduanya dan naskahnya akan digarap oleh Scott Teems (Halloween Kills, Narcos: Mexico). Hingga saat ini, belum banyak rincian yang dibuka mengenai film tersebut selain kisahnya yang berfokus pada karakter Dalton Lambert yang kini telah berkuliah.

Insidious 5 awalnya diumumkan pada 2020 melalui festival BlumFest 2020, di mana kala itu nama Wilson dan Teems resmi diumumkan. Berdasarkan laporan CBR, naskah instalasi kelima dari franchise tersebut akan berdasarkan kisah dari salah satu kreator Insidious, Leigh Whannel dan distribusi film akan dilakukan oleh Sony Pictures.
 

Hal ini disambut antusias oleh Wilson, di mana dia bercerita bahwa Insidious 5 membuatnya merasa terhormat. Dia juga menambahkan bahwa ini bisa menjadi kesempatan baru untuk membuka kisah lebih dalam tentang keluarga Lambert 10 tahun lalu, beserta dengan konsekuensi yang dipilih keluarga tersebut.

"Bagi saya, mengarahkan sebuah film menjadi momen yang utuh secara profesional dan personal. Saya merasa sangat bersyukur untuk dipercaya melanjutkan kisah yang menakutkan dan penuh teror," jelasnya pada 2020.

Tak hanya aktor yang pernah terlibat dalam serial film The Conjuring itu saja, produser Jason Blum juga menceritakan alasan Insidious masih menarik perhatian para penggemar adalah karena keterlibatan orang-orang di dalamnya yang masih ikut berkontribusi.
 

Kisah Insidious sampai Insidious: The Last Key

Franchise Insidious membuka semestanya dengan film pertama pada 2010, di mana kisahnya mengikuti keluarga Lambert yang terdiri dari John (Patrick Wilson) dan Renai (Rose Bryne) beserta anak mereka, Dalton (Ty Simpkins). Kejadian supranatural mulai terjadi sejak sang anak tiba-tiba koma karena alasan misterius dan pintu antara dirinya dan dunia supernatural terbuka.

Kejadian ini membuat entitas seperti iblis dan hantu masuk ke dunia nyata dari dunia The Further. Kemudian, berbagai hal mulai terungkap dengan fakta bahwa sang ayah, Josh, ternyata pernah bertemu dengan sebuah arwah jahat pembawa kutukan yang diturunkan ke generasi berikutnya. Karena itulah, Josh akhirnya menghentikan kutukan tersebut dengan kembali ke masa kecilnya sebagaimana ditunjukkan dalam Insidious: Chapter 2 (2013).

Dua instalasi selanjutnya merupakan prekuel dari dua instalasi pertamanya, di mana kisahnya berpindah ke tokoh Elise Rainier (Lin Shaye) yang merupakan pemburu iblis. Dalam Insidious: Chapter 3 (2015) dengan kronologi beberapa tahun sebelum kejadian keluarga Lambert, seorang remaja bernama Quinn Brenner (Stefanie Scott) bertemu dengan Elise setelah merasa bahwa mendiang ibunya ingin berhubungan dengannya.

Namun, Elise memiliki ketakutan untuk menggunakan kemampuannya hingga sang ayah (Dermot Mulroney) meminta bantuan kepadanya setelah Quinn diserang entitas jahat. Dengan adanya dua paranormal, dia akhirnya masuk ke dalam dunia The Further dan menemukan seorang iblis yang berambisi mencari jiwa-jiwa manusia.

Baca juga: 7 Lagu Kolaborasi Internasional BTS Terbaik

Insidious: The Last Key (2018) melihat lebih dalam tentang upaya Elise untuk menginvestigasi kejadian supranatural di rumah masa kecilnya setelah mendapatkan sebuah telepon menyeramkan. Dia akhirnya harus berhadapan dengan seorang iblis di dunia Five Keys yang tidak sengaja dilepaskannya beberapa tahun lalu.

Kisah dalam film Insidious 5 diperkirakan akan berhubungan dengan Insidious: Chapter 2 karena keterkaitannya dengan bagian akhir film yang menunjukkan adanya memori terhadap Josh dan Dalton serta kelanjutannya yang belum diketahui.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Balai Lelang Christie's Akan Adakan Pameran Karya Bacon & Ghenie di Korea Selatan

BERIKUTNYA

Where the Crawdads Sing Kembali Jadi Novel Terlaris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: