BTS pernah berkolaborasi dengan sejumlah artis internasional, seperti The Chainsmokers, Steve Aoki, sampai Coldplay. (Sumber gambar: BIGHIT Music)

7 Lagu Kolaborasi Internasional BTS Terbaik

21 July 2022   |   14:19 WIB

Dengan resminya kolaborasi BTS dengan rapper Snoop Dogg dan produser Benny Blanco pada Rabu (20/7/2022), kini para penggemar dan publik menantikan kehadiran lagu Bad Decision meski kini BTS mengurangi aktivitasnya sebagai grup agar bisa memperluas potensi setiap anggotanya.

BTS sendiri dikenal sudah mulai berkolaborasi dengan artis internasional sejak 2014, baik dalam lagu grup maupun lagu solo. Beberapa di antaranya merupakan lagu yang memiliki sisi artistik baru dengan adanya budaya Korea yang dibawakan grup dengan tujuh orang tersebut.


Yuk kilas balik untuk melihat beberapa kolaborasi, mulai dari kolaborasi ikonik dengan Steve Aoki sampai Megan Thee Stallion.
 

1. My Universe (BTS dan Coldplay)


Salah satu lagu kolaborasi BTS pada 2021 ini menyimpan cerita tentang pesan cinta dan kesatuan yang luas. Dengan pendekatan puitis dan menyentuh hati, My Universe juga menyimpan makna dengan penggunaan kata universe atau semesta yang merujuk pada orang-orang yang disayang dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 2 Lagu Album Jack in the Box J-Hope BTS Raih Peringkat Baru di Spotify
 

2. Boy with Luv (BTS dan Halsey)


Beraliran pop, lagu dengan unsur disko ini memiliki lirik yang menggambarkan perjalanan dalam mencari kebahagiaan dan menjadi kisah alternatif dari single Boy in Luv pada 2014. Kehadiran Halsey dalam lagu ini tidak hanya menghadirkan harmonisasi yang ciamik, tapi juga menghadirkan persahabatan antara kedua artis tersebut.
 

3. Butter (Megan Thee Stallion Remix) (BTS dan Megan Thee Stallion)


Lagu kolaborasi BTS yang lain pada 2021 ini menjadikan momen berkesan bagi keduanya. Meski perilisannya sempat terhambat karena masalah hukum Stallion dengan label rekamannya, lagu ini akhirnya tetap rilis setelah mendapatkan izin dari pengadilan. Bahkan, lagu ini juga membuat para penggemar kedua artis, ARMY dan Hotties melakukan donasi ke berbagai institusi.
 

4. MIC Drop (Steve Aoki Remix) (BTS dan Desiigner)


Lagu aransemen ulang versi DJ Steve Aoki ini merupakan versi baru dari lagu berjudul sama dari album Love Yourself: Her untuk album Love Yourself: Answer. Versi ini memiliki beberapa perbedaan seperti tambahan instrumental pada bagian akhir. Tak hanya itu, lagu ini juga menjadi lagu pertama BTS dalam bahasa Inggris dengan beberapa lirik baru.
 

5. The Truth Untold (BTS dan Steve Aoki)


Beraliran ballad, lagu yang ada dalam album Love Yourself: Tear ini menunjukkan sisi musikalitas BTS dan Steve Aoki. Dengan menekankan pada harmonisasi vokal Jin, V, Jimin, dan Jungkook, lagu ini hadir dengan lantunan piano dengan kombinasi yang tetap membuat pendengar bisa merasakan sedih.
 

6. Best of Me (BTS dan The Chainsmokers)


Dengan aliran EDM, lagu ini menghadirkan kesan melodis yang membuat pendengar tetap mendengarkan lagu tersebut. Hadir dalam album Love Yourself: Her, lagu ini merupakan kolaborasi perdana duo The Chainsmokers dan BTS setelah pertemuannya dalam Billboard Awards 2017.
 

7. IDOL (BTS dan Nicki Minaj)


Dengan nada penuh semangat, IDOL menjadi salah satu kolaborasi yang menciptakan warna baru bagi musik BTS. Kehadiran Nicki Minaj dalam bagian rap membuat lagu ini menjadi salah satu kolaborasi yang ikonik dalam perjalanan karier keduanya, di mana Nicki menghadirkan lirik yang sesuai dan mudah untuk diucapkan bagi para pendengar.

Beberapa rekomendasi lagu kolaborasi BTS dan artis-artis internasional adalah Seoul yang merupakan lagu RM bersama Honne, Dream Glow yang mengajak Charli XCX, A Brand New Day bersama Zara Larsson, Change yang merupakan lagu RM dengan rapper Wale, Make It Right dengan Lauv, serta All Night dengan rapper Juice WRLD.


Editor: Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

Ini Tiga Cara Agar UMKM Lokal Bisa Naik Kelas

BERIKUTNYA

Yuk Membuat Cerita Visual dengan Wikistories

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: