Raja Hundustani, 3 Idiots, dan Dangal adalah tiga dari beberapa film Aamir Khan yang menjadi blockbuster di India. (Sumber gambar: Tips Industries & Eros International, Reliance BIG Pictures, UTV Motion Pictures)

5 Film Terbaik Aamir Khan, dari 3 Idiots sampai Dangal

21 July 2022   |   13:00 WIB

Aktor India Aamir Khan baru-baru ini dikejutkan dengan penampilan terbaru dalam film Laal Singh Chaddha, remake atau buatan ulang dari film Forrest Gump (1994), yang akan tayang pada 11 Agustus 2022. Kehadirannya telah dinantikan penggemarnya di seluruh dunia, termasuk India dan China.

Laki-laki kelahiran tahun 1965 itu telah berkarier dalam seni peran dan dalam industri perfilman sejak 1973, di mana saat dirinya masih kecil dia sempat hadir dalam film Yaadon Ki Baaraat dan akhirnya mulai serius terjun sebagai aktor pada 1984 dan populer sejak akhir 1980an sampai saat ini.

Baca juga: 'Laal Singh Chaddha', Film India Adaptasi 'Forrest Gump' Bakal Tayang Agustus 2022

Bervariasi dari kisah drama romantis sampai biografi olahraga, intip lima film terbaik Aamir Khan yang sudah mencapai tahapan blockbuster atau terlaris secara komersial dan kritik.
 

1. 3 Idiots (2009)


Salah satu film India yang cukup populer di dunia adalah film drama komedi dari Rajkumar Hirani dengan judul 3 Idiots. Dengan latar modern, film ini mengikuti kisah persahabatan tiga mahasiswa jurusan teknik secara paralel dari masa kini dan 10 tahun sebelumnya. Di dalamnya, kisah ini menghadirkan satir tentang tekanan sosial di bawah sistem pendidikan India.

Aamir bersama dengan R. Madhavan dan Sharman Joshi menjadi aktor utama dalam film adaptasi novel Five Point Someone karangan Chetan Bhagat. Kesuksesan film ini secara komersial dan kritik menjadikannya sebagai salah satu film Bollywood terbaik sepanjang masa dengan pendapatan global sebesar US$ 90 juta pada 2009 dan kritik yang menyebutkan penyampaian cerita dengan pesan yang serius dalam kemasan komedi ringan.
 

2. PK (2014)


Masih dalam aliran drama komedi, PK menjadi salah satu film yang kembali mempertemukan sutradara-penulis naskah Rajkumar Hirani dengan Aamir Khan. Ceritanya melihat tentang seorang alien yang datang ke Bumi untuk sebuah misi penelitian, tapi akhirnya terjebak karena alat pengendali pesawatnya dicuri dan dijual. Saat inilah, dia harus berteman dengan seorang wartawan televisi agar membantu menemukan alat tersebut.

Film yang syuting di Belgia itu mendapatkan ulasan positif saat perilisannya, di mana beberapa memuji kemampuan akting Khan dan humor yang disajikan dalam film tersebut. tak hanya itu, film ini juga tercatat sebagai film kelima dengan pendapatan tertinggi di India sepanjang masa dengan total US$ 100 juta dari seluruh dunia.
 

3. Dangal (2016)


Dengan aliran biografi olahraga, Dangal merupakan film yang diproduseri dan dibintangi oleh Aamir Khan. Ceritanya melihat seorang pegulat Pehlwani pemula bernama Mahavir Singh Phogat yang melatih kedua anaknya, Geeta dan Babita Phogat, untuk menjadi pegulat perempuan pertama di dunia.

Film ini sukses secara kritik dengan ulasan bahwa Dangal membawakan penggambaran kisah nyata yang jujur tentang Phogat bersaudara serta memiliki kesan yang kuat dan mendalam dari akting dan perasaan Khan. Selain tercatat mendapatkan hampir US$330 juta di seluruh dunia, film ini memenangkan penghargaan di luar negeri seperti Australia dan China.
 

4. Raja Hindustani (1996)


Beraliran drama romantis, film yang menghadirkan sineas Dharmesh Darshan sebagai sutradara dan penulis naskah ini bercerita tentang seorang supir taksi dari kota kecil bernama Raja yang jatuh cinta dengan seorang perempuan bernama Aarti dari keluarga kaya. Meski keluarga Aarti menghalangi Raja agar bisa berhubungan, dia akhirnya tetap ingin menikah dengan sang pujaan hati meski ada rencana jahat dari pihak keluarga Aarti.

Film ini menghadirkan Aamir sebagai Raja dan dianggap sukses secara komersial pada era 1990an. Bahkan, capaiannya berada dalam urutan keempat bersama dengan beberapa film India lain seperti Kuch Kuch Hota Hai dan Dilwale Dulhania Le Jayenge yang dibintangi oleh aktor Shah Rukh Khan. Tak hanya itu, film ini juga mendapatkan pujian karena chemistry antara Aamir Khan dan Karisma Kapoor.

Baca juga: Doyoung NCT Tampil di Drama Dear X Who Doesn’t Love Me, Simak 4 Fakta Tokoh Jung Si-ho
 

5. Dhoom 3 (2013)


Dhoom 3 melihat kisah Sahir, seorang pemain sirkus yang ahli di bidang sulap dan akrobatik, yang menjadi seorang pencuri untuk merampok bank di Chicago, Amerika Serikat. Dengan motif Sahir terkait dengan kehancuran hidup dan bisnis sirkus milik sang ayah sampai meninggal, dua polisi India bernama Jai dan Ali ditugaskan untuk menangkapnya.

Dengan peran antagonis Aamir Khan sebagai Sahir, film ini turut menghadirkan aktor utama dari instalasi pertama Dhoom yaitu Abhishek Bachchan dan Uday Chopra. Ulasan untuk film ini memberikan apresiasi pada sinematografi, musik, adegan aksi, naskah, efek visual, sampai penampilan Khan dalam film tersebut.

Selain itu, ada juga Secret Superstar (2017) yang menjadikannya sebagai karakter pendukung, Ghajini (2008) yang merupakan film aksi dengan kisah balas dendam seorang pasien amnesia terhadap tokoh Ghajini karena kematian kekasihnya, dan Like Stars on Earth/Taare Zameen Par (2007) yang mengambil cerita tentang perjuangan guru seni rupa yang membimbing seorang siswa bermasalah.



Editor: Roni Yunianto 

 

SEBELUMNYA

'Laal Singh Chaddha', Film India Adaptasi 'Forrest Gump' Bakal Tayang Agustus 2022

BERIKUTNYA

Ini Tiga Cara Agar UMKM Lokal Bisa Naik Kelas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: