Samsung merilis pembaruan untuk jam tangan pintar One UI Watch 4.5 dengan beberapa fitur baru. (Sumber gambar: Samsung)

Samsung Rilis Sistem Operasi One UI Watch 4.5, Simak Spesifikasinya

18 July 2022   |   16:55 WIB

Bagi Genhype yang memiliki jam tangan pintar Galaxy Watch, kini Samsung resmi mengumumkan pembaruan sistem operasi terbaru yang diadaptasi dari sistem Wear OS 3.5. Berbeda dengan sistem operasi jam tangan pintar sebelumnya, sistem terbaru yang diberi nama One UI Watch 4.5 ini memiliki beberapa pengembangan terbaru.

Dalam pernyataan resmi yang diterima Hypeabis.id pada Senin (18/7/2022), pembaruan sistem ini meliputi berbagai fitur tambahan. Beberapa di antaranya adalah keyboard, fungsi kartu SIM ganda, halaman muka jam tangan, hingga fitur bantuan penyesuaian pada layar dan kualitas suara. Samsung mengklaim bahwa fitur-fitur baru ini menghadirkan pengalaman pengguna yang semakin lengkap.

Baca jugaKerja Lebih Efisien dengan Time Meter

Fitur keyboard yang dihadirkan bertujuan untuk efektivitas saat ingin menelusuri sesuatu atau menanggapi pesan dan surel. Pilihan keyboard ini tersedia dalam tiga metode input: keyboard biasa dengan sistem QWERTY, pengetikan dari suara atau dictation, dan tulisan tangan. Nantinya, untuk keyboard ini akan menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan.
 

Tampilan keyboard pada sistem operasi One UI Watch 4.5. (Sumber gambar: Samsung)

Tampilan keyboard pada sistem operasi One UI Watch 4.5. (Sumber gambar: Samsung)

Tampilan keyboard pada sistem operasi One UI Watch 4.5. (Sumber gambar: Samsung)

Tampilan keyboard pada sistem operasi One UI Watch 4.5. (Sumber gambar: Samsung)


Lalu untuk fitur kartu SIM ganda, fitur ini memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam pengaturan kartu SIM yang digunakan atau dikelola. Pengaturan ini hadir dengan adanya antarmuka yang menunjukkan SIM yang sedang digunakan dan fungsi Ask Always untuk memilih SIM yang akan digunakan dalam jam pintar milik pengguna. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan pada ponsel pintar Samsung Galaxy yang menyediakan fitur dual-SIM. 

Selanjutnya, fitur yang hadir adalah customization atau penyesuaian halaman muka atau watch face. Hadir dengan ragam layout yang dibuat oleh pembuat tampilan jam, penyesuaian ini memiliki halaman favorit yang bertujuan untuk menyimpan layout kesukaan untuk akses cepat.
 

Tampilan halaman muka pada sistem operasi One UI Watch 4.5. (Sumber gambar: Samsung)

Tampilan halaman muka pada sistem operasi One UI Watch 4.5. (Sumber gambar: Samsung)


Selain beberapa fitur yang ditonjolkan, beberapa pembaruan yang hadir meliputi penyesuaian pada layar dengan adanya fitur pengurangan transparansi dan efek kabur, penghapusan animasi, serta pengaturan pada kontras layar agar huruf-huruf bisa mudah dibaca. Pengaturan ini juga termasuk pada durasi interaksi ketukan layar serta akses cepat ke halaman Pengaturan dan Fitur.

Sementara itu pada aspek suara atau audio, terdapat penyesuaian volume audio kiri dan kanan untuk penggunaan headset Bluetooth. Namun, pihak Samsung menyebutkan bahwa penyesuaian audio ini tidak didukung saat melakukan panggilan telepon.

Sebelumnya pada Februari 2022, Screen Rant melaporkan bahwa Samsung sempat merilis wajah baru untuk koleksi Galaxy Watch 4. Beberapa pembaruan dari jam ini meliputi fitur kesehatan, halaman muka baru, hingga asisten kecerdasan buatan Google Assistant.

Baca jugaMengintip Bocoran Lengkap Harga & Spek iPhone 14 Series

Kemudian pada akhir Juni 2022, Android Authority membocorkan adanya pranala untuk sistem operasi One UI Watch 4.5 dan Wear OS 3.5 yang diperkirakan akan didapat oleh jam Galaxy Watch seri terbaru. Bocoran yang disampaikan oleh pengamat teknologi Evan Blass di akun Twitternya hampir serupa dengan fitur yang dirilis pada hari ini.

Terkait dengan perilisan One UI Watch 4.5, pihaknya juga menyebut bahwa Samsung akan merilis pembaruan terbaru sistem operasi tersebut pada kuartal ketiga 2022. Mereka juga mengonfirmasi bahwa fitur ini akan hadir pada seri Galaxy Watch 4 dan seri terbaru yang akan datang serta ada lebih banyak pembaruan sistem yang akan hadir pada sistem operasi tersebut.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Adamas, Drakor Misteri tentang Pengungkapan Konspirasi Pembunuhan

BERIKUTNYA

Festival Literasi Ruang Tengah Digelar 23 - 31 Juli 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: