Timemeter/ Sumber gambar: Google Play

Kerja Lebih Efisien dengan Time Meter

14 July 2022   |   13:00 WIB

Ingin beraktivitas dengan efisien? Atau selalu merasa kehabisan waktu setiap harinya sehingga pekerjaan tidak pernah tuntas? Genhype perlu menghitung kebutuhan waktu tiap kali melakukan sesuatu sehingga mengetahui mana saja pekerjaan yang boros waktu.

Pelacakan waktu (time tracking) merupakan langkah pertama yang sebaiknya dilakukan bila Anda ingin mengelola waktu dengan lebih baik. Pelacakan bisa dilakukan dengan pena dan buku catatan, namun saat ini kita juga bisa memanfaatkan aplikasi ponsel.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan (termasuk aplikasi kalender di ponsel itu sendiri). Salah satu aplikasi yang memang ditujukan untuk pencatatan ini adalah Time Meter (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rk.timemeter).

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencatat berapa banyak waktu yang Anda gunakan untuk setiap aktivitas. Aktivitas yang dicatat tidak hanya terbatas pada pekerjaan atau studi, tetapi juga bisa untuk  jenis lain, seperti olahraga, tugas rumah tangga (memasak, mencuci piring dan sebagainya), serta hiburan.

Instalasi dan penggunaan

Time Meter dapat diunduh dan dipasang secara gratis dari toko aplikasi Android. Terdapat beberapa fitur berbayar, namun untuk pertama kali kiranya fitur gratisan saja sudah cukup.

Cara penggunaannya cukup mudah. Sebelum melakukan aktivitas, tuliskan deskripsi singkat kegiatan Anda terlebih dahulu. Tuliskan juga kategori kegiatan tersebut (misalnya, kerja, studi, rumah tangga, olah raga). Selanjutnya, klik tombol Start. Setelah selesai, Anda bisa mengklik tombol Stop. . Setelah selesai, tugas tersebut akan diperlihatkan di tampilan pertama aplikasi Time Meter.

Bila Anda harus menghentikan sejenak kegiatan tersebut, Anda bisa pula menghentikan pencatatan dengan menekan tombol pause

Suatu tugas bisa jadi harus dikerjakan dalam beberapa sesi. Dalam hal ini, Anda bisa menghentikan pencatatan dengan menekan tombol Stop. Bila tugas tersebut kemudian dilanjutkan, Anda bisa kembali memulai pencatatan sesi baru dengan mengklik kembali aktivitas tersebut di daftar tugas yang sudah selesai.
 
timemeter/screenshot aplikasi

Refleksi

Di akhir hari atau di akhir pekan, Anda bisa meninjau lagi berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk beraktivitas. Dengan penggunaan kategori, Anda juga bisa memeriksa berapa lama waktu yang diperlukan untuk tiap jenis aktivitas. Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan bahwa waktu Anda terlalu banyak dihabiskan sebagai pelaju (komuter). Atau, Anda ternyata terlalu banyak mengalokasikan waktu untuk bekerja, dan tidak cukup banyak jatah yang disediakan buat keluarga.

Proses tinjauan ini lebih baik dilakukan di akhir pekan atau di akhir bulan. Tentunya, Anda harus rajin melakukan pencatatan selama periode tersebut. Time Meter menyediakan fitur visualisasi tambahan (berbayar) agar Anda bisa melakukan refleksi dan analisis lebih baik terhadap penggunaan waktu.

Alternatif

Aplikasi Time Meter sudah cukup lama tidak diperbarui, dan hanya tersedia untuk Android. Bila Anda ingin melacak penggunaan waktu Anda untuk tugas profesional, Anda mungkin ingin mencoba aplikasi lain. Misalnya, Anda mungkin ingin mencatat berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk suatu proyek.

Toggl (https://toggl.com) misalnya adalah aplikasi pencatat waktu yang lebih ditujukan untuk penggunaan kantoran. Aplikasi ini gratis untuk penggunaan pribadi, namun berbagai fitur untuk penggunaan tim hanya tersedia sebagai aplikasi berbayar.

Toggl tersedia tidak hanya sebagai aplikasi Android, tetapi juga untuk komputer pribadi (desktop). Analisis dan visualisasi bisa ditinjau dari versi aplikasi webnya.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Film Pengabdi Setan 2: Communion Bakal Hadirkan Kisah Teror yang Lebih Mencekam

BERIKUTNYA

EVOS Tayangkan Reality Evos Fams Cup Pro Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: