Smartwatch dan smartband ternyata punya banyak perbedaan (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/Karolina Grabowska)

5 Perbedaan Smartwatch dan Smartband, Ketahui Fungsi & Fitur Utamanya

03 December 2023   |   08:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini, jam tangan pintar (smartwatch) atau gelang pintar (smartband) merupakan dua perangkat wearable yang banyak digunakan oleh masyarakat, seiring tingginya tingkat kepedulian mereka terhadap kesehatan. Meskipun terlihat sama, keduanya ternyata memiliki perbedaan.

Pengguna jam tangan pintar dan gelang pintar memiliki tujuan yang sama, yakni memantau kondisi kesehatannya dan juga berusaha untuk hidup sehat. Dengan memakai device tersebut, individu dapat mengetahui jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah yang telah dijalani, jarak tempuh berlari atau berjalan, detak jantung, dan sebagainya. 

Baca juga: Fitur Pengukur Tekanan Darah Smartwatch Belum Bisa Jadi Rujukan Medis, Ini Alasannya

Data-data itu akan menjadi acuan seseorang untuk mengetahui apa yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tidak hanya itu, beberapa jenis di antara perangkat wearable itu juga bahkan bisa memantau situasi tidur dan juga kondisi mental penggunanya. 

Jam tangan pintar dan gelang pintar juga dapat menjadi pengawas pribadi lantaran akan memberikan peringatan ketika seseorang melakukan olahraga dan indikator menunjukkan kondisi yang berlebihan.

Di balik fungsi kesehatan yang sama, jam tangan pintar dan gelang pintar sebenarnya memiliki sejumlah perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Genhype ketika hendak membelinya. Berikut perbedaan smartwatch dan smartband, sebagaimana dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber. 
 

1. Fitur yang tersedia 

Meskipun memiliki fitur utama berupa pemantau kesehatan, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang begitu mencolok. smartwatch bahkan mempunyai fungsi yang lebih lengkap dan canggih.

Jam tangan pintar dapat terhubung dengan gawai pintar, selain memiliki kemampuan untuk memantau kesehatan. Pengguna dapat menerima dan mengirim pesan, menerima atau melakukan panggilan, menggunakan kamera, dan aplikasi sendiri di smartwatch yang dipakai.

Sementara itu, fungsi smartband biasanya hanya terbatas pada pemberitahuan ketika ada pesan yang masuk di gawai pintar. Jadi tidak selengkap yang ada di smartwatch karena ukurannya yang lebih kecil. 
 

2. Konektivitas

Perbedaan fitur yang terdapat pada smartwatch dan smartband juga menuntut perusahaan pembuatnya menyematkan kemampuan yang berbeda. Produsen jam tangan pintar akan membuat smartwatch memiliki konektivitas yang lebih mumpuni, ketimbang yang ada di gelang pintar. 

Perbedaan sambungan jaringan itu juga dapat terjadi lantaran jam tangan pintar memiliki slot kartu sim yang dapat menjangkau jaringan 4G atau 5G, sehingga lebih cepat. 
 

3. Desain tampilan 

Perbedaan kedua perangkat itu juga terlihat dari bagian desain. Sesuai namanya, gelang pintar memiliki desain seperti gelang yang tampil lebih slim atau ramping. Sementara itu, jam tangan pintar mempunyai desain jam konvensional pada umumnya.

Jam tangan pintar bisa memiliki display kotak atau bulat berukuran besar dengan bagian tali di keduanya sisinya untuk mengikatnya di lengan. Meskipun begitu, setiap produsen berusaha menjadikan produknya memiliki tampilan yang stylish untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari. 
 

4. Ukuran perangkat 

Perbedaan desain antara jam tangan pintar dan gelang pintar juga berpengaruh terhadap ukuran kedua perangkat wearable tersebut. Jam tangan pintar memiliki ukuran dan dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan gelang pintar.

Ukuran yang berbeda ini juga kerap membuat smartwatch lebih berat ketimbang smartband. Besaran dan berat pasti terkait dengan kedua perangkat berbeda-beda antara satu dengan yang lain – tergantung dari perusahaan yang memproduksinya. 
 

5. Harga 

Perbedaan dalam banyak hal antara jam tangan pintar dan gelang pintar membuat harga yang ditawarkan kepada konsumen juga bervariasi antara satu dengan yang lain. Sebuah perusahaan yang mengeluarkan dua perangkat wearable ini biasanya akan membanderol harga jam tangan pintar lebih tinggi dari gelang pintar.

Saat ini, baik smartwatch maupun smartband memiliki harga yang bervariasi, dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Beberapa di antaranya juga memiliki harga sampai puluhan juta rupiah, yang biasanya masuk dalam edisi khusus dan merupakan produk mewah dengan segudang fitur.  

Baca juga: Tren Smartwatch bagi Pencinta Kegiatan Outdoor, Bisa Jadi Penyelamat di Tengah Hutan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Acara di Car Free Day Jakarta 3 Desember 2023

BERIKUTNYA

Bunga Citra Lestari Tampil Cantik di Pernikahan dengan Busana Kebaya Kutubaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: