OneUI Watch (Samsung)

Ini Dia Sistem Operasi Smartwatch Baru Hasil Kolaborasi Samsung & Google

29 June 2021   |   12:57 WIB

Perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartwatch sekarang makin banyak di pasaran. Genhype termasuk yang pakai enggak nih? Dalam industri ini, salah satu pemain utamanya adalah raksasa teknologi Apple dengan produk Apple Watch yang sangat populer.

Untuk dapat menyaingi kepopuleran Apple, perusahaan teknologi Samsung dan Google  mengumumkan kemitraannya untuk menghadirkan smartwatch yang menggabungkan sistem operasi WearOS dari Google dan Tizen dari Samsung.

Kabar terbaru datang dari Mobile World Congress (MWC) 2021 yang digelar 28 Juni hingga 1 Juli 2021. Dalam acara tersebut, Samsung memamerkan cara kerjanya dengan Google untuk membuat antarmuka jam tangan pintar menjadi lebih intuitif dan kaya fitur dari sistem operasi OneUI Watch.

Antarmuka OneUI Watch dikembangkan bersama Samsung dan Google untuk menghadirkan integrasi yang lebih dalam dan lebih mulus antara perangkat jam tangan pintar dan ponsel pintar. Ini termasuk akses ke aplikasi di jam tangan dengan sinkronisasi data yang lebih baik.

Samsung mencontohkan apabila pengguna menginstal aplikasi yang kompatibel dengan smartwatch di perangkat smartphone kalian, maka aplikasi itu akan dengan cepat muncul dan dapat dioperasikan langsung melalui jam tangan pintar.

OneUI Watch terpadu yang baru juga akan memberi pengguna kemampuan untuk memakai aplikasi pihak ketiga dari Google secara langsung di perangkat wearable. Ini berarti akses aplikasi seperti Adidas Running, Strava, Spotify dan banyak aplikasi lain bisa dilakukan melalui smartwatch.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu juga mengklaim bahwa sistem operasi barunya akan menghadirkan desain tampilan yang lebih baik, sehingga memudahkan pengembang Android untuk membuat tampilan jam baru.

Sejauh ini, belum ada informasi resmi tentang perangkat yang bakal menggunakan sistem operasi baru besutan Samsung dan Google tersebut. Perusahaan hanya mengatakan bakal mengungkapkan rincian lebih lanjut pada acara Unpacked Samsung mendatang.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Tayang 2 Juli di Netflix, Ini Trailer Serial Horor Fear Street Part 1:1994

BERIKUTNYA

NCT & WayV Beberkan Rencana Album & Proyek Tahun 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: