Rajin cuci muka agar wajah sehat (sumber gambar : nora huttan/ unsplash)

6 Tip Menjaga Kulit Wajah Tetap Bersih dan Sehat

06 July 2022   |   19:38 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Seringnya menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19 terkadang menimbulkan dampak kurang sehat bagi kulit wajah, seperti timbulnya jerawat. Apalagi, jika malas mengganti masker secara berkala maka berisiko menimbulkan masalah kulit yang mengganggu..

Michael Lawanto, dokter dari klinik kecantikan dr. MF Beautycare menuturkan selama pandemi Covid-19 banyak keluhan pada kulit wajah seperti timbul jerawat di area tertutup masker, serta kulitnya menjadi lebih kering.

“Jerawat dan kulit kering tersebut bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti pemakaian masker, jarang terkena matahari dan jarang berkeringat, sehingga kulit jadi kering dan kusam,” tuturnya.

Baca juga: Begini Perputaran Tren Riasan Wajah dalam 10 Dekade

Nah buat mencegah masalah itu. berikut tip perawatan kulit wajah dari dr. Michael Lawanto yang bisa menjadi solusi tepat bagi kalian yang memiliki mobilitas tinggi, namun tetap dapat melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah.
 

1. Perbanyak minum air putih.

Agar wajah tetap bersih dan sehat serta mencegah timbulnya jerawat, lanjut dr Michael, sebenrnya cukup mudah. Diantaranya, minum air putih yang cukup meski WFH (Work From Home). Karena, kebiasaan banyak orang malas minum air putih jika tidak capek setelah beraktivitas.

“Padahal, apabila kita kurang minum air putih kulit bisa mengakibatkan kulit kering. Dan, bila kulit terlalu kering bisa menimbulkan iritasi dan jerawat,” terangnya.
 

2. Sering cuci muka.

Kalian juga harus sering cuci muka agar kebersihan terjaga meskipun tidak terkena debu. Cuci muka ini kerap dilupakan karena menganggap hanya di rumah merasa tidak kotor, dan tidak bertemu orang lain.
 

3. Gunakan sunblock.

Meskipun tidak keluar rumah, kalian juga harus dianjurkan tetap mendapat vitamin D dari sinar matahari. Nah, kebanyakan orang yang berjemur di luar atau ke luar rumah sebentar saja lupa tidak menggunakan sunblock padahal itu penting untuk menjaga kulit wajah agar tidak kusam.
 

4. Olahraga teratur.

Berikutnya kalian juga harus olahraga teratur. Sebab, ketika keringat keluar dari kulit maka secara tidak langsung hal tersebut membuat kulit menjadi jauh lebih sehat. Selain itu, dengan berolahraga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga membawa dampak positif pada kulit.


Baca juga: Kiat Perawatan Wajah untuk Pria, Beda Jenis Kulit Beda Perlakuan


5. Istirahat cukup.

Selanjutnya yang terakhir adalah istirahat cukup. Sebab, jika kalian kurang tidur akibat kebanyakan menonton televisi dan internetan akan membuat kulit menjadi tidak sehat.
 

6. Ganti masker.

Dr. Michael Lawanto yang lulusan S1 pendidikan dokter umum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini juga menyampaikan, setiap habis makan sebaiknya kalian juga perlu mengganti masker. Sebab, biasanya seusai makan seseorang hanya membersihkan dengan tisu yang menyebabkan kuman-kuman menempel di permukaan kulit, sehingga timbulah jerawat di area dagu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pengetahuan Dasar Menangani Cedera, Mulai dari Luka Berdarah hingga Keracunan

BERIKUTNYA

Gerakan Candi Darling Ajak Generasi Muda Peduli Konservasi Alam di Situs Sejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: