Bicara soal perawatan wajah, bukan hanya berlaku bagi kaum perempuan saja, tetapi juga pria (Sumber gambar: Freepik)

Kiat Perawatan Wajah untuk Pria, Tiap Jenis Kulit Perlu Perhatian Berbeda

26 June 2022   |   14:50 WIB

Bicara soal perawatan wajah, bukan hanya berlaku bagi kaum perempuan saja, tetapi juga pria. Pasalnya, merawat kesehatan kulit wajah adalah penting bagi semua orang. Meski begitu, perlu cara yang tepat dalam merawat wajah untuk hasil yang maksimal.

Sebelum melakukan perawatan wajah, penting untuk mengetahui jenis kulit terlebih dahulu guna memilih produk skincare yang tepat. Dokter kulit dari Claveland Clinic, dr. Jane Wu, mengatakan lapisan dermis kulit pria cenderung lebih tebal dan keras dibandingkan dengan perempuan.

Hal ini menyebabkan kerutan yang lebih dalam pada kulit wajah karena gerakan otot yang berulang. Selain itu, kulit pria juga umumnya lebih berminyak. Dia juga mengatakan memilih produk skincare bukanlah persoalan perbedaan jenis kelamin, melainkan dengan mengetahui jenis kulit. 


Produk penting untuk perawatan wajah

Dalam menggunakan produk perawatan wajah untuk pria, ada tiga bahan dasar yang penting untuk diaplikasikan yakni pembersih, pelembap dan pelindung. Untuk pembersih, dr. Jane menyarankan menggunakan sabun batangan tradisional yang bisa membersihkan wajah dengan menghilangkan kotoran, minyak atau bekas riasan.

Sebagai alternatif, carilah pembersih yang lembut dengan pH seimbang. Jika kalian memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah gunakan pembersih berbahan dasar krim, sedangkan untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi, sebaiknya gunakan pembersih berbusa.

(Baca juga: Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Kulit Pria)

Selain pembersih, penting juga untuk menggunakan pelembap sehingga kulit tetap terhidrasi. Dokter Jane mengatakan asam hilauronat adalah bahan yang bagus sebagai pelembap kulit, atau bisa juga ditambahkan bahan seperti ceramide.

"Seramida adalah komponen dari lapisan lemak atau lipid kulit Anda. Jadi itu [hilauronat dan ceramide], membantu mengisi kembali penghalang kulit Anda," kata Jane.
 

Safia Shakil

Ilustrasi pria yang sedang memakai masker wajah (Sumber gambar: Safia Shakil/Unsplash)


Cara perawatan wajah untuk pria

Berikut adalah cara perawatan wajah yang bisa dilakukan oleh kaum pria menurut dr. Jane.


1. Bersihkan wajah

Bersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Namun, jika kalian rutin berolahraga di pagi atau di tengah hari, kalian juga harus membersihkannya segera setelah berolahraga. 

Untuk menghilangkan minyak dari kulit, Jane menyarankan untuk menggunakan air hangat dengan saat membersihkan wajah. Gunakan ujung jari untuk memijat pembersih ke kulit, lalu bilas hingga bersih. Saat mengeringkan, jangan menggosok semua kelembapannya, tapi cukup keringkan saja. 


2. Pakai pelembap

Saat kulit wajah masih sedikit basah setelah menggunakan pembersih, gunakan pelembap agar kulit selalu terhidrasi. Dokter Jane menjelaskan bahwa pelembap berfungsi untuk mengisi kembali penghalang lipid yang dimiliki kulit dengan menjaga kelembapannya.


3. Pakai tabir surya

Penting untuk  memakai tabir surya setiap hari  karena sinar UV memiliki kemampuan untuk mempercepat penuaan, pigmentasi, garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah. Lebih dari itu, tabir surya juga membantu mencegah kanker kulit.


4. Pakai serum antioksidan pada pagi hari

Untuk mencegah kerusakan dan memperbaiki sel kulit, disarankan juga untuk menggunakan serum antioksidan seperti vitamin C. 

Menurut Jane, serum antioksidan bisa membentu melindungi kulit dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit salah satunya penuaan dini. "Anda harus menggunakan ini setelah membersihkan wajah tetapi sebelum menggunakan pelembap," kata Jane.


5. Pakai retinol pada malam hari

Retinol adalah salah satu bahan penting untuk mencegah penuaan dini, karena membantu mengatasi garis-garis halus, kerutan, kerusakan akibat sinar matahari dan hiperpigmentasi.

Retinol bekerja dengan mengelupas lapisan atas kulit secara kimiawi dan membantu membangun kolagen, sehingga kulit lebih tenang. "Karena retinol sensitif terhadap sinar matahari, sebaiknya hindari menggunakannya pada pagi hari," ujar Jane.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Vivo X Fold Tidak dijual Resmi di Indonesia, Ternyata Ini Alasannya 

BERIKUTNYA

Mengenang Sosok Samuel Mulia, Penulis Gaya Hidup yang Kritis & Multitalenta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: