Ilustrasi kanker payudara (Sumber gambar: Unsplash/Angiola Harry)

Lakukan 8 Cara Ini untuk Mengantisipasi Kanker Payudara

11 July 2022   |   14:43 WIB

5. Cek area ini

Berilah perhatian khusus pada payudara bagian atas dekat ketiak. Daerah tersebut biasanya menjadi lokasi tumbuhnya tumor payudara. Jika ditemukan kelainan atau ada perubahan dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, segera periksakan diri ke dokter. 
 

6. Waspadai ciri-ciri ini

Dalam pemeriksaan payudara secara mandiri, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Beberapa kondisi yang patut diwaspadai tersebut antara lain bila teraba ada benjolan, penebalan kulit, perubahan bentuk dan ukuran payudara, pengerutan kulit, keluar cairan dari puting susu, nyeri, pembengkakan lengan atas, dan teraba benjolan di ketiak atau di leher. 
 

7. Pemeriksaan 2 atau 3 bulan sekali

Aru Wicaksono Sudoyo, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik, menjelaskan setiap perempuan yang berusia 25 tahun harus mulai melakukan pemeriksaan mandiri. Intensitas pemeriksaan bisa dilakukan dua atau tiga bulan sekali. 

Baca juga: Ladies, Yuk Kenali Jenis Terapi & Pengobatan Kanker Payudara
 

8. Pemeriksaan minimal 1 bulan sekali

Namun, saat menyentuh usia 30 tahun, Aru menyarankan untuk melakukan pemeriksaaan minimal 1 bulan sekali. Selain memeriksa sendiri, upaya lain yang perlu dilakukan adalah memeriksa payudara dengan menggunakan alat ultrasonography (USG).

 Hal ini terutama disarankan bagi mereka yang berumur 40 tahun ke atas. Kendati demikian, jika orangtua memiliki riwayat kanker payudara, pemeriksaan menggunakan USG harus dilakukan bahkan sejak usia 30 tahun. 

​​​​​​​Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Beberapa Hal yang Kalian Perlu Tahu Seputar Jantung Koroner

BERIKUTNYA

Serial Poong The Joseon Psychiatrist Rilis Poster Utama, Ada Kim Min-jae & Kim Hyang-gi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: