cermin dekorasi. (sumber gambar: INTERIORZINE.COM)

Ciptakan Kesan Lega dan Mewah di Rumah lewat Permainan Cermin

05 July 2022   |   20:30 WIB

Upaya mempercantik ruangan di rumah ternyata tidak berhenti pada penggantian perabotan atau warna cat saja, tetapi dari hal yang sederhana seperti penggunaan cermin sebagai point of view ruangan dapat dijadikan pilihan. 

Cermin yang biasanya digunakan untuk berkaca dan dibuat dengan bentuk monoton, sekarang banyak dibuat dengan lebih beragam.

Founder, Director, & Architect PT JOSO Fathony Muchtar Harris menjelaskan kaca dapat memantulkan cahaya dan bayangan, sehingga penempatan cermin pada sudut yang tepat dapat memberikan kesan ruangan lebih luas.
 
Baca juga:

Khusus untuk ruangan yang sempit, penempatan cermin secara horizontal dapat memberikan kesan ruangan lebih luas dan lebar. Sebaliknya, penempatan cermin secara vertikal meninggalkan kesan ruangan lebih tinggi. Cermin dapat diletakkan pada ruangan yang sempit di beberapa sudut rumah dan di lorong tangga.

“Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah peletakannya yang tidak bisa sembarangan. Hindari peletakan yang memantulkan sudut kurang menarik dalam  rumah. Misalnya, jika memantulkannya pada kamar mandi. Itu kurang tepat,” tuturnya.

Selain itu, Fathony mengatakan penggunaan cermin pada langit-langit rumah dianggap kurang cocok karena akan memberikan efek kuno.

Begitu juga penempatan cermin di kamar tidur sebaiknya dibatasi karena bagi penganut Feng Shui, keberadaan cermin berada tepat di tempat tidur akan mengganggu energi yang dipantulkan pada penghuni rumah.

Penggunaan cermin sebagai elemen dekorasi, juga dapat memberikan kesan mewah dan bersih pada ruang. Kesan mewah ini akan lebih nyata jika pemilik hunian pandai memadupadankan pilihan cerminnya dengan pencahayaan.

 

Cerin dekorasi ( )

Cermin dekorasi (sumber gambar: INTERIORZINE.COM)

 
Baca juga:

Selain itu, cermin harus ditunjang dengan perabotan lain seperti dekorasi dinding berupa kaligrafi atau perabot penunjang lain dengan motif Timur Tengah pada kain, korden, atau bantal.

Pilihan tema dengan berbagai nuansa yang dinginkan dapat diperoleh dari pemilihan warna pada bingkai cermin. Pemilihan teracota, emas, coklat, atau warna tanah, dapat menjadi rekomendasi untuk menambah kesan mewah pada ruangan. “Peletakannya pada satu sisi saja. Ini yang nanti akan menjadi point of view,” katanya.

Catatan redaksi: artikel dikutip dari BI Weekend edisi 28 Juni 2015.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Begini Cara Mengaplikasikan Bata Ekspos dalam Desain Rumah

BERIKUTNYA

Duh, Hangout di Mal dan Nonton Bioskop Dibatasi Lagi Nih!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: