Ilustrasi gim video. (Dok. Florian Olivo dari Unsplash)

Horor Hingga Petualangan, Coba 5 Gim Buatan Pengembang Lokal Ini Yuk!

02 August 2021   |   19:20 WIB

Siapa di sini yang suka main gim video di komputer? Gim video merupakan salah satu jenis gim favorit yang telah banyak dimainkan jauh sebelum hadir gim berbasis ponsel maupun gim dengan konsol tercanggih seperti Nintendo Switch.

Dengan peminatnya yang banyak dan platform penyedia yang sudah dikenal, akses akan gim video tentu takkan sulit untuk didapatkan maupun dimainkan.

Meski pengembang gim video umumnya lebih banyak di luar negeri, tapi selama beberapa tahun terakhir Indonesia mulai dikenal sebagai pengembang gim video yang mumpuni berkat kepopuleran gim DreadOut yang membuat industri gim video Indonesia semakin meroket. 

Kini, Indonesia punya sejumlah pengembang yang berhasil menciptakan berbagai gim yang ciamik untuk dimainkan. Bervariasi dari horor hingga petualangan, yuk cek rekomendasi gim video buatan lokal yang seru untuk dimainkan sendiri maupun bersama-sama!

1. DreadOut 2
 

Rilis pada Februari 2020, gim sekuel dari DreadOut (2014) ini bercerita tentang sekelompok pelajar yang terjebak di dalam kawasan sekolah berhantu. Pengembang gim Studio Digital Happiness membawakan konsep horor khas Indonesia di dalam pembuatan gim ini hingga akhirnya populer dan mendapatkan adaptasi layar lebarnya pada 2019.

2. Coffee Talk
 

Game produksi pengembang Toge Productions ini mengangkat unsur slice of life dengan kisah seorang barista yang bekerja di sebuah kedai kopi di kota Seattle versi fantasi sambil mendengarkan keluh kesah para pelanggannya. Konsep estetika animasi tahun 90-an, gambar piksel, dan musik lo-fi cukup kuat di dalam gim ini.

Menariknya, meski gim ini berlatar belakang di kawasan Amerika Serikat, tapi minuman yang disajikan tetap membawa unsur lokal seperti teh tarik, STMJ, hingga jahe tubruk.

3. Ghost Parade
 

Sama seperti DreadOut, gim besutan Lentera Studio dan dipublikasi oleh Aksys Games ini juga mengusung tema hantu. Bedanya jika DreadOut memiliki visualisasi yang seram, maka animasi di dalam gim yang rilis pada November 2019 ini lebih menarik dengan gambar yang lucu dan gemas seperti membaca buku cerita anak.

4. MagiCat
 

Game petualangan dengan karakter utama seekor kucing ajaib ini memiliki visual yang terinspirasi dari gim retro 16-bit yang sarat dengan unsur piksel. Pengembang gim ini, Kucing Rembes, memasukkan unsur petualangan hingga level ke-63 dengan berbagai tantangan dan pertempuran yang terbagi menjadi tujuh dunia.

5. Escape from Naraka
 

Baru-baru ini dirilis pada Juli 2021 oleh Xelo Games, Escape for Naraka memililiki ciri khas tema Bali yang kental dengan konsep survival sudut pandang pertama yang membuat pemainnya seakan-akan menjelajah sebuah tempat ibadah yang angker dan gelap. Dalam gim ini, pemain harus menyelesaikan tantangan dalam mendapatkan barang tertentu, menghindari berbagai makhluk yang menghalangi, dan berkejaran dengan waktu.

SEBELUMNYA

Berdonasi Tanpa Mengeluarkan Uang dengan Grab

BERIKUTNYA

Alpukat Jadi Buah Favorit Atlet Olimpiade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: